Tips Teknik Pengereman Yang Benar Pada Sepeda Motor

Tips Teknik Pengereman Yang Benar Pada Sepeda Motor

Aufaproject46.com – hay sobat, Sebagai pengendara sepeda motor, kita harus memiliki pengetahuan tentang cara pengereman yang benar. Baik rem depan maupun belakang ini harus digunakan secara optimal, karena ini merupakan dasar teknik mengemudikan motor. Mengerem diperlukan untuk mengontrol laju kendaraan agar terhindar dari resiko kecelakaan seperti tertabrak dan jatuh.

Namun sayangnya masih ada sebagian orang yang menyepelekan soal teknik pengereman karena dianggap hal yang mudah. Padahal tidak seperti itu.

Berikut ini kami sajikan tips teknik pengereman motor yang benar:

Tips Teknik Pengereman Yang Benar
Tips Teknik Pengereman Yang Benar

Menekan Rem Secara pelan-pelan

Salah fatal bila pengemudi langsung menekan rem dengan full, ini berakibat fatal menjadikan motor kehilangan stabilitas dan berujung terjatuh. Pengereman mendadak juga membuat ban menjadi selip.

Cara rem yang benar adalah dengan pelan-pelan untuk menjaga motor tetap seimbang. Tidak usah panik dan usahakan Jangan mengebut. Karena hal inilah kecelakaan bisa terjadi.

Perhatikan Jarak Pengereman

Jangan anggap enteng masalah mengatur jarak pengereman. Prinsipnya semakin jauh jarak yang kita atur dalam mengerem akan semakin aman dari resiko motor berhenti Mendadak. Karena mengerem dalam kondisi Mendadak biasanya dikarenakan pengendara tidak mengantisipasi adanya kendaraan/Medan yang ada didepannya.

Fungsi Rem Depan dan belakang

Tahukah anda fungsi rem depan dan belakang ? Biasanya pemula tidak tahu masing-masing kegunaannya. Rem depan untuk memperlambat kecepatan motor. Sementara Rem belakang berfungsi agar motor bisa mempertahankan keseimbangannya. Pemakaian kedua rem tersebut harus dalam kondisi yang tepat.

Gunakan dua tangan

Yang dimaksud mengerem dua tangan adalah memakai Rem Depan dan belakang secara bersamaan. Mungkin diantara Anda punya kebiasaan mengerem dengan 1 rem saja baik Rem Depan atau belakang. Yang benar Tekniknya adalah kedua secara bersamaan. Ini akan membuat motor terjaga kecepatannya dan stabilisasnya.

Urutan pengereman yang benar

Teknik yang benar dalam mengerem dimulai dari melihat situasi Medan, pastikan memiliki waktu untuk memperlambat kendaraan. Kemudian lepaskan tuas gas dan ikuti dengan menekan rem depan dan belakang secara bersamaan dengan pelan-pelan. Tetap atur emosi agar tetap tenang, agar kita bisa melakukan langkah tersebut secara lancar.

Lakukan pembiasaan

Untuk bisa melakukan teknik pengereman motor secara benar perlu latihan dan pembiasaan. Agar terbentuk muscle memori, sehingga kita mengetahui tempo yang tepat untuk mengerem. Biasakan juga untuk melatih pengereman dalam berbagai situasi jalan. Misalnya saat kondisi jalan basah atau macet.

 

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/