Penyebab Rem Depan Motor Matic Blong

Penyebab Rem Depan Motor Matic Blong

Aufaproject46.com – Penyebab Rem Motor blong atau Rusak  Rem merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah kendaraan, karena fungsi utama rem adalah untuk memperlambat dan menghentikan kendaraan. Oleh karena itu, jika rem rusak atau rem blong, sangat berbahaya bagi pengemudi dan orang lain.

Penyebab Rem Depan Motor Matic Blong

Salah satu masalah yang paling umum dengan rem sepeda motor adalah kegagalan rem. Hal ini biasanya akan dirasakan pengendara saat mengemudi, tiba-tiba tidak bisa memperlambat atau menghentikan kendaraan akibat rem sepeda motor yang tidak berfungsi.

Nah, bagi Anda yang mengalami masalah tersebut sebaiknya simak dulu informasi penyebab rem blong sepeda motor, kali ini kami akan hadirkan untuk Anda selengkapnya.

Namun selain memberikan informasi penyebab rem blong, kami juga memberikan informasi cara mengatasi rem blong. Kedua rem pada sepeda motor otomatis atau manual gagal. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung melihat informasi lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Rem Depan Motor Matic Blong
penyebab rem blong motor

Penyebab Rem Cakram Belakang Motor Blong

Ada banyak penyebab rem sepeda motor gagal, beberapa di antaranya adalah kampas rem sudah mulai aus atau habis, master rem bocor atau rusak, dan ada beberapa penyebab lain yang bisa menyebabkan rem blong.

1. Kehabisan bantalan rem

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu penyebab rem sepeda motor gagal adalah saat kampas rem mulai aus atau habis. Ini biasanya dapat ditunjukkan dengan kegagalan rem atau suara gesekan besi.

Suara gesekan besi berasal dari dudukan kampas rem dengan cakram atau cakram. Saat kampas rem habis atau aus, yang tersisa hanya braket kampas rem besi. Jika rem masih dipaksakan, gesekan akan berkembang antara bantalan rem dan cakram rem.

2. Minyak rem tersumbat

Alasan kedua bisa jadi rem blong karena tersumbatnya aliran minyak rem. Kondisi minyak rem yang tersumbat membuat kampas rem tidak bisa bekerja dengan baik karena tidak ada tekanan pada kampas rem.

Oleh karena itu, rem motor bisa gagal. Karena oli yang terkandung dalam master rem tidak mendorong kampas rem, pelapis rem dikirim ke piringan atau piringan rem, yang dapat mengurangi atau menghentikan kecepatan motor.

3. Master Rem Bocor

Penyebab selanjutnya mungkin karena kebocoran master silinder rem, kondisi master silinder rem bocor kemungkinan minyak rem habis. Saat minyak rem habis, tidak ada perantara untuk mentransfer energi dorong ke kampas rem.

Keadaan ini tidak jauh berbeda dengan keadaan dimana aliran minyak rem tersumbat, karena pada dasarnya tidak ada gaya dorong pada kampas rem yang diteruskan ke cakram atau cakram rem. Akibatnya, rem motor gagal.

4. Rem terlalu panas

Hal terakhir yang dapat menyebabkan rem sepeda motor matic atau manual gagal adalah rem yang terlalu panas. Komponen rem yang dapat bermasalah pada kondisi temperatur tinggi adalah manifold rem dan saluran oli.

Jika komponen terlalu panas, komponen pada rem tidak akan bekerja dengan baik. Dengan cara ini, saat sepeda motor direm, akan terasa lamban.

pnyebab rem blong motor

Cara Mengatasi Rem Cakram Motor Blong

Lantas bagaimana cara mengatasi rem blong pada sepeda motor saat digunakan? Adapun cara mengatasi keadaan tersebut terbagi menjadi dua tipe yaitu menurut tipe motornya yaitu tipe motor dan tipe manual. Karena meskipun jenis rem yang digunakan sama, jenis mesin yang digunakan berbeda.

Cara mengatasi Rem Cakram Blong Pada Motor, Motor Manual

Cara mengatasi rem blong pada sepeda motor manual lebih mudah karena kecepatan kendaraan dapat diperlambat dengan bantuan motor listrik. Motor manual tipe ini terdiri dari sejumlah gigi transmisi, 1 hingga 6 untuk tipe motor sport dan 1 hingga 4 untuk tipe motor bebek.

Saat rem gagal, pengemudi dapat menurunkan transmisi dari tinggi ke rendah. Namun, Anda perlu memperhatikan putaran mesin saat itu. Ketukan yang sangat kuat karena pengurangan gigi transmisi pada putaran mesin tinggi.

Agar bisa menghentikan laju motor manual, gas bisa dikeluarkan sepenuhnya dan putaran mesin bisa dikurangi sedikit demi sedikit. Jika putaran mesin turun, gigi transmisi bisa diturunkan satu per satu hingga motor berhenti.

Cara Mengatasi Rem Blong Pada Motor Matic

Sementara bagi pengguna sepeda motor matic, penanganan rem sepeda motor matic juga sedikit berbeda. Karena rem terkadang gagal ketika rem motor matic dalam kondisi normal, yang sangat berkaitan dengan jenis mesin yang digunakan.

Jadi bagi pengguna sepeda motor self-driving sebaiknya tidak melepas pedal gas secara penuh saat melakukan pengereman. Hal ini juga berlaku jika rem blong, coba isi dengan sedikit oli.

Karena sistem pengereman mesin pada motor matic berbeda dengan motor manual. Selain itu, coba lakukan rem depan dan belakang secara bergantian untuk memaksimalkan kinerja pengereman matic sepeda motor.

Biaya servis rem sepeda motor Blong

Setelah memahami beberapa alasan mengapa rem sepeda motor gagal? Maka Anda ingin melakukan servis rem pada sepeda motor. Jadi Anda perlu mengetahui terlebih dahulu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki rem sepeda motor Anda agar dapat mempersiapkan anggaran yang diperlukan.

Biaya perbaikan rem sepeda motor kira-kira sebagai berikut:

Keterangan Biaya
Kampas Rem Rp 15.000 – Rp 60.000
Master Rem Rp 450.000 – Rp 1.000.000
Kaliper Rem Rp 200.000 – Rp 850.000
Selang Rem Rp 43.000 – Rp 200.000
Ongkos Ganti Rp 15.000 – Rp 25.000

Kesimpulanya

Ketika Anda saat mengendari sebuah kendaraan dan ingin mencoba memperlambat laju kendaraan ata ngerem Namun di rasa tidak terlalu pakem atau bahkan tidak ngefek sama sekali alias rem blog, silahkan anilasa rem kendaraan anda dengan mengikuti cara cara di atas

Semga artikel ini bermamfaat dan jadi refrensi untuk anda semua, sekian dan terimakasih.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/