Motor Boros BBM? Cek Dulu Bagian-bagian Ini!

admin

Motor Boros BBM? Cek Dulu Bagian-bagian Ini!

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist,  Pernahkah kamu merasa motor kesayanganmu tiba-tiba boros bensin? Rasanya seperti ada yang salah, padahal kamu sudah berusaha mengendarainya dengan irit. Tenang, kamu tidak sendirian! Banyak pemilik motor yang mengalami hal serupa.

Konsumsi BBM motor yang boros bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari yang sepele hingga yang lebih kompleks.

Jangan panik! Artikel ini akan membahas beberapa penyebab umum motor boros BBM dan solusinya, agar kamu bisa kembali merasakan kenyamanan berkendara dengan hemat bahan bakar.

Mari kita simak bersama!

1. Rantai Kendur: Si Pencuri Tenaga dan BBM

Rantai kendur merupakan salah satu penyebab utama boros BBM. Saat rantai kendur, tarikan mesin ke roda menjadi lebih berat. Akibatnya, mesin harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menjalankan motor. Semakin besar tenaga yang dikeluarkan, semakin banyak pula bahan bakar yang terbuang sia-sia.

Solusinya: Kencangkan rantai motor secara berkala. Bisa dilakukan di rumah dengan obeng dan kunci pas, atau lebih praktisnya bawa ke bengkel.

Baca Juga :   Yamaha Resmi Rilis motor Retronya , berikut foto-fotonya

2. Ban Kempes: Bikin Motor “Terbebani”

Ban kempes memang sepele, tapi sering diabaikan dan bisa menjadi salah satu penyebab motor boros BBM. Saat ban kempes, tarikan motor menjadi lebih berat karena gesekan antara ban dan jalan semakin besar. Hal ini menyebabkan mesin harus bekerja lebih keras dan konsumsi BBM pun meningkat.

Solusinya: Pastikan ban motor selalu terisi angin dengan tekanan yang ideal sebelum berkendara. Gunakan alat pengukur tekanan angin ban (tire pressure gauge) untuk memastikan tekanan angin sesuai dengan spesifikasi motor.

3. Tutup Tangki Bocor: Bensin yang Melarikan Diri

Bensin merupakan zat cair yang mudah menguap. Jika tutup tangki bocor, maka bensin bisa menguap dan terbuang sia-sia. Hal ini tentu saja akan membuat motor boros BBM.

Solusinya: Pastikan tutup tangki bensin tertutup rapat dan tidak ada celah yang memungkinkan bensin keluar. Jika tutup tangki sudah rusak, segera ganti dengan yang baru.

4. Beban Berlebih: Beban Berat, Dompet Tipis

Membawa beban berlebih di motor dapat membuat konsumsi BBM meningkat. Beban yang berat membuat motor harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk melaju. Hal ini tentu saja akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan boros BBM.

Solusinya: Usahakan membawa beban tidak lebih dari 120 kg, sudah termasuk berat pengendara dan penumpang. Hindari membawa barang berlebihan yang tidak terpakai.

5. Motor Kotor: Sarang Debu dan Kerak

Kebersihan motor ternyata juga ada kaitannya dengan efisiensi penggunaan bahan bakar. Motor yang jarang dibersihkan akan menimbulkan kerak pada bagian as roda, kampas rem, dan komponen lainnya. Debu dan kotoran yang menempel dapat membuat laju motor menjadi lebih berat, sehingga memerlukan tenaga dan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak.

Solusinya: Jaga kebersihan motor dengan rajin mencucinya. Bersihkan juga bagian-bagian yang mudah kotor seperti as roda, kampas rem, dan karburator secara berkala.

6. Teknik Gas dan Rem yang Salah: Boros BBM dan Berbahaya

Memainkan gas secara berlebihan saat berkendara merupakan salah satu pemborosan bahan bakar. Selain itu, melakukan pengereman secara mendadak juga dapat membuat bahan bakar terbuang percuma.

Baca Juga :   Apakah Boleh Menaruh HP di Jok Motor?

Solusinya: Gunakan teknik gas dan rem yang halus dan terukur. Hindari menarik gas secara berlebihan dan lakukan pengereman secara perlahan.

7. Setelan Rem Terlalu Rapat: Seperti Ada yang Menahan

Setelan rem yang terlalu rapat dapat membuat kampas rem terus menempel pada piringan rem, sehingga laju motor menjadi lebih berat. Hal ini tentu saja akan menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan boros BBM.

Solusinya: Perbaiki setelan rem sesuai dengan spesifikasi motor. Pastikan kampas rem tidak terus menempel pada piringan rem saat tidak digunakan.

8. Pilot Jet Rusak: Si Biang Keladi Boros BBM

Pilot jet merupakan komponen karburator yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar sesuai dengan kecepatan mesin. Jika pilot jet rusak atau jebol, suplai bahan bakar menjadi tidak teratur dan berlebihan. Hal ini ditandai dengan adanya bau bensin pada gas buang yang dikeluarkan oleh knalpot.

Solusinya: Ganti pilot jet dengan yang baru dan pastikan pemasangannya dilakukan dengan benar.

9. Selang Bensin Bocor: Bensin yang Menetes

Selang bensin yang bocor atau retak dapat menyebabkan bensin terbuang sia-sia. Hal ini tentu saja akan membuat motor boros BBM.

Solusinya: Ganti selang bensin dengan yang baru. Sekalipun selang masih terlihat bagus, lebih baik diganti karena kerusakan dapat terjadi lagi dalam waktu singkat.

Perlu diingat bahwa selang bensin yang bocor juga dapat membahayakan keselamatan pengendara karena berpotensi menimbulkan kebakaran.

10. Busi Tak Layak Pakai: Api yang Lemah

Busi merupakan komponen penting dalam sistem pengapian yang berperan dalam proses pembakaran bahan bakar. Jika busi sudah tua atau kotor, api yang dihasilkan menjadi lemah dan tidak sempurna. Hal ini menyebabkan proses pembakaran tidak optimal dan boros BBM.

Baca Juga :   Memahami Keistimewaan dan Pentingnya Tanda Merah pada Motor Vario

Solusinya: Ganti busi dengan yang baru atau bersihkan busi dari kerak yang menempel jika kondisinya masih layak pakai.

11. Air Filter Kotor: Udara yang Terhambat

Air filter yang kotor dapat menghambat aliran udara yang masuk ke dalam mesin. Hal ini menyebabkan proses pembakaran tidak sempurna dan boros BBM.

Solusinya: Bersihkan air filter secara berkala. Jika air filter sudah rusak, segera ganti dengan yang baru.

12. Karburator Bermasalah: Campuran Bensin yang Tidak Pas

Karburator bertugas mencampur udara dan bensin dengan perbandingan yang tepat. Jika karburator bermasalah, campuran udara dan bensin menjadi tidak pas dan boros BBM.

Solusinya: Bersihkan karburator secara berkala atau bawa ke bengkel untuk disetel ulang.

13. Oli Mesin Kotor: Mesin yang Menggeram

Oli mesin yang kotor dan kental dapat membuat mesin motor bekerja lebih keras dan boros BBM.

Solusinya: Ganti oli mesin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Gunakan oli mesin yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi motor.

14. Motor Tua: Usia yang Tak Bisa Dipungkiri

Seiring dengan usia, performa motor akan menurun dan menjadi lebih boros BBM. Hal ini disebabkan oleh keausan pada komponen-komponen mesin.

Solusinya: Jika motor sudah tua dan sering mengalami masalah, pertimbangkan untuk menggantinya dengan yang baru.

Motor Boros BBM

Tips Tambahan untuk Menghemat BBM Motor:

  • Gunakan teknik berkendara yang hemat: Hindari menarik gas secara berlebihan dan lakukan pengereman secara perlahan.
  • Gunakan ban dengan tekanan angin yang ideal: Ban yang kempes dapat membuat tarikan motor lebih berat dan boros BBM.
  • Hindari membawa beban berlebih: Beban yang berat dapat membuat motor harus mengeluarkan tenaga ekstra dan boros BBM.
  • Matikan mesin saat berhenti: Mematikan mesin saat berhenti sejenak dapat menghemat BBM.
  • Rutin servis motor: Servis motor secara berkala dapat membantu menjaga performa mesin dan menghemat BBM.

Kesimpulan

Motor boros BBM dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dengan mengetahui penyebabnya dan melakukan langkah-langkah pencegahan, kamu dapat menghemat BBM dan membuat motor kesayanganmu lebih hemat dan ramah lingkungan.

Ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan dan kondisi motor dengan baik. Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat merasakan kenyamanan berkendara dengan hemat bahan bakar dan dompet yang lebih tebal!

Demikianlah artikel tentang Motor Boros BBM?, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar