Komponen Filter Dalam Motor Yang Harus Dirawat

admin

Komponen Filter Dalam Motor Yang Harus Dirawat

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Perawatan harian kendaraan yang tidak boleh dilewatkan, salah satunya adalah pemeriksaan ruang mesin. Ya, terkadang lebih dikenal dengan istilah tuning.

Mengapa ini penting? Hal ini dikarenakan mesin sepeda motor sangat rentan terhadap kotoran atau debu yang dapat masuk ke bagian dalam mesin.

Oleh karena itu, pabrikan memberikan tindakan perlindungan seperti filter untuk meminimalkan ancaman dari setiap elemen eksternal mesin.

Unsur luar yang dibutuhkan mesin ini adalah bensin, bahan bakar, udara dan oli, ketiganya merupakan input utama pada mesin sepeda motor.

Mereka masing-masing memiliki filter kotoran, dan Anda juga ingin merawatnya. Oke, jadi dalam artikel ini dalam kaitannya dengan elemen eksternal yang merupakan media masuknya kotoran, debu, atau residu ke dalam mesin.

Berikut ini adalah beberapa komponen filter dalam motor yang mesti dirawat dengan baik:

Filter Dalam Motor

1. Filter Udara

Filter Dalam Motor

Filter udara pada motor bertanggung jawab untuk menyaring udara yang masuk pada mesin motor. Filter udara yang kotor akan menyebabkan kinerja mesin kurang maksimal. Oleh karena itu, filter udara harus dibersihkan atau diganti secara berkala sesuai dengan petunjuk pada buku manual.

2. Filter Oli

Filter oli pada motor berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli. Filter oli yang kotor atau tersumbat dapat mengurangi performa mesin motor. Agar filter oli tetap berfungsi dengan baik, sebaiknya dilakukan pergantian filter oli secara berkala sesuai dengan petunjuk pada buku manual.

3. Filter Bahan Bakar

Filter Dalam Motor

Filter bahan bakar pada motor bertujuan untuk menyaring kotoran atau partikel-partikel kecil pada bahan bakar sebelum masuk ke mesin motor. Jika filter bahan bakar tidak berfungsi dengan baik, maka mesin motor dapat mengalami masalah seperti daya motor yang menurun. Oleh karena itu, filter bahan bakar harus diperiksa secara berkala sesuai dengan petunjuk pada buku manual.

Baca Juga :   Cara merawat Shock Motor Agar Awet

4. Filter Transmisi

Filter transmisi pada motor berfungsi untuk menyaring kotoran atau partikel-partikel kecil pada oli transmisi sebelum masuk ke dalam mesin motor. Jika filter transmisi tidak diganti secara berkala, maka kelancaran perpindahan gigi pada motor dapat terganggu.

Dengan memperhatikan dan merawat komponen filter dalam motor secara baik dan berkala, maka kinerja mesin motor akan terjaga dan motor akan tetap awet serta tahan lama.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar