Setelah Di Cuci Motor Mogok? Mungkin Ini penyebabya

Setelah Di Cuci Motor Mogok? Mungkin Ini penyebabya

Aufaproject46.com – Sepeda motor mogok setelah dicuci – Salah satu kendala dalam menggunakan kendaraan adalah mogok atau gagal start, yang sering terjadi pada kendaraan roda dua atau empat. Adapun penyebab kegagalan motor sendiri banyak sekali penyebabnya, mulai dari faktor komponen mesin dan lain sebagainya.

Pada kesempatan hari ini, kami ingin membahas masalah motor mogok setelah dicuci atau terkena hujan. Pasalnya, masalah ini sering terjadi pada beberapa sepeda motor, terutama yang memiliki masa pakai lama.

Jadi bagi siapa pun yang menemukan masalah ini, tidak ada salahnya Anda untuk terlebih dahulu memeriksa informasi lengkap yang akan kami berikan saat ini. Mungkin informasi yang kami berikan dapat membantu Anda menyelesaikan masalah Anda.

Karena informasi yang ingin kami berikan kali ini adalah tentang penyebab motor mogok setelah dicuci atau kehujanan, dan bagaimana cara mengatasinya. Bagi yang ingin mengetahui info lengkapnya, bisa langsung saja kamu lihat di bawah ini.

Penyebab Motor Mogok Setelah Dicuci

Setelah Di Cuci Motor Mogok

Sebelum kita melangkah lebih jauh apa yang harus dilakukan pada sepeda motor yang sudah dicuci atau basah kuyup terkena hujan, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu beberapa penyebab masalah tersebut. Hanya dengan mengetahui penyebabnya kita dapat menemukan metode pengobatan yang tepat.

1. Karburator/Injeksi

Setelah Di Cuci Motor Mogok

Penyebab pertama adalah air yang masuk ke sistem pasokan bahan bakar. Ada dua jenis sistem suplai oli yang saat ini digunakan yaitu karburator dan injeksi, namun pada umumnya motor keluaran saat ini sudah menggunakan injeksi.

Penyebab kegagalan motor setelah dibersihkan mungkin karena karburator atau air masuk ke injektor selama proses pembersihan, yang membuat bahan bakar bercampur dengan air sehingga motor sulit dihidupkan.

2. Saringan udara

Penyebab kedua bisa jadi air masuk ke filter udara. Saringan udara merupakan bagian yang berhubungan dengan sistem suplai bahan bakar karena sistem suplai bahan bakar merupakan campuran antara bahan bakar dan udara.

Jadi jika ada air di filter udara, mungkin akan dikirim ke sistem pasokan bahan bakar. Nah penyebab pertama di atas bisa saja terjadi karena penyebab kedua ini, sehingga membuat motor susah untuk dihidupkan setelah dicuci atau direndam air.

3. Sistem pengapian

Penyebab selanjutnya bisa jadi sistem pengapian terkena air atau basah. Sistem pengapian dapat dibasahi, yaitu tutup busi atau tutup busi berperan menyemburkan api pada busi untuk menghasilkan pembakaran.

Komponen tidak akan berfungsi dengan baik jika bagian tersebut basah atau terkena air. Ini meninggalkan busi yang digunakan untuk membuat pembakaran tanpa suplai percikan.

4. Busi

Hal selanjutnya yang bisa menyebabkan motor mogok saat hujan adalah busi yang basah. Komponen juga tidak akan berfungsi dengan baik jika basah.

Karena komponen ini digunakan untuk menciptakan pembakaran melalui percikan api pada tutup busi, yang kemudian diteruskan sebagai tenaga dorong untuk menyalakan mesin pada kendaraan.

5. Tangki bahan bakar

Penyebab terakhir bisa jadi air masuk ke dalam tangki. Keadaan dimana bahan bakar tercampur dengan air tidak mengakibatkan tidak cukupnya kadar oktan pada bahan bakar sehingga bahan bakar tidak terbakar sempurna.

Ini sebenarnya sama dengan kasus air yang masuk ke sistem pasokan bahan bakar. Karena pada sistem suplai bahan bakar, keadaan bahan bakar bercampur dengan air. Akibatnya, motor sulit dihidupkan.

Penyebab kerusakan motor setelah Terjang Hujan

Selain motor rusak setelah dicuci, terkadang ada beberapa situasi dimana motor rusak karena kehujanan atau air. Padahal kondisi tersebut tidak jauh berbeda dengan keadaan setelah motor dicuci, karena kondisi motor terendam air semua.

Lalu penyebab motor mogok setelah terkena hujan tidak jauh berbeda dengan kesulitan menghidupkan motor setelah dicuci yang baru saja kami jelaskan.

Cara Mengatasi Motor Mogok Setelah Dicuci

Adapun cara mengatasi motor rusak setelah dicuci atau terkena hujan, salah satunya dengan mengeringkan motor dengan benar terlebih dahulu. Setelah itu, lepas sistem suplai bahan bakar dan kuras sisa bahan bakar dari sistem suplai bahan bakar.

Setelah itu, periksa beberapa komponen lainnya seperti filter udara, busi, dan kelengkapan busi. Pastikan ketiga komponen benar-benar kering. Karena ketiga bagian inilah yang menjadi penyebab motor mogok.

Jika motor tetap diam setelah melakukan semua hal di atas, Anda bisa mencoba mengecek kondisi tangki bahan bakar. Pastikan tidak ada kebocoran di tangki yang memungkinkan air masuk.

Jika hal ini terjadi, tangki bahan bakar harus dikosongkan dan diperbaiki untuk mencegah air masuk ke tangki lagi dan menyebabkan motor membeku atau sulit dihidupkan karena air.

Kesimpulanya

Jika informasi di atas cukup untuk menjelaskan mengapa dan apa yang harus dilakukan tentang sepeda motor yang rusak setelah dicuci atau terkena hujan, semoga informasi yang kami berikan di atas dapat menambah pengetahuan Anda. Sekian dan terimakasih

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/