Piston Motor Rusak? Berikut 5 Ciri Ciri poston motor anda Rusak

Piston Motor Rusak? Berikut 5 Ciri Ciri poston motor anda Rusak

Aufaproject46.com – Hay sobat otomotif, Piston pada mesin sepeda motor merupakan salah satu komponen yang sangat penting. Peran piston itu sendiri adalah menerima tekanan pembakaran dan mengirimkannya ke poros engkol melalui komponen yang disebut batang penghubung atau stang piston.

Piston mesin yang rusak dapat menyebabkan keausan pada dinding silinder dan menyebabkan oli masuk ke ruang bakar.

Lebih buruk lagi, ketika piston motor rusak, motor tidak akan hidup karena pembakaran tidak dapat terjadi.

Oleh karena itu, penting untuk merawat motor agar tidak terjadi kerusakan pada piston dan menjaga performa mesin agar tetap optimal.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sebagai pengendara sepeda perlu mewaspadai gejala-gejala yang dialami saat piston motor mengalami kerusakan. Apa saja gejala-gejala ini?

Berikut 5 Gejala Piston Motor Rusak

Piston Motor Rusak

1. Performa mesin menurun

Piston yang rusak dapat menyebabkan mesin bekerja kurang dari biasanya. Hal ini terjadi karena pembakaran yang berlangsung di dalam mesin tidak sempurna, sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi sangat kecil.

2. Mesin sulit dihidupkan

Gejala selanjutnya yang menandakan piston mesin rusak adalah mesin hidup. Mesin dimana ini terjadi karena dinding silinder aus akibat gesekan piston yang rusak. Hal ini menyebabkan kebocoran kompresi dan tidak ada pembakaran yang dapat terjadi.

Gejala ini biasanya dapat dirasakan dengan menstarter motor dengan starter yang sangat ringan.

3. Keluar asap dari knalpot

Gejala lain yang bisa menjadi tanda piston mesin rusak adalah knalpot sepeda motor terus-menerus mengeluarkan asap dalam jumlah yang tidak biasa saat mesin hidup.

Hal ini terjadi karena oli mesin merembes ke dalam dinding silinder dan masuk ke ruang bakar, menyebabkan oli mesin terbakar saat terbakar dan menghasilkan asap yang dikeluarkan melalui ventilasi.

4. Oli cepat habis

Jika piston mesin rusak, itu juga salah satu gejala oli mesin akan cepat habis walaupun tidak ada kebocoran oli di luar mesin.

Kondisi ini terkait dengan gejala asap dari motor sebelumnya. Sebab, lama kelamaan minyak yang terbakar akan habis.

5. Blok silinder memiliki suara berdetak

Bunyi gatal dari blok silinder juga merupakan gejala dari piston motor yang rusak. Bunyi kesemutan ini disebabkan karena piston tidak lagi tepat dengan lubang silinder, sehingga saat piston bergerak, piston bergoyang dan menabrak dinding silinder.

Nah itulah masbro 5 gejala piston Motor anda rusak, jika motor anda mengalami salah satu dari 5 gejala di atas segera bawa ke bengkel agar tidak semakin parah, Semoga Bermamfaat

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/