Kode Kerusakan setiap kedipan lampu indikator MIL sepeda motor Honda

Kode Kerusakan setiap kedipan lampu indikator MIL sepeda motor Honda

Aufaproject46.com – Hallo Sobat, Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi pun semakin berkembang. Pada kendaraannya sendiri, sudah banyak yang menerapkan teknologi terkini yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam mengidentifikasi masalah. Pada sepeda motor Honda sendiri, teknologi ini telah diterapkan melalui kedipan MIL (lampu indikator kerusakan).

Jadi, pada setiap sepeda motor injeksi bahan bakar Honda, ada indikator berbentuk mesin berwarna kuning yang disebut MIL. Saat pemilik motor honda membuka kontak, indikator MIL menyala kemudian padam dengan sendirinya. Namun, jika ada masalah, lampu akan berkedip.

Padahal, kedipan lampu pada MIL dapat membantu pemilik dan teknisi mengidentifikasi adanya kerusakan pada sepeda motor. Namun, pemilik mobil tua pasti akan mengerti arti dari setiap kode dalam sekejap mata. Oleh karena itu, kami memberikan informasi.

Kode kesalahan injektor honda

Kode Kerusakan setiap kedipan lampu indikator
Kode Kerusakan setiap kedipan lampu indikator

Nah, karena teknologi sepeda motor Honda sudah cukup matang, saat kontak dibuka, lampu indikator MIL bisa berkedip lebih dari satu kali, yang menunjukkan berbagai kesalahan yang bisa dibaca oleh ECU (Electronic Control Unit). apa itu?

Kedip 1 kali   : Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)

Kedip 7 kali   : Sensor EOT / ECT (Engine Oil ( Coolant ) Temperatur)

Kedip 8 kali   : Sensor pada TP (Throttle Position)

Kedip 9 kali   : Sensor pada IAT (Intake Air Temperature)

Kedip 11 kali : Sensor Speed

Kedip 12 kali : Injector

Kedip 21 kali : Sensor udara (Oksigen)

Kedip 33 kali : ECM (Engine Control Modul)

Kedip 52 kali : Sensor pada CKP (Crankshaft Position)

Kedip 54 kali : Sensor Bank Angle

Jika melihat penjelasan di atas, pasti akan membuat pemiliknya semakin pusing mengingat kedipan hingga 54 kali. Namun jangan khawatir, para insinyur Sepeda Motor Honda telah membuat kode flash lebih mudah dibaca, kedipan lama sekitar 1,3 detik berarti 10 kedipan singkat.

Kode Kerusakan setiap kedipan lampu indikator

Sebagai contoh, kondisi sepeda motor Honda yang sensor udaranya rusak, artinya ada 21 kedipan, artinya sepeda motor akan berkedip 2 kali untuk waktu yang lama, kemudian 1 kali untuk waktu yang singkat.

Hubungan Kedipan MIL dengan ECU

Kode Kerusakan setiap kedipan lampu indikator

Ketika digunakan sehari-hari, sudah pasti beberapa komponen sepedamotor Honda akan habis masa pakainya, salah satunya adalah ECU. Komponen yang bertugas sebagai otak pada kendaraan tersebut juga bakal mengalami kerusakan.

Nah, apabila komponen pengatur kerja sepedamotor tersebut rusak, akan memengaruhi berbagai komponen, dan menyebabkan lampu indikator MIL menyala. Oleh karena itu, penting juga untuk mengecek kondisi piranti tersebut dan melakukan reset alias mengatur ulang ECU.

Mereset ECU juga menjadi cara untuk melakukan kalibrasi setiap komponen pada sepedamotor yang sudah dimodifikasi bagian mesin atau kelistrikannya. Dengan disesuaikan, maka setiap pembacaan komponen yang malfungsi tidak akan muncul lagi.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/