Resiko Jika Menggunakan Kampas Rem Palsu

Resiko Jika Menggunakan Kampas Rem Palsu

Aufaproject46.com – Hay Sobot Otolovers, Kampas rem palsu atau tiruan adalah kampas rem yang diproduksi dengan kualitas yang tidak sebaik aslinya dan seringkali harganya lebih murah.

Penggunaan kampas rem palsu dapat mengakibatkan kendaraan tidak dapat berhenti dengan cepat dan mungkin tidak dapat mengendalikan laju kendaraan dengan baik.

Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan dan bahkan kematian. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menggunakan kampas rem yang asli dan berkualitas tinggi untuk menjamin keamanan berkendara.

Penggunaan kampas rem tiruan sangat tidak disarankan. Meskipun harganya mungkin lebih murah, tidak pernah terlalu murah untuk keselamatan. Jangan pernah mencoba menggunakan kampas rem tiruan.

Jika Anda menggunakan kampas rem palsu, maka ada beberapa akibat yang dapat terjadi:

4 Resiko Memakai kampas Rem Palsu

Resiko Jika Menggunakan Kampas Rem Palsu

1. Kemampuan pengereman menjadi berkurang.

Kampas rem asli biasanya terbuat dari bahan yang lebih berkualitas dan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan kampas rem palsu. Hal ini dapat berakibat pada penurunan kemampuan pengereman kendaraan Anda.

2. Resiko terjadinya kecelakaan meningkat.

Kemampuan pengereman yang berkurang dapat meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan saat Anda sedang mengemudi.

3. Biaya perbaikan yang lebih tinggi.

Jika terjadi masalah pada sistem rem akibat menggunakan kampas rem palsu, maka Anda mungkin harus mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk memperbaiki masalah tersebut.

4. Kemungkinan mengalami masalah dengan otoritas.

Penggunaan kampas rem palsu dapat dianggap sebagai tindakan yang tidak aman dan dapat menyebabkan Anda mengalami masalah dengan otoritas yang berwenang.

Resiko Jika Menggunakan Kampas Rem Palsu

Sebaiknya hindari menggunakan kampas rem palsu dan selalu gunakan kampas rem asli yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Ini akan membantu menjamin keamanan Anda dan orang lain saat Anda sedang mengemudi.

Bantalan kampas rem asli biasanya terasa lebih lembut saat digunakan, sementara yang tiruan lebih keras. Namun, ini tidak berarti bahwa bantalan yang lembut tidak baik. Sebaliknya, semakin panas gesekan yang terjadi, semakin keras bantalan kampas rem akan menjadi.

Jelas, kampas rem tiruan akan semakin keras dan berbahaya saat terus tergesek. “Memang masih bisa berhenti, tapi ini akan menyebabkan kerusakan pada komponen rem lain seperti disc brake atau piringan cakram. Permukaannya bisa tergores dan tidak rata,” kata Agung, yang membuka bengkel sepeda motor di Kutabanjarnegara, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Pastinya, kondisi seperti itu hanya akan menyebabkan pengeluaran lebih banyak uang. Jadi, jangan tergiur dengan harga kampas rem yang murah. Akibatnya, Anda mungkin harus membeli disc brake lebih awal daripada yang diperkirakan! Aji

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/