Daftar Merek dan Harga Oli Mesin Nmax Terbaru dan Terbaik

admin

Daftar Merek dan Harga Oli Mesin Nmax Terbaru dan Terbaik

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Halo, kalian! Apakah kalian salah satu penggemar motor matic Yamaha Nmax? Motor yang satu ini memang banyak diminati oleh para pecinta otomotif, karena memiliki desain yang elegan, performa yang tangguh, dan fitur yang canggih. Tidak heran, jika motor ini menjadi salah satu motor terlaris di Indonesia.

Namun, tahukah kalian bahwa untuk menjaga kualitas dan keawetan motor kalian, kalian harus rutin mengganti oli mesinnya? Oli mesin adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk melumasi dan mendinginkan mesin motor kalian, sehingga bisa bekerja dengan optimal dan efisien. Jika kalian tidak mengganti oli mesin secara berkala, mesin motor kalian bisa mengalami kerusakan atau keausan.

Lalu, bagaimana cara memilih oli mesin yang tepat untuk motor Nmax kalian? Apa saja merek dan harga oli mesin Nmax yang terbaru dan terbaik? Di artikel ini, saya akan memberikan beberapa tips dan informasi yang bisa kalian gunakan untuk memilih oli mesin yang sesuai dengan motor Nmax kalian. Yuk, simak sampai selesai!

Harga Oli Mesin Nmax

Apa saja manfaat dari mengganti oli mesin secara berkala?

Mengganti oli mesin secara berkala adalah salah satu cara untuk merawat motor kalian agar tetap dalam kondisi yang baik. Ada beberapa manfaat dari mengganti oli mesin secara berkala, antara lain:

  • Menjaga performa mesin. Oli mesin berfungsi untuk melumasi bagian-bagian mesin yang saling bergesekan, sehingga bisa mengurangi gesekan, panas, dan aus. Dengan mengganti oli mesin secara berkala, kalian bisa menjaga kekentalan dan kebersihan oli mesin, sehingga bisa memberikan pelumasan yang optimal dan mencegah kerusakan mesin.
  • Meningkatkan efisiensi bahan bakar. Oli mesin juga berfungsi untuk mendinginkan mesin, sehingga bisa mengurangi suhu dan tekanan mesin. Dengan mengganti oli mesin secara berkala, kalian bisa menjaga suhu dan tekanan mesin yang ideal, sehingga bisa menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang.
  • Memperpanjang umur mesin. Oli mesin juga berfungsi untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada mesin, seperti debu, karbon, atau logam. Dengan mengganti oli mesin secara berkala, kalian bisa menghilangkan kotoran-kotoran tersebut, sehingga bisa mencegah korosi, karat, atau sumbatan pada mesin.

Itulah beberapa manfaat dari mengganti oli mesin secara berkala. Kalian bisa mengganti oli mesin sesuai dengan rekomendasi pabrikan, yaitu setiap 3.000 km atau 3 bulan, tergantung mana yang lebih dulu. Kalian juga bisa memilih oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan motor kalian, seperti viskositas, jenis, dan kualitas oli mesin.

Oli Yang Bagus Untuk Nmax

Bagaimana cara memilih oli mesin yang sesuai untuk motor Nmax?

Untuk memilih oli mesin yang sesuai untuk motor Nmax, kalian bisa mengikuti beberapa tips berikut ini:

  • Pertama, kalian harus memperhatikan viskositas oli mesin, yaitu ukuran dari kekentalan atau keenceran oli mesin. Viskositas oli mesin biasanya ditulis dengan angka dan huruf, seperti 10W-40, 15W-50, atau 20W-60. Angka sebelum huruf W menunjukkan viskositas oli mesin pada suhu dingin, sedangkan angka setelah huruf W menunjukkan viskositas oli mesin pada suhu panas. Semakin besar angkanya, semakin kental oli mesinnya. Kalian harus memilih viskositas oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor kalian, agar mesin motor kalian bisa bekerja dengan baik di berbagai kondisi suhu. Untuk motor Nmax, viskositas oli mesin yang disarankan adalah 10W-40.
  • Kedua, kalian harus memperhatikan jenis oli mesin, yaitu klasifikasi dari bahan dasar atau komposisi oli mesin. Jenis oli mesin ada tiga, yaitu mineral, semi sintetis, dan sintetis. Mineral adalah oli mesin yang berasal dari minyak bumi yang diolah secara sederhana, sehingga memiliki harga yang murah, tapi kualitas yang rendah. Semi sintetis adalah oli mesin yang berasal dari campuran minyak bumi dan bahan kimia sintetis, sehingga memiliki harga yang sedang, tapi kualitas yang cukup baik. Sintetis adalah oli mesin yang berasal dari bahan kimia sintetis yang diolah secara canggih, sehingga memiliki harga yang mahal, tapi kualitas yang sangat baik. Kalian harus memilih jenis oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kalian. Untuk motor Nmax, jenis oli mesin yang disarankan adalah semi sintetis atau sintetis.
  • Ketiga, kalian harus memperhatikan kualitas oli mesin, yaitu tingkat dari kemampuan oli mesin untuk melumasi dan mendinginkan mesin motor kalian. Kualitas oli mesin biasanya ditunjukkan dengan kode API (American Petroleum Institute) atau JASO (Japanese Automotive Standards Organization), yang tertera pada kemasan oli mesin. Kode API menunjukkan kualitas oli mesin untuk mesin bensin atau diesel, sedangkan kode JASO menunjukkan kualitas oli mesin untuk mesin sepeda motor. Kode API biasanya ditulis dengan huruf S atau C, diikuti dengan huruf lain, seperti SA, SB, SC, atau CD. Huruf S menunjukkan oli mesin untuk mesin bensin, sedangkan huruf C menunjukkan oli mesin untuk mesin diesel. Semakin tinggi huruf yang mengikuti, semakin baik kualitas oli mesinnya. Kode JASO biasanya ditulis dengan huruf MA atau MB, diikuti dengan angka, seperti MA, MA1, MA2, atau MB. Huruf MA menunjukkan oli mesin untuk mesin kopling basah, sedangkan huruf MB menunjukkan oli mesin untuk mesin kopling kering. Semakin tinggi angka yang mengikuti, semakin baik kualitas oli mesinnya. Kalian harus memilih kualitas oli mesin yang sesuai dengan standar pabrikan motor kalian, agar mesin motor kalian bisa bekerja dengan maksimal dan awet. Untuk motor Nmax, kualitas oli mesin yang disarankan adalah API SL atau lebih tinggi, dan JASO MA2.
Baca Juga :   Solusi Terbaik untuk Mengatasi Bunyi Nging pada Motor Injeksi

Itulah beberapa tips memilih oli mesin yang sesuai untuk motor Nmax.

Harga Oli Mesin Nmax

Tips Memilih Oli Mesin Nmax yang Tepat

Memilih oli mesin Nmax yang tepat adalah hal yang sangat penting untuk kesehatan dan kenyamanan motor kalian. Kalian tidak bisa sembarangan memilih oli mesin, karena setiap motor memiliki spesifikasi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Kalian harus memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum membeli oli mesin untuk motor Nmax kalian:

  • Viskositas oli mesin. Viskositas oli mesin adalah ukuran dari kekentalan atau keenceran oli mesin. Viskositas oli mesin biasanya ditulis dengan angka dan huruf, seperti 10W-40, 15W-50, atau 20W-60. Angka sebelum huruf W menunjukkan viskositas oli mesin pada suhu dingin, sedangkan angka setelah huruf W menunjukkan viskositas oli mesin pada suhu panas. Semakin besar angkanya, semakin kental oli mesinnya. Kalian harus memilih viskositas oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan motor kalian, agar mesin motor kalian bisa bekerja dengan baik di berbagai kondisi suhu. Untuk motor Nmax, viskositas oli mesin yang disarankan adalah 10W-40.
  • Jenis oli mesin. Jenis oli mesin adalah klasifikasi dari bahan dasar atau komposisi oli mesin. Jenis oli mesin ada tiga, yaitu mineral, semi sintetis, dan sintetis. Mineral adalah oli mesin yang berasal dari minyak bumi yang diolah secara sederhana, sehingga memiliki harga yang murah, tapi kualitas yang rendah. Semi sintetis adalah oli mesin yang berasal dari campuran minyak bumi dan bahan kimia sintetis, sehingga memiliki harga yang sedang, tapi kualitas yang cukup baik. Sintetis adalah oli mesin yang berasal dari bahan kimia sintetis yang diolah secara canggih, sehingga memiliki harga yang mahal, tapi kualitas yang sangat baik. Kalian harus memilih jenis oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kalian. Untuk motor Nmax, jenis oli mesin yang disarankan adalah semi sintetis atau sintetis.
  • Kualitas oli mesin. Kualitas oli mesin adalah tingkat dari kemampuan oli mesin untuk melumasi dan mendinginkan mesin motor kalian. Kualitas oli mesin biasanya ditunjukkan dengan kode API (American Petroleum Institute) atau JASO (Japanese Automotive Standards Organization), yang tertera pada kemasan oli mesin. Kode API menunjukkan kualitas oli mesin untuk mesin bensin atau diesel, sedangkan kode JASO menunjukkan kualitas oli mesin untuk mesin sepeda motor. Kode API biasanya ditulis dengan huruf S atau C, diikuti dengan huruf lain, seperti SA, SB, SC, atau CD. Huruf S menunjukkan oli mesin untuk mesin bensin, sedangkan huruf C menunjukkan oli mesin untuk mesin diesel. Semakin tinggi huruf yang mengikuti, semakin baik kualitas oli mesinnya. Kode JASO biasanya ditulis dengan huruf MA atau MB, diikuti dengan angka, seperti MA, MA1, MA2, atau MB. Huruf MA menunjukkan oli mesin untuk mesin kopling basah, sedangkan huruf MB menunjukkan oli mesin untuk mesin kopling kering. Semakin tinggi angka yang mengikuti, semakin baik kualitas oli mesinnya. Kalian harus memilih kualitas oli mesin yang sesuai dengan standar pabrikan motor kalian, agar mesin motor kalian bisa bekerja dengan maksimal dan awet. Untuk motor Nmax, kualitas oli mesin yang disarankan adalah API SL atau lebih tinggi, dan JASO MA2.
Baca Juga :   Penyebab Busi Motor Selalu Basah Dan Solusinya

Harga Oli Mesin Nmax

Daftar Merek dan Harga Oli Mesin Nmax Terbaru dan Terbaik

Setelah kalian mengetahui tips memilih oli mesin Nmax yang tepat, kalian pasti penasaran dengan merek dan harga oli mesin Nmax yang terbaru dan terbaik. Berikut ini adalah daftar merek dan harga oli mesin Nmax yang bisa kalian jadikan referensi:

  • Yamalube. Yamalube adalah merek oli mesin resmi dari Yamaha, yang merupakan pabrikan motor Nmax. Yamalube memiliki kualitas yang sangat baik, karena dibuat khusus untuk mesin Yamaha, sehingga bisa memberikan performa dan perlindungan yang optimal. Yamalube memiliki beberapa varian oli mesin, seperti Yamalube Sporty Premium 10W-40, Yamalube All Performance 10W-40, Yamalube Scooter Matic Premium 10W-40, dan Yamalube Scooter Matic Semi Synthetic 10W-40. Harga oli mesin Yamalube berkisar antara 25 ribu hingga 60 ribu rupiah per liter.
  • Motul. Motul adalah merek oli mesin yang berasal dari Prancis, yang sudah terkenal di dunia otomotif. Motul memiliki kualitas yang sangat baik, karena dibuat dari bahan sintetis yang berkualitas tinggi, sehingga bisa memberikan performa dan perlindungan yang maksimal. Motul memiliki beberapa varian oli mesin, seperti Motul Scooter Power LE 5W-40, Motul Scooter Expert 10W-40, Motul Scooter LE 10W-30, dan Motul 300V Factory Line 10W-40. Harga oli mesin Motul berkisar antara 50 ribu hingga 200 ribu rupiah per liter.
  • Shell. Shell adalah merek oli mesin yang berasal dari Belanda, yang sudah terkenal di dunia otomotif. Shell memiliki kualitas yang sangat baik, karena dibuat dari bahan sintetis yang berkualitas tinggi, sehingga bisa memberikan performa dan perlindungan yang maksimal. Shell memiliki beberapa varian oli mesin, seperti Shell Advance Ultra 10W-40, Shell Advance AX7 10W-40, Shell Advance AX5 15W-40, dan Shell Advance AX3 20W-40. Harga oli mesin Shell berkisar antara 30 ribu hingga 100 ribu rupiah per liter.
  • Castrol. Castrol adalah merek oli mesin yang berasal dari Inggris, yang sudah terkenal di dunia otomotif. Castrol memiliki kualitas yang sangat baik, karena dibuat dari bahan sintetis yang berkualitas tinggi, sehingga bisa memberikan performa dan perlindungan yang maksimal. Castrol memiliki beberapa varian oli mesin, seperti Castrol Power 1 Racing 10W-40, Castrol Power 1 Scooter 10W-40, Castrol Power 1 15W-40, dan Castrol Activ 20W-40. Harga oli mesin Castrol berkisar antara 30 ribu hingga 100 ribu rupiah per liter.
  • Repsol. Repsol adalah merek oli mesin yang berasal dari Spanyol, yang sudah terkenal di dunia otomotif. Repsol memiliki kualitas yang sangat baik, karena dibuat dari bahan sintetis yang berkualitas tinggi, sehingga bisa memberikan performa dan perlindungan yang maksimal. Repsol memiliki beberapa varian oli mesin, seperti Repsol Moto Racing 10W-40, Repsol Moto Sintetico 10W-40, Repsol Moto Sport 15W-50, dan Repsol Moto Rider 20W-50. Harga oli mesin Repsol berkisar antara 40 ribu hingga 150 ribu rupiah per liter.
Baca Juga :   Inidia Komponen Motor yang Wajib Dirawat

Bagaimana cara merawat motor Nmax agar awet dan tahan lama?

Motor Nmax adalah salah satu motor yang memiliki kualitas dan performa yang baik, tapi itu tidak berarti kalian bisa mengabaikan perawatannya. Kalian harus rutin merawat motor Nmax kalian agar awet dan tahan lama, sehingga kalian bisa menikmati kenyamanan dan keamanan berkendara dengan motor kalian. Berikut ini adalah beberapa tips merawat motor Nmax yang bisa kalian lakukan:

  • Ganti oli mesin secara berkala. Oli mesin adalah salah satu komponen yang sangat penting untuk melumasi dan mendinginkan mesin motor kalian, sehingga bisa bekerja dengan optimal dan efisien. Kalian harus mengganti oli mesin secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrikan, yaitu setiap 3.000 km atau 3 bulan, tergantung mana yang lebih dulu. Kalian juga harus memilih oli mesin yang sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan motor kalian, seperti viskositas, jenis, dan kualitas oli mesin. Kalian bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang daftar merek dan harga oli mesin Nmax yang terbaru dan terbaik untuk referensi kalian.
  • Periksa tekanan angin ban secara rutin. Tekanan angin ban adalah salah satu faktor yang mempengaruhi keseimbangan, stabilitas, dan keamanan berkendara dengan motor kalian. Kalian harus memeriksa tekanan angin ban secara rutin, setidaknya seminggu sekali, dan menyesuaikannya dengan kondisi jalan dan beban yang kalian bawa. Kalian juga harus memilih ban yang sesuai dengan ukuran dan jenis motor kalian, dan menggantinya jika sudah aus atau bocor. Kalian bisa membaca artikel saya sebelumnya tentang daftar merek dan harga ban Nmax yang terbaru dan terbaik untuk referensi kalian.
  • Bersihkan vantbel dan CVT secara teratur. vantbel dan CVT adalah komponen yang berfungsi untuk menghubungkan mesin dengan roda belakang motor kalian, sehingga bisa menghasilkan tenaga dan kecepatan yang kalian inginkan. Kalian harus membersihkan V-bely dan area cvt secara teratur, setidaknya sebulan sekali, dan melumasi bagian cvt dengan pelumas yang sesuai, seperti grease atau oli. Kalian juga harus memeriksa kualitas vanbelt, dan menyesuaikannya jika terlalu kencang atau terlalu kendor. Kalian juga harus mengganti vanbelt jika sudah aus atau rusak.
  • Lakukan servis berkala di bengkel resmi. Servis berkala adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kinerja motor kalian, karena kalian bisa mendapatkan pemeriksaan dan perbaikan yang profesional dan berkualitas dari mekanik yang ahli dan berpengalaman. Kalian harus melakukan servis berkala di bengkel resmi Yamaha, yang sudah terjamin keaslian dan ketersediaan suku cadangnya. Kalian harus melakukan servis berkala sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrikan, yaitu setiap 6.000 km atau 6 bulan, tergantung mana yang lebih dulu. Kalian juga bisa mendapatkan berbagai layanan tambahan yang bisa kalian nikmati, seperti layanan darurat 24 jam, layanan derek gratis, layanan antar jemput, layanan klaim cepat, hingga layanan konsultasi hukum.

Itulah beberapa tips merawat motor Nmax yang bisa kalian lakukan agar awet dan tahan lama. Dengan merawat motor Nmax kalian dengan baik, kalian bisa menghemat biaya perawatan dan perbaikan, mencegah kerusakan atau kecelakaan, dan meningkatkan nilai jual motor kalian.

Kesimpulan

Itulah daftar merek dan harga oli mesin Nmax yang terbaru dan terbaik yang bisa kalian jadikan referensi. Dengan menggunakan oli mesin yang tepat untuk motor Nmax kalian, kalian bisa menjaga kualitas dan keawetan mesin motor kalian, sehingga bisa memberikan performa yang optimal dan efisien. Kalian juga bisa menghemat biaya perawatan dan perbaikan mesin motor kalian, karena oli mesin yang baik bisa mencegah kerusakan atau keausan mesin.

Demikianlah artikel tentang Daftar Merek dan Harga Oli Mesin Nmax, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!😊

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar