Apa Fungsi Relay? 8 Fungsi Relay Pada Motor

Apa Fungsi Relay? 8 Fungsi Relay Pada Motor

Aufaproject46.com – Hallo sobat otomotif, Fungsi relay pada motor secara umum adalah untuk menjaga stabilitas listrik yang digunakan untuk komponen lampu dan klakson.

Meskipun tampak sederhana, relay pada motor memiliki dampak yang besar. Bayangkan jika lampu sepeda motor mati di malam hari. Jalan tidak akan terlihat jelas dan akan menimbulkan bahaya bagi pengendara lain.

Relay bekerja dengan dukungan dari dua komponen, yaitu saklar dan kumparan. Apabila kotak pint dalam relay terhubung, maka arus listrik dapat mengalir. Namun, jika saklar terbuka, maka aliran arus listrik akan terputus.

Lalu, apa saja fungsi lain dari relay pada sepeda motor? Berikut ini adalah ulasan singkat tentang hal tersebut!

Fungsi Relay Pada Motor

Fungsi Relay Pada Motor
( motorplus-online )

Faktanya, mesin kecil yang terdapat pada motor memiliki peranan penting dalam kinerja sebuah motor. Berikut ini adalah 8 fungsi relay pada motor yang harus Anda ketahui.

1. Mengurangi Konsleting Pada Motor

Peran relay pada motor yang pertama adalah untuk mencegah konsleting listrik. Padahal, tidak semua relay memiliki kemampuan untuk memproteksi peralatan listrik. Sebagian besar relay terbaru sudah memiliki pelindung sehingga terlindung dari korsleting listrik.

Jika arus yang mengalir ke sekering tidak stabil, maka akan terjadi korsleting. Jika terjadi korsleting, motor berisiko tinggi terbakar. Cara mengecek korsleting listrik juga memerlukan keahlian khusus.

Inilah sebabnya mengapa kontak relai perlu dirawat dari kotoran dan kerak. Apalagi jika papannya sudah lemah, perlu diganti dengan yang baru. Dengan cara ini arus maksimum dapat mengalir melalui relay tersebut.

2.Menyimpan Aliran Listrik

Peran relay pada sepeda motor lain adalah untuk menunda aliran arus. Relay dapat digunakan sebagai baterai yang dapat digunakan untuk menyimpan arus listrik. Relay mampu menyimpan listrik dalam jumlah besar.

Ini terjadi ketika koil catu daya menarik arus tinggi. Ini memancarkan listrik sedikit demi sedikit. Jika arusnya kecil, dapat dikumpulkan pada relai terlebih dahulu.

Peran relai lebih sebagai penstabil saat timbul arus abnormal. Arus besar dan kecil dapat disimpan di kotak relai.

3. Jalankan fungsi logika

Relai mengatur komponen mana yang perlu diberi energi. Tugasnya adalah memastikan komponen diberi daya dalam jumlah yang benar.

Relai memiliki kemampuan beradaptasi sinyal rendah, tindakan cepat, dan sensitivitas sedang. Dia mampu mengambil tindakan yang diperlukan ketika perintah diberikan.

Misalnya, ketika tombol klakson diaktifkan, kotak relai akan menyebabkan elemen yang terhubung ke klakson mengalir. Motor itu langsung mengeluarkan suara keras.

4. Kunci Pengaman

Kunci pengaman adalah salah satu fungsi relay sepeda motor. Relai mencegah korsleting agar tidak memengaruhi komponen lain.

Fungsi relai ini juga membuatnya menemukan aplikasi di perangkat elektronik lainnya. Dalam arus bolak-balik, relai digunakan untuk mengontrol pompa pendingin. Pada panel listrik, relay digunakan sebagai pengontrol kapasitas arus.

Penggunaan relay pada kendaraan seperti sepeda motor dan mobil juga tidak berpengaruh pada aki kendaraan. Alasannya karena relay hanya bisa beroperasi dengan aliran listrik.

Tujuan penggunaan relay pada klakson adalah untuk mencegah kerusakan pada kendaraan. Inilah mengapa relai bisa dikatakan sebagai kunci pengaman.

5. Relay Starter

Relay starter adalah kegiatan menghidupkan mesin. Jika relai starter rusak, akan sulit menghidupkan motor dengan starter elektrik.

Relai starter bertindak sebagai jembatan antara baterai, kontak, dan generator starter. Saat posisi kontak terbuka, arus dari aki akan terhubung ke genset starter, namun mesin tidak langsung hidup.

Dengan menekan tombol start elektrik, relay starter menghubungkan arus ke genset starter sehingga mesin langsung hidup.

Ada dua cara untuk mengecek kondisi relay starter. Cara pertama biasanya seorang mekanik menghubungkan dua tiang pengikat dan menekuk kabel dengan obeng.

Jika mesin langsung hidup tetapi starter tidak mau hidup, maka perlu dilakukan penggantian bendik.

Cara kedua adalah dengan menggunakan multifunction tester, atur ke posisi resistansi atau ohm. Dari alat ini Anda dapat mengetahui apakah ada masalah dengan relai starter.

6. Perpanjang usia sakelar

Relai juga membantu memperluas fungsionalitas sakelar. Sebenarnya ada saklar utama di motor. Fungsinya untuk mematikan dan menghidupkan arus.

Kehadiran relai berbagi beban switching, sehingga memperpanjang umur sakelar utama. Kedua belah pihak dapat bekerja sesuai tanggung jawabnya masing-masing.

Jika terjadi masalah pada kondisi relay, hal ini dapat diindikasikan dengan starter yang mulai mengeluarkan suara terputus-putus.

Apabila mengalami kendala tersebut segera bawa motor ke bengkel untuk dilakukan penggantian relay.

7. Menstabilkan Tegangan Tinggi

Fungsi Relay Pada Motor

Seperti disebutkan sebelumnya, relay mampu menyimpan arus abnormal. Relai terkait arus lainnya pada sepeda motor berfungsi sebagai pengatur tegangan tinggi.

Dengan sinyal tegangan rendah, relai dapat mengatur arus. Tegangan tinggi disebabkan oleh daya yang diblokir dan dihentikan di salah satu perangkat.

Dengan menggunakan relai, tegangan pada titik tertentu dapat dipastikan. Risiko korsleting dapat diminimalkan.

8. Pendukung Aksesoris Tambahan

Relay tidak mengganggu kinerja baterai, tetapi memaksimalkan fungsi baterai itu sendiri. Apalagi jika pemilik sepeda motor ingin memodifikasi kendaraannya dengan aksesoris tambahan.

Jika Anda tidak menggunakan relay, Anda berisiko menghabiskan baterai dengan cepat. Meskipun relay dapat mendukung aksesori tambahan, seperti penambahan aksesoris lampu, klakson, perhatian harus diberikan pada konsumsi daya.

Nah, sekarang Masbro sekalian sudah sedikit mengerti tentang apa peran relay pada motor. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin agar relay Anda tetap bekerja dengan performa terbaiknya.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/