back to top
Selasa, Juli 23, 2024
BerandaRIVIEW7 Perbandingan Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano: Mesin, Fitur, Harga,

7 Perbandingan Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano: Mesin, Fitur, Harga,

7 Perbandingan Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Honda Stylo 160, sepeda motor matik terbaru dari Honda dengan konsep retro modern, baru saja diluncurkan pada Jumat, 3 Februari 2024. Desainnya yang unik langsung menarik perhatian banyak pengendara, terutama karena kemiripannya dengan pesaingnya, Yamaha Grand Filano. Meskipun sekilas tampak mirip, kedua sepeda motor matik ini menawarkan perbedaan signifikan dalam hal spesifikasi dan fitur. Mari kita lakukan perbandingan mendalam antara Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano untuk membantu kalian menentukan pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

1. Dapur Pacu: Tenaga dan Responsifitas

Perbandingan pertama antara Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano terletak pada mesin atau dapur pacu mereka. Honda Stylo dilengkapi dengan mesin yang lebih besar, yaitu berkapasitas 160 cc, 4 katup, berpendingin cairan, dan dilengkapi dengan teknologi eSP+ (enhanced Smart Power Plus). Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum yang impresif, mencapai 15,1 daya kuda pada 8.500 rpm, dan torsi puncak sebesar 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh Honda Stylo ini cukup untuk memberikan akselerasi yang responsif dan performa yang handal saat dikendarai.

7 Perbandingan Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano

Sementara itu, Yamaha Grand Filano dilengkapi dengan mesin berkapasitas lebih kecil, yaitu 125 cc, 4 katup, dan berpendingin udara. Mesin ini memanfaatkan teknologi Mild Parallel Hybrid, yang menggabungkan sistem Electric Power Assist Start (EPAS) dan Smart Motor Generator (SMG) yang ditenagai baterai. Meskipun lebih ramah lingkungan, tenaga yang dihasilkan oleh Grand Filano lebih rendah, yaitu mencapai 8,18 daya kuda pada 6.500 rpm dengan torsi puncak 10,4 Nm pada 5.000 rpm.

Kesimpulan Mesin: Honda Stylo menawarkan tenaga yang lebih besar dan responsif, menjadikannya pilihan yang cocok untuk kalian yang mencari performa yang agresif dan bertenaga. Sementara itu, Yamaha Grand Filano fokus pada efisiensi dan ramah lingkungan, menjadikannya pilihan yang baik untuk berkendara santai sehari-hari.

2. Fitur Bawaan: Teknologi dan Kenyamanan

Kita tidak dapat memungkiri bahwa fitur-fitur bawaan pada sepeda motor juga memainkan peran penting dalam pengalaman berkendara. Mari kita lihat fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano.

Honda Stylo 160 menawarkan berbagai fitur modern dan canggih, termasuk headlight LED yang terang dan efisien, smart key untuk kemudahan pengoperasian, full digital speedometer untuk informasi berkendara yang lengkap, dan USB charger type A yang aman berkat penutupnya. Sepeda motor ini juga dilengkapi dengan teknologi anti-maling pada smart key-nya, menambah keamanan saat parkir.

Baca Juga :   Upgrade CVT Honda Stylo 160 untuk Penggunaan Harian

Sementara itu, Yamaha Grand Filano juga menawarkan fitur-fitur menarik, seperti full LED light system yang stylish, digital speedometer with TFT sub-display yang mudah dibaca, smart key untuk kemudahan pengoperasian, dan electric power socket DC outlet. Meskipun demikian, Yamaha Grand Filano tidak dilengkapi dengan teknologi anti-maling pada smart key-nya.

Namun, Yamaha Grand Filano memiliki keunggulan dalam hal konektivitas dengan menawarkan sistem Y-Connect, yang memungkinkan pengendara untuk mengakses notifikasi telepon, pesan, lokasi parkir terakhir, dan bahkan memantau konsumsi bahan bakar secara real-time. Fitur ini menambah nilai bagi mereka yang selalu ingin terhubung dan memiliki kendali penuh atas sepeda motor mereka.

Kesimpulan Fitur: Kedua sepeda motor menawarkan fitur-fitur menarik, tetapi Honda Stylo 160 unggul dalam hal teknologi anti-maling pada smart key dan USB charger dengan penutup. Sementara itu, Yamaha Grand Filano menawarkan sistem konektivitas Y-Connect yang canggih.

3. Sistem Pendinginan: Cairan vs Udara

Perbedaan signifikan lainnya antara Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano terletak pada sistem pendinginan mesin. Honda Stylo 160 dilengkapi dengan sistem pendinginan cairan atau radiator coolant, yang membantu menjaga suhu mesin tetap stabil bahkan saat digunakan dalam jangka waktu lama atau dalam kondisi cuaca yang ekstrem. Sistem pendinginan cairan dikenal akan keefektifannya dalam menjaga suhu mesin.

7 Perbandingan Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano

Di sisi lain, Yamaha Grand Filano menggunakan sistem pendinginan udara atau air cooling system. Meskipun sistem ini lebih sederhana dan ringan, sistem pendinginan udara umumnya kurang efektif dibandingkan sistem pendinginan cairan, terutama saat digunakan dalam kondisi cuaca yang panas atau saat sepeda motor digunakan untuk perjalanan jauh.

Kesimpulan Pendinginan: Honda Stylo 160 unggul dalam hal sistem pendinginan dengan menawarkan sistem pendinginan cairan yang lebih efektif dan handal. Sistem pendinginan ini memastikan suhu mesin tetap stabil bahkan dalam kondisi yang menantang.

4. Ukuran Ban: Kenyamanan dan Stabilitas

Ukuran ban yang digunakan oleh kedua sepeda motor matik ini juga berbeda, yang mempengaruhi kenyamanan dan stabilitas berkendara. Honda Stylo 160 dilengkapi dengan ban belakang berukuran 130/80 – 12 M/C tubeless, yang cukup lebar untuk memberikan traksi dan stabilitas yang baik saat berkendara. Sementara itu, ban depan menggunakan ukuran 110/90 – 12 M/C tubeless, yang membantu sepeda motor tetap lincah saat bermanuver.

Sementara itu, Yamaha Grand Filano menggunakan ban berukuran sama untuk depan dan belakang, yaitu 110/70-12 47L. Ukuran ban ini cukup ramping dan cocok untuk berkendara santai di kota. Meskipun menawarkan manuver yang lincah, ban yang lebih sempit mungkin kurang memberikan stabilitas yang optimal saat digunakan untuk perjalanan jauh atau saat membawa beban yang berat.

Baca Juga :   Mengungkap Penyebab Lampu Indikator Injeksi Menyala Terus pada Motor

Kesimpulan Ban: Honda Stylo 160 menawarkan ban yang lebih lebar, terutama pada ban belakang, yang meningkatkan traksi dan stabilitas saat berkendara. Ban yang lebih lebar juga menambah kenyamanan saat dikendarai, terutama saat melewati jalan yang tidak rata.

5. Kapasitas Tangki Bahan Bakar dan Bagasi: Jarak Tempuh dan Penyimpanan

Kapasitas tangki bahan bakar dan bagasi juga menjadi pertimbangan penting saat memilih sepeda motor, terutama jika kalian sering melakukan perjalanan jauh atau membutuhkan ruang penyimpanan yang luas. Mari kita lihat perbandingan antara Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano dalam hal ini.

Honda Stylo 160 dilengkapi dengan tangki bahan bakar yang mampu menampung hingga 5 liter bensin, yang cukup untuk jarak tempuh yang lumayan jauh. Sepeda motor ini juga menawarkan bagasi yang luas, dengan kapasitas mencapai 16,5 liter, yang cukup untuk menyimpan helm, jaket, dan barang bawaan lainnya.

Sementara itu, Yamaha Grand Filano memiliki tangki bahan bakar dengan kapasitas sekitar 4,4 liter, yang sedikit lebih kecil dibandingkan Honda Stylo. Namun, Yamaha Grand Filano menawarkan bagasi yang lebih luas, dengan kapasitas mencapai 27 liter, yang cukup untuk menyimpan barang bawaan yang cukup banyak.

Kesimpulan Tangki dan Bagasi: Honda Stylo 160 unggul dalam hal kapasitas tangki bahan bakar, menawarkan jarak tempuh yang lebih jauh sebelum perlu mengisi ulang. Sementara itu, Yamaha Grand Filano menawarkan bagasi yang lebih luas, yang cocok untuk kalian yang sering membawa banyak barang saat bepergian.

6. Sistem Pengereman: Keamanan dan Teknologi

Sistem pengereman merupakan aspek penting lainnya yang perlu diperhatikan saat memilih sepeda motor. Mari kita lihat bagaimana perbandingan sistem pengereman antara Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano.

Honda Stylo 160 dilengkapi dengan sistem pengereman double disc-brake berdiameter 220 mm, yang menawarkan pengereman yang kuat dan responsif. Pada tipe tertingginya, Honda Stylo juga dilengkapi dengan teknologi ABS (Anti-Lock Braking System), yang membantu mencegah ban terkunci saat pengereman darurat, meningkatkan keamanan pengendara.

Sementara itu, Yamaha Grand Filano menggunakan sistem pengereman tromol, yang kurang kuat dibandingkan sistem disc-brake. Meskipun demikian, sistem pengereman tromol dikenal akan keandalannya dan mudah perawatannya. Yamaha Grand Filano belum dilengkapi dengan teknologi ABS, yang mungkin menjadi kekurangan bagi mereka yang mencari keamanan ekstra saat berkendara.

Kesimpulan Pengereman: Honda Stylo 160 menawarkan sistem pengereman yang lebih kuat dan modern, dengan opsi teknologi ABS pada tipe tertingginya. Sistem pengereman ini meningkatkan keamanan dan kepercayaan diri pengendara saat berkendara.

7. Harga: Nilai yang Ditawarkan

Harga merupakan faktor penting yang dipertimbangkan saat memilih sepeda motor. Meskipun Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano menawarkan spesifikasi dan fitur yang berbeda, harga mereka hanya terpaut sedikit. Mari kita lihat bagaimana perbandingan harga antara kedua sepeda motor ini.

Baca Juga :   Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected: Pilihan Terbaik di Kelasnya

Honda Stylo 160 ABS, tipe tertinggi, ditawarkan dengan harga Rp 27,5 jutaan, sementara tipe CBS dihargai sekitar Rp 30,4 juta. Harga ini sedikit lebih tinggi dibandingkan Yamaha Grand Filano Neo yang dibanderol seharga Rp 26,7juta. Untuk Yamaha Grand Filano Lux Connect, yang menawarkan fitur konektivitas Y-Connect, harga yang ditawarkan adalah Rp 27,5 juta.

Meskipun Honda Stylo 160 memiliki harga yang sedikit lebih tinggi, sepeda motor ini menawarkan spesifikasi mesin yang lebih unggul, sistem pendinginan cairan yang lebih efektif, ban yang lebih lebar, dan teknologi ABS pada tipe tertingginya. Harga yang ditawarkan sepadan dengan fitur dan performa yang ditawarkan oleh Honda Stylo.

Sementara itu, Yamaha Grand Filano menawarkan harga yang sedikit lebih terjangkau, terutama untuk tipe Neo. Sepeda motor ini cocok untuk kalian yang mencari gaya retro yang menawan, efisiensi bahan bakar, dan fitur konektivitas Y-Connect yang canggih.

Kesimpulan Harga: Meskipun harga Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano hanya terpaut sedikit, masing-masing menawarkan nilai yang berbeda. Honda Stylo unggul dalam hal spesifikasi mesin dan teknologi keamanan, sementara Yamaha Grand Filano menawarkan harga yang lebih terjangkau dan fitur konektivitas yang menarik.

Kesimpulan: Pilihan Ada di Tangan Kalian

Setelah melihat perbandingan mendalam antara Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano dalam berbagai aspek, mulai dari mesin, fitur, desain, hingga harga, sekarang kalian memiliki informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat. Kedua sepeda motor matik ini menawarkan keunggulan dan kekurangan masing-masing, yang cocok untuk kebutuhan dan preferensi yang berbeda.

Jika kalian mencari sepeda motor matik dengan performa mesin yang responsif, desain unik, dan teknologi keamanan yang canggih, Honda Stylo 160 dapat menjadi pilihan yang tepat. Sepeda motor ini menawarkan tenaga yang besar, sistem pendinginan cairan, ban yang lebar, dan opsi teknologi ABS untuk keamanan ekstra.

Sementara itu, Yamaha Grand Filano cocok untuk kalian yang menginginkan gaya retro yang menawan, efisiensi bahan bakar, dan fitur konektivitas modern. Sepeda motor ini menawarkan harga yang sedikit lebih terjangkau, sistem pendinginan udara yang sederhana, dan bagasi yang luas.

Pertimbangkan kebutuhan berkendara, preferensi gaya, dan anggaran kalian sebelum membuat keputusan akhir. Kedua sepeda motor ini menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda, dan pilihan ada di tangan kalian untuk menentukan mana yang lebih sesuai dengan karakter dan gaya hidup kalian.

Terima kasih telah membaca perbandingan mendalam antara Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano. Semoga artikel ini membantu kalian dalam menentukan pilihan yang tepat dan menikmati pengalaman berkendara yang menyenangkan dengan sepeda motor matik pilihan kalian!

Demikianlah artikel tentang 7 Perbandingan Honda Stylo dan Yamaha Grand Filano, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris  motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris  Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments