Apa Saja Penyebab Kiprok Motor Panas dan Bikin Motor Mogok?

admin

Honda CB750

Apa Saja Penyebab Kiprok Motor Panas?

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Kalian pasti pernah mengalami motor yang tiba-tiba mati saat sedang berkendara. Atau mungkin kalian merasa aki motor cepat habis dan harus sering diisi ulang. Salah satu kemungkinan penyebabnya adalah kiprok motor yang bermasalah. Kiprok adalah salah satu komponen kelistrikan motor yang berfungsi untuk mengubah arus AC (alternating current) menjadi arus DC (direct current). Arus DC inilah yang digunakan untuk mengisi aki dan menjalankan sistem kelistrikan motor lainnya.

Namun, kiprok motor bisa saja mengalami kerusakan atau kepanasan yang menyebabkan motor ngadat. Ada beberapa faktor yang bisa memicu kiprok motor panas, mulai dari kualitas kiprok itu sendiri, kondisi kabel, sampai penggunaan aksesori kelistrikan yang berlebihan. Berikut ini adalah delapan penyebab kiprok motor panas yang perlu kalian ketahui.

Penyebab Kiprok Motor Panas

1. Kiprok Motor Tidak Sesuai dengan Spesifikasi Motor

Salah satu hal yang bisa membuat kiprok motor panas adalah jika kiprok motor yang dipasang tidak sesuai dengan spesifikasi motor. Misalnya, kalian menggunakan kiprok motor yang memiliki daya lebih besar atau lebih kecil dari yang seharusnya. Hal ini bisa menyebabkan arus yang masuk ke kiprok motor tidak stabil dan membuat kiprok motor bekerja lebih keras. Akibatnya, kiprok motor bisa menjadi panas dan rusak.

Oleh karena itu, pastikan kalian menggunakan kiprok motor yang sesuai dengan tipe dan merk motor kalian. Jangan asal membeli kiprok motor yang murah tanpa memperhatikan kualitas dan spesifikasinya. Kalian bisa mengecek spesifikasi kiprok motor di buku manual atau bertanya kepada mekanik yang ahli.

2. Kiprok Motor Kotor atau Berkarat

Faktor lain yang bisa menyebabkan kiprok motor panas adalah jika kiprok motor kotor atau berkarat. Kotoran atau karat bisa mengganggu aliran arus listrik di dalam kiprok motor dan membuat kiprok motor tidak bekerja dengan optimal. Kotoran atau karat juga bisa menyebabkan hubungan singkat (short circuit) yang bisa membuat kiprok motor terbakar.

Baca Juga :   Panduan Lengkap: Daftar Kode MIL Motor Yamaha dan Cara Mengatasi

Untuk mengatasi hal ini, kalian perlu membersihkan kiprok motor secara rutin dan menjaga agar kiprok motor tetap kering. Kalian bisa menggunakan sikat gigi atau kain lap yang bersih untuk membersihkan kiprok motor dari kotoran atau karat. Jika kiprok motor sudah terlalu berkarat, sebaiknya kalian menggantinya dengan yang baru.

3. Kabel Kiprok Motor Putus atau Korsleting

Penyebab kiprok motor panas selanjutnya adalah jika kabel kiprok motor putus atau korsleting. Kabel kiprok motor adalah kabel yang menghubungkan kiprok motor dengan spul, aki, dan sistem kelistrikan motor lainnya. Jika kabel kiprok motor putus atau korsleting, maka arus listrik yang masuk ke kiprok motor akan terganggu dan bisa menyebabkan kiprok motor panas.

Untuk menghindari hal ini, kalian harus memeriksa kondisi kabel kiprok motor secara berkala dan memastikan bahwa kabel kiprok motor tidak ada yang putus, korsleting, atau terkelupas. Jika ada kabel kiprok motor yang bermasalah, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.

4. Spul Motor Rusak atau Kurang Kuat

Spul motor adalah komponen kelistrikan motor yang berfungsi untuk menghasilkan arus AC yang kemudian diubah menjadi arus DC oleh kiprok motor. Jika spul motor rusak atau kurang kuat, maka arus AC yang dihasilkan akan tidak stabil dan bisa membuat kiprok motor panas. Spul motor bisa rusak atau kurang kuat karena faktor usia, kualitas, atau penggunaan yang tidak sesuai.

Untuk mencegah hal ini, kalian harus memeriksa kondisi spul motor secara rutin dan menggantinya jika sudah rusak atau lemah. Kalian juga harus menggunakan spul motor yang sesuai dengan spesifikasi motor kalian dan tidak mengganti spul motor dengan yang lebih besar atau lebih kecil.

5. Aki Motor Rusak atau Tidak Sesuai

Aki motor adalah komponen kelistrikan motor yang berfungsi untuk menyimpan arus DC yang dihasilkan oleh kiprok motor. Aki motor juga digunakan untuk menjalankan sistem starter, lampu, klakson, dan kelistrikan motor lainnya. Jika aki motor rusak atau tidak sesuai, maka arus DC yang disimpan akan tidak stabil dan bisa membuat kiprok motor panas. Aki motor bisa rusak atau tidak sesuai karena faktor usia, kualitas, atau kapasitas yang berbeda.

Penyebab Kiprok Motor Panas

Untuk mengantisipasi hal ini, kalian harus memeriksa kondisi aki motor secara rutin dan menggantinya jika sudah rusak atau lemah. Kalian juga harus menggunakan aki motor yang sesuai dengan spesifikasi motor kalian dan tidak mengganti aki motor dengan yang lebih besar atau lebih kecil.

6. Penggunaan Aksesori Kelistrikan yang Berlebihan

Penyebab kiprok motor panas yang lain adalah jika kalian menggunakan aksesori kelistrikan yang berlebihan pada motor kalian. Aksesori kelistrikan seperti lampu LED, lampu strobo, sirine, atau audio bisa menambah beban kelistrikan motor dan membuat kiprok motor bekerja lebih keras. Hal ini bisa membuat kiprok motor panas dan rusak.

Baca Juga :   Harga Yamaha 125Z

Untuk menghindari hal ini, kalian harus bijak dalam menggunakan aksesori kelistrikan pada motor kalian. Jangan menggunakan aksesori kelistrikan yang tidak perlu atau yang melebihi kapasitas kelistrikan motor kalian. Kalian juga harus memasang aksesori kelistrikan dengan benar dan menggunakan relay atau sekering untuk melindungi kiprok motor dari hubungan singkat.

7. Suhu Udara yang Terlalu Panas

Faktor lingkungan juga bisa mempengaruhi kiprok motor panas. Suhu udara yang terlalu panas bisa membuat kiprok motor tidak mendapatkan pendinginan yang cukup dan membuat kiprok motor panas. Hal ini bisa terjadi jika kalian berkendara di daerah yang memiliki suhu udara tinggi atau jika kalian parkir motor di bawah sinar matahari langsung.

Untuk mencegah hal ini, kalian harus menjaga suhu kiprok motor agar tetap normal. Kalian bisa menggunakan kipas angin atau radiator untuk membantu mendinginkan kiprok motor. Kalian juga harus menghindari parkir motor di tempat yang terlalu panas atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.

8. Kiprok Motor Sudah Lama dan Perlu Diganti

Penyebab terakhir kiprok motor panas adalah jika kiprok motor sudah lama dan perlu diganti. Kiprok motor adalah komponen yang memiliki masa pakai tertentu dan bisa mengalami penurunan kinerja seiring dengan waktu. Jika kiprok motor sudah lama dan sering panas, maka itu bisa menjadi tanda bahwa kiprok motor sudah lemah dan perlu diganti.

Untuk mengatasi hal ini, kalian harus mengganti kiprok motor dengan yang baru jika kiprok motor sudah tidak bisa bekerja dengan baik. Kalian bisa mengecek umur kiprok motor di buku manual atau bertanya kepada mekanik yang ahli. Kalian juga harus memilih kiprok motor yang berkualitas dan awet.

Penyebab Kiprok Motor Panas

Cara Mengatasi Kiprok Motor Panas

Setelah mengetahui penyebab kiprok motor panas, kalian tentu ingin tahu bagaimana cara mengatasinya. Ada beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi kiprok motor panas, antara lain:

  • – Matikan motor dan tunggu sampai kiprok motor dingin. Jangan mencoba menyalakan motor lagi jika kiprok motor masih panas, karena bisa menyebabkan kerusakan lebih parah.
  • – Periksa kondisi kiprok motor dan kabel kiprok motor. Jika ada yang rusak, kotor, berkarat, putus, atau korsleting, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.
  • – Periksa kondisi spul motor dan aki motor. Jika ada yang rusak, lemah, atau tidak sesuai, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru.
  • – Kurangi penggunaan aksesori kelistrikan yang berlebihan. Gunakan hanya aksesori kelistrikan yang penting dan sesuai dengan kapasitas kelistrikan motor kalian.
  • – Jaga suhu kiprok motor agar tetap normal. Gunakan kipas angin atau radiator untuk membantu mendinginkan kiprok motor. Hindari parkir motor di tempat yang terlalu panas atau tidak memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • – Ganti kiprok motor dengan yang baru jika kiprok motor sudah tidak bisa bekerja dengan baik. Pilih kiprok motor yang berkualitas dan awet.
Baca Juga :   New Nmax 160cc Versi 2021
motor tanpa kiprok
motor tanpa kiprok

Tips Merawat Kiprok Motor Agar Tidak Mudah Panas

Selain mengatasi kiprok motor panas, kalian juga harus merawat kiprok motor agar tidak mudah panas dan rusak. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk merawat kiprok motor:

  • – Bersihkan kiprok motor secara rutin dari kotoran atau karat. Gunakan sikat gigi atau kain lap yang bersih untuk membersihkan kiprok motor. Jaga agar kiprok motor tetap kering dan tidak terkena air atau cairan lainnya.
  • – Lakukan servis berkala pada kiprok motor dan komponen kelistrikan motor lainnya. Periksa kondisi kiprok motor, kabel kiprok motor, spul motor, dan aki motor secara berkala. Lakukan perbaikan atau penggantian jika diperlukan.
  • – Gunakan kiprok motor yang sesuai dengan spesifikasi motor kalian. Jangan menggunakan kiprok motor yang memiliki daya lebih besar atau lebih kecil dari yang seharusnya. Jangan juga mengganti kiprok motor dengan yang bukan untuk motor kalian.
  • – Hindari modifikasi kelistrikan motor yang tidak perlu. Jangan menambahkan aksesori kelistrikan yang tidak penting atau yang melebihi kapasitas kelistrikan motor kalian. Jangan juga mengubah sistem kelistrikan motor yang sudah bawaan pabrik.

Dengan melakukan tips-tips di atas, kalian bisa menjaga kiprok motor agar tetap dalam kondisi baik dan tidak mudah panas. Kiprok motor yang sehat akan membuat motor kalian lebih awet dan nyaman digunakan.

Kesimpulanya

Demikianlah artikel yang saya tulis ulang untuk kalian tentang penyebab, cara mengatasi, dan tips merawat kiprok motor panas. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagi kalian yang memiliki masalah dengan kiprok motor. Jika kalian memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis.

Demikianlah artikel tentang Penyebab Kiprok Motor Panas, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar