back to top
Selasa, Juli 23, 2024
BerandaRIVIEWYamaha NMAX Turbo vs Honda PCX 160: Siapa yang Paling Bertenaga di...

Yamaha NMAX Turbo vs Honda PCX 160: Siapa yang Paling Bertenaga di Jalan?

Yamaha NMAX Turbo vs Honda PCX 160

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Yamaha baru-baru ini meluncurkan generasi terbaru dari skutik bongsornya, Yamaha NMAX 155, yang kini hadir dalam empat varian menarik. Salah satu varian yang mencuri perhatian adalah NMAX dengan fitur ‘Turbo’. Tapi, jangan terlalu bersemangat dulu, istilah ‘Turbo’ di sini bukan berarti ada turbocharger asli di dalam mesinnya. Yamaha menggunakan istilah ini untuk menggambarkan betapa cepat akselerasi NMAX Turbo. Banyak yang bertanya-tanya apakah fitur ini cukup untuk menandingi Honda PCX 160 yang telah lama menjadi rival tangguh di pasar skutik. Mari kita kupas tuntas perbandingan keduanya.

NMAX Turbo vs Honda PCX 160

Mengenal Mesin NMAX Turbo

Yamaha NMAX Turbo menggunakan mesin yang sama dengan Yamaha Lexi 155 yang baru dirilis pada Februari 2024. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,3 kW pada 8.000 rpm dan torsi puncak sebesar 14,2 Nm pada 6.500 rpm. Meskipun tidak ada turbocharger yang sebenarnya, Yamaha melengkapi NMAX Turbo dengan teknologi canggih Yamaha Electric CVT (YECVT).

Teknologi YECVT dan Y Shift

Nah, YECVT ini adalah rahasia di balik akselerasi NMAX Turbo yang mengesankan. Sistem ini menggantikan roller konvensional dengan dinamo atau Transmission Control Unit (TCU), yang memungkinkan kontrol akselerasi lebih presisi. Biker bisa mengatur akselerasi sesuai keinginan melalui fitur Y Shift di setang motor. Ada tiga mode akselerasi yang bisa dipilih: Low (1), Medium (2), dan High (3). Jika ingin akselerasi spontan dan ngebut, tinggal pilih mode High.

Baca Juga :   Spesifikasi dan Fitur Yamaha NMAX Turbo: Kini Ada Teknologi YECVT dan Tombol "Turbo"

Dengan fitur-fitur ini, Yamaha berhasil menciptakan pengalaman berkendara yang lebih responsif meski tidak menggunakan turbo yang sebenarnya. Jadi, embel-embel ‘Turbo’ pada NMAX ini lebih pada cara Yamaha mengoptimalkan akselerasi dengan teknologi TCU, bukan dengan turbocharger tradisional.

NMAX Turbo vs Honda PCX 160

Komparasi Tenaga: NMAX Turbo vs PCX 160

Oke, kita lanjut ke perbandingan tenaga antara Yamaha NMAX Turbo dan Honda PCX 160. Di atas kertas, tenaga yang dihasilkan oleh mesin PCX 160 sedikit lebih besar dari NMAX Turbo.

Data Teknis Mesin

  • Yamaha NMAX Turbo: Tenaga 11,3 kW pada 8.000 rpm, torsi 14,2 Nm pada 6.500 rpm.
  • Honda PCX 160: Tenaga 11,8 kW pada 8.500 rpm, torsi 14,7 Nm pada 6.500 rpm.

Dari data ini, terlihat bahwa mesin PCX 160 mampu menghasilkan tenaga lebih besar dengan selisih 0,5 kW dan torsi lebih tinggi 0,5 Nm dibandingkan NMAX Turbo. Namun, tenaga maksimal pada PCX 160 baru tercapai di 8.500 rpm, sedangkan NMAX Turbo sudah mencapai tenaga puncak di 8.000 rpm. Artinya, NMAX Turbo bisa memberikan akselerasi lebih cepat dari putaran rendah hingga menengah, sementara PCX 160 lebih unggul pada putaran tinggi.

Performa di Jalanan: Mana yang Lebih Unggul?

Meski spesifikasi teknis memberikan gambaran, realitas di jalanan bisa sangat berbeda. Banyak faktor yang memengaruhi performa sesungguhnya, seperti bobot kendaraan, distribusi beban, dan kondisi jalan.

Faktor Teknologi dan Kenyamanan

Perlu diingat bahwa Yamaha NMAX Turbo dilengkapi dengan teknologi TCU dan Y Shift, yang memungkinkan pengendara menyesuaikan akselerasi sesuai kebutuhan. Fitur-fitur ini dirancang untuk meningkatkan responsivitas dan kenyamanan berkendara di berbagai kondisi jalan. Yamaha bahkan berani menambahkan embel-embel ‘Turbo’ sebagai bukti kepercayaan diri terhadap performa akselerasi NMAX terbaru ini.

Baca Juga :   Apakah ZX25R Kena Pajak Barang Mewah? Ini Jawabannya

Namun, klaim tersebut masih perlu diuji di jalanan untuk benar-benar membuktikan apakah NMAX Turbo bisa menyaingi atau bahkan mengungguli PCX 160. Uji coba di jalan nyata akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang performa, respons, dan kenyamanan berkendara.

NMAX Turbo vs Honda PCX 160

Desain dan Fitur Tambahan: Keunggulan Masing-Masing

Kedua skutik ini tidak hanya bersaing di sektor mesin, tetapi juga desain dan fitur-fitur tambahan yang ditawarkan.

Desain Agresif dan Fitur Modern

  • Yamaha NMAX Turbo hadir dengan desain yang lebih agresif dan lampu full LED, termasuk Dual LED Projector di bagian depan. Lampu belakangnya juga full LED dengan lampu sein yang tersembunyi, menambah kesan modern dan sporty.
  • Honda PCX 160 dikenal dengan desain elegan dan futuristik. Lampu utamanya sudah menggunakan LED, namun tidak memiliki fitur Dual LED Projector seperti NMAX Turbo. Bagian belakangnya juga dilengkapi dengan lampu LED yang memberikan tampilan stylish.

Selain desain, keduanya juga memiliki fitur unggulan yang membuatnya lebih menarik bagi pengendara.

Fitur Tambahan yang Menarik

  • Yamaha NMAX Turbo: Dilengkapi dengan Y-Connect yang memungkinkan pengendara memantau kondisi motor melalui smartphone, smart key system untuk kemudahan akses, dan dual channel ABS untuk keamanan pengereman.
  • Honda PCX 160: Dilengkapi dengan fitur Honda Smart Key System, USB charger untuk pengisian daya gadget, dan Honda Selectable Torque Control (HSTC) yang membantu menjaga traksi ban agar tidak selip.

Harga dan Varian: Mana yang Lebih Terjangkau?

Harga sering menjadi faktor penentu dalam memilih kendaraan. Yamaha NMAX Turbo dan Honda PCX 160 masing-masing menawarkan varian dengan harga yang bervariasi.

Harga Yamaha NMAX Turbo

  • NMAX Neo: Rp32,7 juta
  • NMAX Neo S: Rp33,7 juta
  • NMAX Turbo: Rp37,75 juta
  • NMAX Turbo TechMAX: Rp43,25 juta
  • NMAX Turbo TechMAX Ultimate: Rp45,25 juta
Baca Juga :   Bagaimana Cara Mengetahui Jalur Flasher Motor

Harga Honda PCX 160

  • PCX 160 Standard: Rp31,5 juta
  • PCX 160 ABS: Rp34,5 juta
  • PCX 160 eHEV: Rp43 juta

Dari segi harga, Yamaha NMAX Turbo menawarkan varian yang lebih premium dengan teknologi tambahan seperti YECVT dan Y-Shift yang mungkin lebih menarik bagi pengendara yang menginginkan fitur-fitur canggih. Sementara itu, Honda PCX 160 menawarkan harga yang sedikit lebih terjangkau dengan fitur-fitur standar yang cukup memadai untuk kebutuhan sehari-hari.

Kesimpulan: Pilih Sesuai Kebutuhan

Baik Yamaha NMAX Turbo maupun Honda PCX 160 memiliki keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pengendara. Jika kamu mencari skutik dengan akselerasi cepat, desain agresif, dan fitur teknologi canggih, NMAX Turbo adalah pilihan yang menarik. Namun, jika kamu lebih mengutamakan tenaga yang lebih besar pada putaran tinggi dan desain yang elegan dengan harga lebih terjangkau, PCX 160 bisa menjadi opsi yang pas.

Pada akhirnya, pilihan terbaik adalah yang paling sesuai dengan gaya berkendara dan kebutuhan pribadi. Uji coba langsung di jalanan dan pertimbangkan fitur-fitur yang paling penting bagi kamu sebelum memutuskan. Dengan kedua skutik ini, baik Yamaha maupun Honda menawarkan solusi yang canggih dan berkualitas untuk pengendara modern.

Jadi, sudah siap menentukan pilihan? Apakah kamu akan memilih Yamaha NMAX Turbo dengan akselerasi responsif dan teknologi TCU, atau Honda PCX 160 dengan tenaga lebih besar dan desain elegan? Keputusan ada di tangan kamu!

Demikianlah artikel tentang Yamaha NMAX Turbo vs Honda PCX 160, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris  motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris  Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments