Tips Memliih Ban Dalam Motor dan Merk Ban Dalam yang Bagus

ban dalam motor
ban dalam motor

Ada dua jenis ban motor yaitu tubeless dan tubetype. Perbedaan dari kedua jenis tersebut adalah keberadaan ban dalam. Ban tubeless tidak memerlukan ban dalam sedangkan ban tubetype menggunakan ban dalam. Agar lebih awet dalam menggunakan ban tubetype maka perlu juga menggunakan ban dalam motor yang bagus.

Ciri Ban Dalam yang Bagus

Ada beberapa merk ban dalam yang bagus di pasaran. Untuk mendapatkan ban dalam yang bagus ada beberapa ciri yang bisa diperhatikan sebelum membeli. Berikut ini beberapa ciri ban dalam yang bagus:

1. Tidak Berbau Kimia yang Menyengat

Cara pertama untuk mengetahui ban dalam motor yang bagus adalah dengan mencium bau dari karet ban tersebut. Ciri ban dalam yang tidak bagus adalah memiliki aroma kimia yang kuat. Hal tersebut menandakan bahwa karet ban tersebut memiliki lebih banyak kandungan kimia daripada karet. Jadi, ban dalam yang bagus harusnya lebih berbau karet yang kuat daripada bau kimia.

2. Elastis

Ciri selanjutnya adalah elastis, ban dalam yang bagus cenderung melar ketika ditarik. Oleh karena itu sebelum memilih tes dengan cara menarik karet ban tersebut apabila terasa elastis dan tidak keras maka itu termasuk ban dalam yang bagus. Ban dalam yang keras saat ditarik disebabkan oleh kandungan bahan kimia yang terlalu banyak sehingga menghilangkan elastisitas karet.

3. Permukaan Ban Licin

Ban dalam yang bagus memiliki permukaan ban yang licin dan tidak kasar. Apabila memiliki permukaan yang kasar padahal masih dalam kondisi baru maka itu termasuk ban dalam yang tidak bagus. Dengan demikian sebelum memilih ban dalam yang bagus dapat lakukan tiga pengecekan ini terlebih dahulu.

Merk Ban Dalam yang Bagus

Banyak beredar ban dalam yang palsu, sehingga menyebabkan pembeli mendapatkan ban dalam dengan kualitas yang kurang bagus. Agar mendapatkan ban dalam yang bagus, pilihlah ban dalam yang asli dan membelinya dari tempat yang terpercaya. Berikut ini beberapa merk ban dalam motor yang bagus:

1. Ban Dalam IRC

IRC adalah salah satu merk ban dalam yang bagus dan berkualitas. Ban dalam ini telah banyak dipercaya masyarakat sebab memiliki kualitas yang bagus awet, tidak mudah bocor, dan kuat. Ban dalam ini juga sangat mudah ditemukan dan banyak digunakan. Namun karena itu banyak ditemukan juga ban dalam IRC palsu.

2. Ban Dalam FDR

Ban dalam motor dengan merek FDR ini juga mempunyai kualitas yang bagus. Meskipun penggunanya tidak sebanyak ban IRC namun untuk kualitas sebenarnya tidak jauh berbeda. Untuk harga sendiri ban dalam FDR memang lebih mahal  jika dibandingkan ban dalam IRC.

3. Ban Dalam NYB

Ban dalam yang satu ini mempunyai ban dalam semi tubeless yang pertama di Indonesia. Dengan demikian ban tidak akan langsung kempes meskipun tertusuk paku selama paku tersebut belum dicabut. Merk ban dalam ini juga mempunyai ban dalam dengan ukuran kecil yang tidka dimiliki oleh merk IRC dan FDR.

4. Ban Dalam King Land

Ban dalam merek ini memiliki karet ban yang lebih tipis jika dibandingkan dengan ketiga merek di atas. Sebenarnya merek ini juga sudah memiliki kualitas yang bagus meskipun masih dibawah kualitas IRC, FDR dan NYB. Ban dalam ini bisanya menjadi pilihan terakhir jika merek ban di atas tidak ada.

Itu tadi adalah beberapa merk ban dalam motor yang bagus serta tips untuk memilihnya. Meskipun berada di lapisan dalam, namun ban dalam juga membutuhkan perhatian dan diganti secara rutin atau jika sudah tak layak digunakan. Ban yang sudah sering bocor dan permukaan ban yang sudah kasar menandakan ban harus segera diganti.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar