Rajin Membersihkan CVT Bisa Mengurangi Gredek Honda Vario

Rajin Membersihkan CVT Bisa Mengurangi Gredek Honda Vario

Aufaproject46.com – Hallo Sobat otomotif, Salah satu masalah dengan skuter matik adalah bergetar keras di bagian CVT atau biasa di sebut Gredek. Hal ini sering terjadi pada Honda Vario 125 bahkan Hampir semua motor matic bisa mengalami hal tersebut.

Getaran terjadi saat pengguna skutik menekan pedal gas dari posisi lambat dan mencoba berakselerasi.

Jika masalahnya masih ringan, hanya akan terasa pada awalnya, dan kemudian tidak akan ada gejala. Pasalnya, hal itu mempengaruhi kenyamanan berkendara. Sebelum mencari solusi, pertimbangkan dulu apa penyebab kerusakan dan apa faktornya.

Penyebab Gredek Honda Vari 125/150

Rajin Membersihkan CVT

Penyebab nomor satu dari gredek skuter adalah karena kotoran pada Continuously Variable Transmission (CVT) di motor.

Kotoran terjadi karena banyak hal. Mulai dari lingkungan Anda, seperti debu atau lumpur. Bisa juga karena double canvas mulai menipis dan bermasalah.

Maka dari Itu raji-rajinlah membersihkan bak cvt moto matic anda, bukan tanpa alasan, Rajin membersihkan Area cvt akan mengurangi gredek pada motor matic anda, sebab sudah banyak yang membuktikanya.

Alasan kedua terletak pada peredam kopling karet atau karet berlapis ganda yang mengeras. Jika hal ini terjadi, maka kanvas lapisan ganda menjadi goyah karena tidak memiliki dukungan.

Dan akibat goncangan double part tersebut maka terjadilah benturan atau gesekan dengan mangkuk tempat kopling berada. Skuter dapat merasakan getaran

Kemudian alasan ketiga adalah grease atau gemuk pada pulley bocor, mengeras atau menipis. Dalam hal ini, kanvas ganda juga sangat mudah diguncang. Atau hal lain yang membuat pemindah gigi (derailleur) bergetar adalah kerusakan pada bobot roller atau roller CVT. Sabuk kipas sudah mulai aus.

Cara Ampuh Mengatasi Gredek Vario 125/150

Rajin Membersihkan CVT

Nah, solusi terbaik adalah memperbaikinya di tempat terpercaya atau bengkel resmi terdekat seperti AHASS. Tetapi jika Anda ingin mencari tahu sendiri. Maka yang bisa Anda lakukan hanyalah membersihkan mangkuk rumah kopling. Setelah itu, pemilik juga dapat menghilangkan kotoran yang menempel pada fan belt dan roller.

Selanjutnya, Anda ingin memeriksa apakah lapisan kopling ganda sudah kencang. Namun, jika bagian tersebut dibersihkan, skuter tetap mengeluarkan suara dan terasa garing. Anda kemudian harus mengganti peralatan asli yang dijual di bengkel resmi. Namun jika diganti dengan yang baru, tidak butuh waktu lama untuk hal serupa terjadi.

Mungkin mencoba opsi lain. Misalnya dengan membeli CVT kit spek lengkap buatan Astro untuk Vario 125, Vario 150, ADV 150 dan PCX 150 yang berisi:

  • Pulley rumah roller & Kipas pulley Astro 13,8 High Quality Japan Performance
  • Mangkuk anti-gredek Astro (ori AHM) yang dilubangi
  • Satu set per centi Honda Beat Karbu (Honda zoomer)
  • Per CVT PCX Thailand / per CVT CLD 1.500 rpm
  • Ring pulley Mio J
  • Roller 9,10,11,12,13,14,15 (sesuai pesanan)

Dalam satu paket lengkap, mereka menawarkan di e-commerce senilai Rp 820.000. Suku cadang dapat dipasang di bengkel sepeda motor terdekat. Biaya layanan sekitar Rp 35.000 hingga Rp 50.000.

Jika Anda menginginkan yang lebih murah, Anda dapat mengganti mangkuk anti gredek yang harganya Rp 300san saja .

Sejauh ini, relatif aman dalam penggunaan sekitar 5.000 kilometer, belum terasa gredek. Tapi jelas bahwa bagaimana Anda membawa skuter Anda bisa sangat membantu dalam mempercepat keausan peralatan CVT Anda.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/