back to top
Senin, Juli 15, 2024
BerandaTIPS & TRICKKode Kedip MIL: Cara Mengidentifikasi Masalah pada Motor Honda Beat FI

Kode Kedip MIL: Cara Mengidentifikasi Masalah pada Motor Honda Beat FI

Cara Mengidentifikasi Masalah pada Motor Honda Beat FI

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Halo, kalian! Apakah kalian memiliki motor Honda Beat FI? Jika ya, maka kalian harus tahu tentang kode kedip MIL. MIL adalah singkatan dari Malfunction Indicator Lamp, yaitu lampu indikator yang berada di panel instrumen motor. Lampu ini berfungsi untuk memberitahu kalian jika ada masalah pada sistem injeksi motor. Lampu ini akan menyala atau berkedip dengan pola tertentu, yang disebut sebagai kode kedip MIL. Yuk, kita pelajari lebih lanjut tentang kode kedip MIL dan cara mengidentifikasi masalah pada motor Honda Beat FI!

Cara Mengidentifikasi Masalah pada Motor Honda Beat FI

Apa Itu Kode Kedip MIL?

Kode kedip MIL adalah pola kedipan yang ditampilkan oleh lampu MIL saat ada masalah pada sistem injeksi motor. Kode kedip MIL terdiri dari dua angka, yaitu angka pertama dan angka kedua. Angka pertama menunjukkan jumlah kedipan jangka panjang, yaitu kedipan yang berlangsung selama 1,3 detik. Angka kedua menunjukkan jumlah kedipan jangka pendek, yaitu kedipan yang berlangsung selama 0,2 detik. Antara kedipan jangka panjang dan jangka pendek, ada jeda selama 0,2 detik. Antara kedipan angka pertama dan angka kedua, ada jeda selama 1,3 detik. Antara kedipan satu kode dengan kode lainnya, ada jeda selama 2,3 detik.

Contoh kode kedip MIL adalah 1-1, 1-2, 1-3, dan seterusnya. Kode 1-1 berarti lampu MIL menyala selama 1,3 detik, lalu mati selama 0,2 detik, lalu menyala lagi selama 1,3 detik, lalu mati selama 0,2 detik, lalu menyala lagi selama 0,2 detik, lalu mati selama 1,3 detik, lalu berulang lagi. Kode 1-2 berarti lampu MIL menyala selama 1,3 detik, lalu mati selama 0,2 detik, lalu menyala lagi selama 1,3 detik, lalu mati selama 0,2 detik, lalu menyala lagi selama 0,2 detik, lalu mati selama 0,2 detik, lalu menyala lagi selama 0,2 detik, lalu mati selama 1,3 detik, lalu berulang lagi. Dan seterusnya.

Baca Juga :   Berapa Biaya Servis ECU Motor Injeksi? Ini Jawabannya!

Apa Arti Kode Kedip MIL?

Kode kedip MIL memiliki arti yang berbeda-beda, tergantung dari angka pertama dan angka kedua. Setiap kode kedip MIL menunjukkan jenis masalah yang terjadi pada sistem injeksi motor. Berikut ini adalah daftar kode kedip MIL dan artinya:

KodeArti
1-1Tidak ada masalah
1-2Masalah pada sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
1-3Masalah pada sensor TPS (Throttle Position Sensor)
1-4Masalah pada sensor CKP (Crankshaft Position Sensor)
1-5Masalah pada sensor O2 (Oxygen Sensor)
1-6Masalah pada sensor ECT (Engine Coolant Temperature)
1-7Masalah pada sensor IAT (Intake Air Temperature)
1-8Masalah pada sensor VSS (Vehicle Speed Sensor)
1-9Masalah pada sensor IACV (Idle Air Control Valve)
2-1Masalah pada injektor
2-2Masalah pada pompa bensin
2-3Masalah pada sistem pengapian

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah pada Motor Honda Beat FI?

Cara Mengidentifikasi Masalah pada Motor Honda Beat FI

Jika kalian menemukan kode kedip MIL yang menunjukkan adanya masalah pada sistem injeksi motor, kalian harus segera mengatasi masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kalian lakukan:

  • Memeriksa dan membersihkan komponen yang bermasalah, seperti sensor, injektor, pompa bensin, atau busi. Kalian bisa memeriksa dan membersihkan komponen tersebut dengan menggunakan alat-alat yang sesuai, atau membawanya ke bengkel terdekat.
  • Memeriksa dan mengganti komponen yang rusak atau aus, seperti sensor, injektor, pompa bensin, atau busi. Kalian bisa memeriksa dan mengganti komponen tersebut dengan menggunakan alat-alat yang sesuai, atau membawanya ke bengkel terdekat.
  • Memeriksa dan mengisi bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor. Kalian harus menggunakan bahan bakar yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi motor, yaitu bensin RON 92 atau lebih. Kalian juga harus mengisi bahan bakar secara rutin, dan tidak sampai habis atau kosong.
Baca Juga :   Honda Genio 2022 Makin Terlihat Menawan Dengan Ban Makin Lebar

Kesimpulan

Kode kedip MIL adalah cara untuk mengidentifikasi masalah pada sistem injeksi motor Honda Beat FI. Kode kedip MIL terdiri dari dua angka, yaitu angka pertama dan angka kedua, yang menunjukkan jenis masalah yang terjadi. Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa memeriksa dan membersihkan, memeriksa dan mengganti, atau memeriksa dan mengisi bahan bakar yang sesuai dengan komponen yang bermasalah.

Demikianlah artikel tentang Cara Mengidentifikasi Masalah pada Motor Honda Beat FI, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

admin
adminhttps://aufaproject46.com/
Media Online Otomotif dan modifikasi motor
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular

Recent Comments