6 Cara Mengendarai Motor Matic untuk Pemula agar Cepat Lancar

6 Cara Mengendarai Motor Matic untuk Pemula agar Cepat Lancar

Cara Mengendarai Motor Matic

 

Aufaproject46.com Hallo Masbro, Bagi Anda yang aktif tentu sangat penting belajar cara mengendarai motor matic. Motor ini sangat mudah untuk dipelajari karena tidak ada gigi perseneling dan kopling. Langka-langkah menggunakm motor matic yang dapat Anda pelajari dengan cepat :

  • Nyalakan Mesin

Pertama, Anda harus menyalakan mesin dengan cara memasukkan kunci kontak. Kemudian putar kunci pada posisi netral yang ditandai dengan lampu berwarna hijau. Namun sebelum menyalakan mesin naikan dulu standar sampingnya. Motor matic tidak akan bisa menyala jika standar sampingnya masih di bawah.

  • Nyalakan Motor

Setelah standar samping dinaikkan maka cara mengendarai motor matic berikutnya  yaitu menyalakan motornya. Caranya yaitu dengan memutar kunci kontak pada posisi on. Lalu secara bersamaan tekan tombol elektrik starter.  Kemudian tangan kiri menarik tuas rem secara perlahan.

Baca Juga : Harga Motor Matic Honda Terbaru

Pada motor matic tidak ada kopling dan perseneling. Ketika mesin menyala maka motor akan melaju dengan sedikit tarikan pada gas. Untuk mencegah gas tertarik tanpa sengaja sehingga motor melaju tanpa kendali maka tuas rem ditarik saat mesin menyala. Motor matic juga tidak akan menyala jika remnya tidak ditarik.

  • Ambil Posisi Nyaman

Anda harus mengambil posisi duduk di jok motor yang nyaman saat motor menyala. Hal ini agar Anda dapat mengendalikan motor dengan baik, terutama mengontrol gasnya.

Kunci utama dalam mengendarai motor matic adalah mengendalikan tarikan gas yang baik karena kecepatan motor hanya ditentukan oleh tarikan handle gas. Posisi duduk nyaman juga akan membuat Anda menguasai laju motor sebaik mungkin.

  • Kontrol Handle Gas

Selanjutnya, kontrol handle gas harus diperhatikan ketika belajar motor matic karena motor matic tidak menggunakan gigi perseneling dan kopling. Dengan begitu, pada saat Anda mulai menarik sedikit gas maka akan membuat kondisi motor melaju dengan cukup kencang.

 

Maka dari itu, Anda harus dapat mengontrol handle gas dengan baik. Anda pun harus menarik handle gas secara pelan-pelan agar laju motor tenang dan terkendali. Hanlde gas dapat pula dikontrol menggunakan perasaan Anda.

 

  • Kontrol Tuas Rem

Cara mengendarai motor matic berikutnya yaitu kontrol tuas rem. Tangan kanan berfungsi untuk mengendalikan handle gas. Sedangkan tangan kiri berfungsi untuk mengontrol tuas rem dengan baik. Untuk menghentikan laju motor secara perlahan agar tidak memdadak berhenti menggunakan tuas rem kiri sebagai rem belakang

Tuas rem depan diperlukan dalam kondisi darurat agar putaran roda segera berhenti terletak di sebelah kanan. Latih menggunakan rem depan, rem belakang, dan menggunakannya secara bersamaan sangat penting bagi Anda.

  • Kuasai Kondisi Jalan

Terakhir, Anda harus menguasai kondisi jalan yang akan dilalui. Hal ini sangat penting agar tidak panik dalam mengendalikan gas serta tuas ketika melewati jalan berbeda. Misalnya tanjakan, turunan, tikungan, dan jalan bergelombang.

Anda harus menguasai cara menjalankan motor matic terutama dalam hal penggunaan tuas rem kiri, rem kanan, dan penggunaannya secara bersamaan. Cara mengendarai motor matic sangat mudah dibanding dengan motor manual.

Bagikan:

Tinggalkan komentar