Apa Itu PGM-FI? Kepanjangan PGM FI

Apa Itu PGM-FI? Kepanjangan PGM FI

Apa Itu PGM-FI? Kepanjangan PGM FI

Aufaproject46.com Hallo sobat Otomotif, honda memang serius dalam mengembangkan inovasi di setiap produknya terutama dalam mengurangi pencemaran udara.

Buktinya di beberapa motor terdapat logo PGM-FI. dengan adanya teknologi tersebut pastinya membuat motor honda semakin ramah lingkungan.

Hadirnya teknologi ini di sambut baik masyrakat khusunya yang sangat terganggu dengan polusi udara.

Untuk motor honda yang beredar di Indonesia semuanya sudah memakai teknologi ini.

Salah satu tim technical service function, PT WAHANA MAKMUR. turut berkontribusi memperkenalkan teknologi ini yang sebelumnya telah mendapatkan ijin EURO 3. perlu di ketahui standart ini sudah berlaku khususnya di eropa terkait batas emisi karbon.

Menilik sejarah dari pada PGM-FI ini pertama kali di perkenalkan pada tahun 1993 dalam sebuah ajang balapan GP500 dengan motor sport honda NSR500V.

Pada saat itu mesin dengan tipe 2 stroke di rubah menjadi 4 stroke sesuai peraturan yang berlakaku saat itu. hasilnya hingga saat inj telnologi ini bertahan sampai saat ini.

Bisa kita simpulkan bahwa teknologi ini tidak hanya positif bagi lingkungan tapi juga terhadap dunia balap.

Dengan proses adaptasi dan juga evaluasi akhirnya pada tahun 2005 pemegang resmi honda di Indonesia PT ASTRA HONDA MOTOR. secara resmi mewujudkannya lada tipe cub honda supra x125.

Dengan demikian menjadi akhir dari sistem karbu pada setiap motor honda dan memulai dengan teknologi ini.

Sebenarnya ada banyak efek yang di dapatkan dengan penggunaan teknologi ini salah satunya adalah mesin jadi irit bahan bakar minyak serta membuat perawatan motor jadi semakin lebih mudah.

Gambaran sistem PGM-FI ini secara singkat, (Sensor Throttle Position, Air temperature, Intake Pressure, Enginde Temperature, Engine Speed, Exhaust Gas O2, Concentration) dan diteruskan pada  ECM Control (ignition timing, Fuel Injection Timing, Fuel Quantity) menghasilkan partikel bahan bakar lebih kecil dan homogen dengan udara Sehingga terbakar dengan sempurna.

Jadi keuntungannya adalah anda tidak perlu lama lama dalam memanaskan motor ketika hendak di pakai walau mator dalam keadaan dingin menghidupkannya pun lebih mudah

Masalah perawatan sangat mudah injektor, throttle body dan fuel pump tidak perlu di bersihkan secara teratur, hanya cukup mengganti saringan bensin setiap 48.000km.

Di sisi lain teknologi ini terbilang cukup canggih sebab mampu mendeteksi kerusakan melalio indikator MIL.

Nah itulah masbro sedikit pembahasan Tentang Apa itu PGM Fi Ata kepanjangan dari Logo PGM FI, Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar