Pentingnya Membilas Oli Motor yang Kena Banjir

admin

Pentingnya Membilas Oli Motor yang Kena Banjir

Aufaproject46.com – Hay Bro And Sist, Banjir adalah salah satu bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Banjir bisa menyebabkan kerugian materi dan non-materi bagi masyarakat, termasuk bagi pengguna motor. Motor yang terendam banjir bisa mengalami kerusakan pada beberapa bagian, salah satunya adalah oli.

Oli adalah cairan yang berfungsi untuk melumasi dan mendinginkan mesin motor. Oli yang baik harus bersih dan kental. Namun, jika motor terendam banjir, oli bisa terkontaminasi oleh air, lumpur, atau kotoran lainnya. Hal ini bisa menyebabkan oli menjadi encer, kotor, dan berbusa.

Oli yang encer, kotor, dan berbusa tentu tidak baik untuk mesin motor. Oli yang encer tidak bisa melumasi mesin dengan baik, sehingga bisa menyebabkan gesekan dan panas yang berlebihan. Oli yang kotor bisa mengendap di saluran oli dan menyumbat aliran oli. Oli yang berbusa bisa mengurangi tekanan oli dan mengganggu kinerja mesin.

Oleh karena itu, jika motor Anda terendam banjir, Anda harus segera membilas oli motor Anda. Membilas oli motor adalah proses mengganti oli motor yang kotor dengan oli baru yang bersih. Membilas oli motor bisa memberikan banyak manfaat bagi mesin motor Anda, antara lain:

  • Membilas oli motor bisa membersihkan mesin motor dari kotoran yang berasal dari banjir. Kotoran yang menempel di mesin motor bisa menyebabkan karat, korosi, atau jamur. Dengan membilas oli motor, Anda bisa menghilangkan kotoran tersebut dan menjaga kebersihan mesin motor Anda.
  • Membilas oli motor bisa mengembalikan viskositas oli motor yang berkurang akibat tercampur air. Viskositas oli motor adalah tingkat kekentalan oli motor yang menentukan kemampuan oli untuk melumasi mesin. Dengan membilas oli motor, Anda bisa mengganti oli motor yang encer dengan oli baru yang kental dan berkualitas.
  • Membilas oli motor bisa meningkatkan performa mesin motor yang menurun akibat terendam banjir. Performa mesin motor dipengaruhi oleh kualitas oli motor yang digunakan. Dengan membilas oli motor, Anda bisa mengganti oli motor yang kotor dan berbusa dengan oli baru yang bersih dan stabil.
Baca Juga :   Apa Sih Kelebihan Saklar Lampu Vixion Old? Kok Banyak Pemilik Motor Matic Memakainya

Membilas Oli Motor yang Kena Banjir

Cara Membilas Oli Motor yang Terendam Banjir

Membilas oli motor yang terendam banjir bukanlah hal yang sulit, asalkan Anda memiliki alat-alat yang tepat dan mengikuti langkah-langkah yang benar. Berikut adalah alat-alat yang Anda perlukan untuk membilas oli motor:

  • Kunci pas
  • Tang
  • Obeng
  • Kain lap
  • Ember
  • Oli baru

Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan untuk membilas oli motor:

Menyiapkan Motor

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan motor Anda untuk dibilas oli. Anda harus memastikan bahwa motor Anda sudah dingin dan kering sebelum membilas oli. Anda juga harus melepas kunci kontak dan menarik rem tangan. Hal ini untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau kerusakan pada motor Anda.

Membuka Tutup Oli

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah membuka tutup oli motor Anda. Tutup oli adalah bagian yang menutupi tempat pengisian oli motor. Anda bisa menemukan tutup oli di sisi kanan motor Anda.

Untuk membuka tutup oli, Anda harus menggunakan kunci pas atau tang. Anda harus memutar tutup oli ke arah kiri hingga terlepas. Anda harus berhati-hati agar tidak merusak ulir atau baut tutup oli. Setelah itu, Anda bisa melepaskan tutup oli dan menaruhnya di tempat yang aman.

Membilas Oli Motor yang Kena Banjir

Mengeluarkan Oli Lama

Langkah ketiga yang harus Anda lakukan adalah mengeluarkan oli lama motor Anda. Oli lama adalah oli yang sudah terkontaminasi oleh air, lumpur, atau kotoran lainnya. Anda harus mengeluarkan oli lama agar tidak bercampur dengan oli baru.

Untuk mengeluarkan oli lama, Anda harus membuka baut pembuangan oli motor Anda. Baut pembuangan oli adalah baut yang berada di bagian bawah mesin motor. Anda bisa menggunakan kunci pas atau obeng untuk membuka baut pembuangan oli.

Anda harus menyiapkan ember untuk menampung oli lama yang keluar. Anda harus memastikan bahwa ember bersih dan tidak ada kotoran yang bisa masuk ke dalamnya. Anda juga harus memastikan bahwa ember cukup besar untuk menampung oli lama yang keluar.

Anda harus memiringkan motor Anda ke arah kanan agar oli lama bisa keluar dengan mudah. Anda harus menunggu hingga oli lama habis keluar dari mesin motor. Anda harus berhati-hati agar tidak tumpah atau menyentuh oli lama yang keluar. Oli lama bisa panas, kotor, dan berbahaya bagi kulit Anda.

Membilas Mesin

Langkah keempat yang harus Anda lakukan adalah membilas mesin motor Anda. Membilas mesin adalah proses membersihkan sisa-sisa oli lama yang masih menempel di dalam mesin motor. Anda harus membilas mesin agar oli baru yang Anda masukkan bisa bekerja dengan maksimal.

Baca Juga :   Mau Mudik Bawa Motor? Berikut Tips nya

Untuk membilas mesin, Anda harus menggunakan oli baru yang sama dengan oli yang akan Anda gunakan. Anda harus mengisi oli baru ke dalam mesin motor melalui lubang pengisian oli. Anda harus mengisi oli baru sebanyak setengah dari kapasitas mesin motor Anda.

Anda harus menghidupkan mesin motor Anda dan membiarkannya menyala selama beberapa menit. Anda harus memperhatikan suara dan bau yang keluar dari mesin motor Anda. Jika ada suara atau bau yang aneh, Anda harus segera mematikan mesin motor Anda dan memeriksanya.

Anda harus mengeluarkan oli baru yang sudah Anda masukkan ke dalam mesin motor. Anda harus mengulangi langkah mengeluarkan oli lama yang sudah Anda lakukan sebelumnya. Anda harus memastikan bahwa oli baru yang keluar sudah bersih dan tidak ada kotoran yang tercampur.

Mengisi Oli Baru

Langkah kelima yang harus Anda lakukan adalah mengisi oli baru motor Anda. Oli baru adalah oli yang bersih dan berkualitas yang akan Anda gunakan untuk melumasi dan mendinginkan mesin motor Anda. Anda harus mengisi oli baru sesuai dengan ukuran dan jenis motor Anda.

Untuk mengisi oli baru, Anda harus menggunakan corong atau botol yang bersih. Anda harus mengisi oli baru melalui lubang pengisian oli yang sudah Anda buka sebelumnya. Anda harus mengisi oli baru sesuai dengan takaran yang tertera di buku manual atau di stiker yang ada di samping motor Anda.

Anda harus memeriksa tingkat oli motor Anda dengan menggunakan tongkat pengukur oli. Tongkat pengukur oli adalah alat yang berbentuk batang yang ada di dalam tutup oli. Anda harus memasukkan tongkat pengukur oli ke dalam lubang pengisian oli dan menariknya keluar.

Anda harus melihat tanda yang ada di tongkat pengukur oli. Tanda tersebut biasanya berupa garis atau titik yang menunjukkan batas minimal dan maksimal oli motor. Anda harus memastikan bahwa tingkat oli motor Anda berada di antara tanda minimal dan maksimal. Jika kurang, Anda harus menambahkan oli baru. Jika lebih, Anda harus mengurangi oli baru.

Menutup Tutup Oli

Langkah keenam yang harus Anda lakukan adalah menutup tutup oli motor Anda. Tutup oli adalah bagian yang menutupi lubang pengisian oli motor. Anda harus menutup tutup oli agar oli tidak tumpah atau bocor.

Baca Juga :   10 Rekomendasi Cairan Pembersih Mesin Motor Terbaik

Untuk menutup tutup oli, Anda harus menggunakan kunci pas atau tang. Anda harus memutar tutup oli ke arah kanan hingga rapat. Anda harus berhati-hati agar tidak merusak ulir atau baut tutup oli. Setelah itu, Anda harus membersihkan sisa-sisa oli yang menempel di sekitar tutup oli dengan menggunakan kain lap.

Membilas Oli Motor yang Kena Banjir

Tips dan Trik Membilas Oli Motor yang Terendam Banjir

Berikut adalah lanjutan artikel yang saya buat:

Membilas oli motor yang terendam banjir bukanlah hal yang mudah, tetapi juga bukan hal yang mustahil. Anda harus berhati-hati dan teliti dalam melakukan setiap langkahnya. Anda juga harus memperhatikan beberapa tips dan trik berikut ini agar hasilnya lebih maksimal:

  • Sebelum Anda membilas oli motor, Anda harus mengecek kondisi motor Anda secara keseluruhan. Anda harus memastikan bahwa tidak ada bagian motor yang rusak atau bocor akibat terendam banjir. Jika ada, Anda harus segera memperbaikinya atau menggantinya dengan yang baru.
  • Sebelum Anda membilas oli motor, Anda harus mengeringkan motor Anda terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kain lap, hair dryer, atau alat pengering lainnya untuk mengeringkan motor Anda. Anda harus mengeringkan motor Anda hingga tidak ada air yang tersisa di dalamnya.
  • Sebelum Anda membilas oli motor, Anda harus memilih oli baru yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda. Anda harus memilih oli baru yang berkualitas dan cocok dengan jenis, ukuran, dan merek motor Anda. Anda juga harus memilih oli baru yang memiliki viskositas yang tepat untuk kondisi cuaca dan jalan di Indonesia.

Demikianlah artikel tentang pentingnya membilas oli motor yang terendam banjir. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam merawat motor Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawabnya. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Demikianlah artikel tentang Membilas Oli Motor yang Kena Banjir, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar