Penyebab Mobil Avanza Mati Mendadak yang Harus Diwaspadai

Sejak awal produksinya, mobil Avanza sudah banyak dilirik dan menjadi juara penjualan. Ketertarikan konsumen pada mobil ini semakin meningkat setiap waktu. Namun, sama seperti mobil lainnya, terkadang mobil Avanza mendadak mati tanpa diketahui penyebabnya. Supaya tidak terjadi pada pengguna, berikut beberapa penyebab mobil Avanza mati mendadak yang harus pengguna waspadai.

1. Terjadi Kebocoran Oli

Terjadinya kebocoran oli bisa jadi salah satu penyebab mesin mobil Avanza mati mendadak. Fungsi utama oli adalah menjadi pelumas untuk bagian-bagian yang mengalami pergerakan. Jika oli bocor bagian tersebut tidak lagi memiliki pelumas dan akan menyebabkan gesekan antar bagian yang seharusnya dilumasi oli. Hal tersebut tentu akan menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian.

Sebenarnya banyak hal yang bisa menyebabkan oli bocor dan mungkin untuk orang awam akan sulit mengetahuinya. Karenanya ketika ternyata terjadi kebocoran oli, segera bawa ke bengkel resmi. Selain itu agar tidak terjadi kebocoran oli, kesehatan mesin juga harus selalu dikontrol.

2. Aki Lemah

Penyebab mobil Avanza mati mendadak kedua adalah aki lemah. Hal ini biasa terjadi pada mobil tua atau mobil yang jarang dilakukan perawatan. Permasalahan paling umum pada aki adalah cairan aki yang habis. Jika hal itu terjadi, maka aki tidak bisa lagi mengalirkan listrik untuk mobil. Padahal peran listrik yang dialirkan oleh aki sangat penting untuk menjaga mobil tetap berfungsi.

Untuk menjaga mobil Avanza dari aki yang lemah, periksakan juga kondisi aki setiap kali melakukan pemeriksaan berkala. Selain itu, aki memiliki masa pakainya masing-masing. Sebaiknya aki diganti setiap masa pakainya sudah akan habis. Selain itu, pengguna harus mengetahui cara menjaga kesehatan aki sehingga aki tidak soak sebelum waktunya.

3. Terjadi Permasalahan Pada Alternator

Masih berhubungan dengan listrik pada mobil, kali ini masalah mungkin datang dari penyalur listrik mobil atau alternator. Fungsi alternator adalah untuk mengubah gerakan mobil menjadi listrik untuk dialirkan pada aki. Dengan begitu aki akan tetap terisi dan tetap berfungsi.

Saat terjadi masalah, listrik tidak mau mengalir melalui alternator. Dengan begitu tidak akan ada suplai listrik yang akan masuk ke dalam aki. Hal ini bisa menjadi salah satu penyebab aki lemah karena tidak mendapat suplai listrik dari alternator.

4. Suhu Mesin Terlalu Tinggi

Berikutnya adalah meningkatnya suhu mesin mobil sehingga mesin mobil menjadi sangat panas. Jika hal ini terjadi biasanya mesin mobil Avanza akan mati dengan sendirinya. Mesin panas biasa terjadi saat perjalanan panjang, terlebih melalui medan yang berat bagi mobil Avanza.

Air radiator yang habis juga bisa menyebabkan mesin mengalami peningkatan suhu karena gesekan yang berat. Jika masalahnya hanya air radiator yang habis, pengguna bisa melakukan pengisian tanpa memerlukan teknisi. Namun jika cara tersebut belum berhasil, berarti mobil Avanza pengguna harus segera dibawa ke bengkel resmi.

5. Koil Bermasalah

Yang terakhir adalah adanya masalah pada koil yang berfungsi pada pembakaran yang dilakukan oleh mobil. Pembakaran tersebut harus terjadi untuk membuat mobil Avanza hidup dan bergerak. Saat koil berhenti berfungsi, tentu saja mobil tidak akan mau bergerak.

Selain itu, korsleting yang terjadi pada koil juga bisa menyebabkan mobil Avanza mati mendadak karena sekring akan mematikan mesin saat terjadi korsleting. Sebaiknya periksa keadaan alternator, apakah masih sehat, atau hampir putus, atau ada keadaan lain yang bisa memicu korsleting.

Dengan 5 penyebab mobil Avanza mati mendadak diatas, pengguna mobil Avanza bisa lebih berhati-hati. Pengguna bisa menghindari terjadinya 5 hal diatas dengan melakukan pengecekan dan servis berkala. Jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan keadaan kendaraan sebelum menggunakannya. Dengan begitu, pengguna bisa berkendara dengan aman dan nyaman.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar