Mau Beli New Honda Genio? Perhatikan 6 Hal Penting Berikut

Mau Beli New Honda Genio? Perhatikan 6 Hal Penting Berikut

Mau Beli New Honda Genio? Perhatikan 6 Hal Penting Berikut

Aufaproject46.com – Di awal tahun 2022, PT Astra Honda Motor (AHM) mencoba mendongkrak penjualan skutik entry-levelnya, Genio. Maklum, sejak rilis 2019, pamornya memang kurang begitu terasa dibanding seri Honda Beat atau Honda Scoopy.

Yang diapresiasi adalah ubahan yang dilakukan AHM, biasanya mereka baru memperkenalkan pilihan warna baru saat usia produknya kurang dari 4 tahun. Namun ceritanya berbeda di Genio, dan meski tetap mempertahankan visual yang sama, modifikasi yang dilakukan membuat motor ini menarik.

Sekarang, jika Anda berencana untuk membeli, kami akan membahas 6 hal penting yang perlu diketahui tentang Genio 2022. Hal ini bisa menjadi masukan dan pertimbangan sebelum benar-benar memilih skutik bergaya besutan Honda ini.

1. Modifikasi kaki agar terlihat seperti Scoopy

Mau Beli New Honda Genio? Perhatikan 6 Hal Penting Berikut

Perubahan terbesar pada New Honda Genio ada di bagian kaki-kaki. Sekarang dia menggunakan velg Scoopy 12 inci lama. Alhasil, penampilan Genio semakin buruk dibandingkan versi sebelumnya.

Profil ban secara otomatis disesuaikan saat roda berdiameter lebih kecil tetapi lebih besar diterapkan. Genio terbaru kini menggunakan ban depan 100/90 dan ban belakang 110/90. Kontur lingkar rodanya pun sama dengan saudaranya, Honda Scoopy.

Perhatikan juga bahwa karena menggunakan velg 12 inci dengan tapak sedikit lebih lebar, teknisi Honda menggunakan komponen segitiga lebar. Tujuannya tentu saja agar terbiasa dengan pergerakan dan penggunaan velg baru.

2. Peningkatan fungsi

Mau Beli New Honda Genio? Perhatikan 6 Hal Penting Berikut

Salah satu peningkatan pada Genio 2022 adalah reposisi soket listrik. Pada versi sebelumnya banyak komplain akibat penempatan yang kurang optimal. Bayangkan saja lokasi ini berada di bawah bagasi, dan saat smartphone sedang diisi daya saat dimatikan, panas yang dihasilkan bisa berbahaya.

Dudukan pengisi daya sekarang berada di dek kanan dengan slot penyimpanan tertutup. Meski begitu, ruang penyimpanan terbuka di sisi kanan harus dikorbankan.

3. Gaya berkendara yang ergonomis

Mau Beli New Honda Genio? Perhatikan 6 Hal Penting Berikut

Ganti velg dari sebelumnya 14 inci menjadi 12 inci, banyak orang akan bertanya apakah tempat parkir akan lebih pendek? Kami sudah membuktikannya, dan posisi berkendara di Genio terbaru pun terasa sama.

Ini berkat penggunaan profil ban yang diusung Genio. Teknisi Honda lebih lanjut menjelaskan bahwa suspensi belakang juga telah mengalami perubahan besar, meskipun kecil.

Untuk posisi di atas 170cm, jelas tidak ada masalah duduk di kursi Genio, tetapi bagi mereka yang di bawah 160cm, tidak ada rasa takut juga. Sebagai referensi, ketinggian kursi Genio telah meningkat sekitar 4mm, dari 740mm menjadi 744mm.

4. Hemat bahan bakar

Soal mesin, Genio masih menggunakan mesin yang sama. Ia dibekali mesin 109,5 cc SOHC. Ini menjanjikan hingga 6,6 kW atau 8,85 tenaga kuda pada 7.500 rpm dan torsi puncak 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Sementara rasio campuran kompresi masih 10,0:1, diameter dan bore x travel clearance adalah 47,0 x 63,1 mm. Kapasitas ganti oli biasa masih hanya 0,65 liter.

Menurut pengujian yang dilakukan oleh beberapa nara sumber, Genio 2022 memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik. Menggunakan metode full-to-full, angkanya adalah 51 kilometer per liter, dengan campuran mode mengemudi: kadang-kadang overspeed, lambat, dan bahkan dengan panduan mengemudi ECO diterapkan.

Hasil tersebut jauh dari klaim AHM yang 59,1 kilometer per liter untuk Genio. Oh ya, dia juga memasang volume tangki bahan bakar 4,2 liter.

5. Helm tidak bisa disimpan di bagasi

Mau Beli New Honda Genio? Perhatikan 6 Hal Penting Berikut

Karena diklaim sebagai motor komuter, Honda Genio tergolong memiliki akomodasi yang handal. Slot penyimpanan di sebelah kiri sangat dalam, namun sayangnya slot penyimpanan di sebelah kanan kecil karena soket listriknya kecil.

Bagasi utama masih memiliki volume 14 liter, tapi sayangnya tidak bisa dipasang helm. Tapi pastikan untuk memakai jaket, jas hujan, sepatu, dan sarung tangan secara bersamaan. Jangan lupa pengait dan pijakan kaki rata di dek depan, di mana Anda masih bisa membawa barang bawaan Anda.

6. Harga Honda Genio Naik Lagi

Mau Beli New Honda Genio? Perhatikan 6 Hal Penting Berikut

Saat diluncurkan, Honda Genio terbaru hanya dibandrol sekitar Rp18,05 juta (CBS) dan Rp 18.650 (CBS-ISS).

Namun kini, tak lama setelah tanggal rilis, harga Genio terbaru sudah naik. Naiknya pun hanya dikisaran Rp 55.000 untk type CBS dan Rp 185.000 untuk varian yan CBS-ISS.

PerApril 2022, pantauan kami di situs resmi AHM dibanderol Rp 18,53 juta untuk varian CBS dan Rp 19,125 juta untuk CBS-ISS.

Itulah masbro pembahasan seputar Motor New Honda Genio,

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/