Akibat Kelangkaan Chip Semikonduktor Produksi Motor Honda Kena Imbas Apa Sih Fungsinya?

Akibat Kelangkaan Chip Semikonduktor Produksi Motor Honda Kena Imbas Apa Sih Fungsinya?

Kelangkaan pasokan chip semikonduktor akibat pandemi berdampak besar pada berbagai industri di seluruh dunia, termasuk industri otomotif.

Chip semikonduktor

Akibat kelangkaan suku cadang tersebut, proses produksi sepeda motor Honda tidak maksimal di tengah tingginya permintaan akan berbagai macam produk, termasuk tipe yang sedang populer di masyarakat. Alhasil, waktu inden sepeda motor Honda menjadi lebih lama dari biasanya.

Jadi apa itu Chip semikonduktor dan bagaimana cara kerjanya?

Chip semikonduktor sangat penting untuk banyak industri, termasuk sepeda motor. Tanpa bagian-bagian kecil tersebut, sepeda motor tidak dapat diproduksi dengan sempurna.

Chip semikonduktor adalah bahan utama untuk pembuatan Integrated Circuit (IC) dan terbuat dari galium arsenida, germanium, silikon, dll. IC sendiri merupakan suatu komponen elektronika aktif yang terdiri dari ratusan, ribuan bahkan jutaan komponen elektronik (seperti : transistor, dioda, resistor dan kapasitor) yang terintegrasi dalam suatu rangkaian elektronika dalam suatu paket kecil ditengahnya.

Chip semikonduktor bertindak sebagai isolator listrik (tidak dapat melewatkan arus). Namun, semikonduktor juga dapat digunakan sebagai konduktor (di mana arus dapat mengalir) di bawah suhu, arus atau dalam kondisi tertentu, misalnya sebagai penguat arus, penguat tegangan dan penguat daya.

Dimana komponen IC untuk sepeda motor itu?

Pada sepeda motor Honda, IC digunakan untuk rangkaian elektronik yang kompleks dan kompleks seperti pembuatan suku cadang speedometer, ECM, rangkaian lampu LED, regulator dan beberapa suku cadang sepeda motor lainnya.

Bagaimana proses produksi IC?

Komponen IC difabrikasi menggunakan proses fotolitografi yang dapat membuat dan mencetak gambar/pola hingga dimensi nanometer (nm). Oleh karena itu, IC berukuran kecil dapat diproduksi.

Sumber : Astra Motor

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/