Ketahui Tiga Jenis Oli Mesin Asli AHM dan Perbedaannya

admin

Ketahui Tiga Jenis Oli Mesin Asli AHM dan Perbedaannya

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Oli mesin adalah komponen penting dalam menjaga performa mesin kendaraan agar tetap optimal. Setiap jenis kendaraan memiliki kebutuhan oli mesin yang berbeda-beda. Salah satu merek oli mesin terkenal di Indonesia adalah AHM (Astra Honda Motor). AHM menyediakan tiga jenis oli mesin asli yang dapat digunakan untuk berbagai jenis kendaraan. Artikel ini akan membahas tiga jenis oli mesin asli AHM dan perbedaannya.

Jenis Oli Mesin AHM

Jenis Oli Mesin Asli AHM

1. Oli Mesin AHM 10W-30

Oli mesin AHM 10W-30 merupakan jenis oli mesin yang paling umum digunakan. Oli ini cocok untuk kendaraan sehari-hari seperti motor bebek, skuter matik, dan motor sport dengan kapasitas mesin hingga 150cc. Oli AHM 10W-30 memiliki viskositas yang cukup rendah pada suhu dingin, sehingga memudahkan mesin untuk beroperasi saat start awal. Selain itu, oli ini juga memiliki kemampuan melumasi yang baik pada suhu tinggi, sehingga dapat menjaga mesin tetap bekerja optimal dalam kondisi panas.

Kelebihan lain dari oli mesin AHM 10W-30 adalah kemampuannya dalam membersihkan kotoran dan endapan pada mesin. Oli ini dilengkapi dengan aditif pembersih yang dapat menghilangkan kotoran dan endapan yang terbentuk akibat pembakaran bahan bakar. Dengan menggunakan oli AHM 10W-30 secara teratur, Anda dapat menjaga mesin kendaraan tetap bersih dan bebas dari kerusakan yang disebabkan oleh kotoran.

Baca Juga :   Panduan Lengkap Memilih dan Menggunakan Oli Mesin AHM untuk Motor Matic

2. Oli Mesin AHM 10W-40

Oli mesin AHM 10W-40 adalah jenis oli mesin yang lebih cocok untuk kendaraan dengan kapasitas mesin di atas 150cc. Oli ini cocok digunakan pada motor sport dengan kapasitas mesin besar, seperti Honda CBR150R dan Honda CB150R. Oli AHM 10W-40 memiliki viskositas yang lebih tinggi dibandingkan dengan oli AHM 10W-30. Hal ini membuat oli ini lebih cocok digunakan pada suhu lingkungan yang lebih panas.

Selain itu, oli mesin AHM 10W-40 juga memiliki kemampuan melumasi yang baik pada suhu tinggi. Oli ini dapat menjaga mesin tetap bekerja optimal bahkan dalam kondisi panas yang ekstrem. Kelebihan lain dari oli AHM 10W-40 adalah kemampuannya dalam mengurangi gesekan antar komponen mesin. Dengan mengurangi gesekan, oli ini dapat membantu memperpanjang umur mesin kendaraan dan mengurangi risiko kerusakan pada komponen mesin.

3. Oli Mesin AHM 20W-50

Oli mesin AHM 20W-50 adalah jenis oli mesin yang paling cocok untuk kendaraan dengan kapasitas mesin besar, seperti motor moge atau motor gede. Oli ini memiliki viskositas yang sangat tinggi, sehingga cocok digunakan pada suhu lingkungan yang lebih panas dan mesin dengan beban kerja yang berat. Oli AHM 20W-50 juga memiliki kemampuan melumasi yang baik pada suhu tinggi, sehingga dapat menjaga mesin tetap bekerja optimal dalam kondisi panas yang ekstrem.

Kelebihan lain dari oli mesin AHM 20W-50 adalah kemampuannya dalam mengurangi konsumsi oli. Oli ini memiliki sifat yang lebih kental, sehingga tidak mudah menguap dan mengurangi risiko kebocoran oli. Dengan menggunakan oli AHM 20W-50, Anda dapat menghemat penggunaan oli mesin dan menjaga mesin kendaraan tetap terlindungi dengan baik.

Baca Juga :   New Honda Vario 125 versi 2022, Berikut Sketsa New Vario 125 V4

Dalam memilih oli mesin asli AHM, pastikan untuk memperhatikan spesifikasi dan rekomendasi yang tertera pada manual kendaraan. Setiap jenis oli mesin memiliki karakteristik yang berbeda, dan penggunaannya harus disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Penting juga untuk mengganti oli secara teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh produsen kendaraan.

Dalam menjaga performa mesin kendaraan, penggunaan oli mesin asli AHM dapat menjadi pilihan yang tepat. Oli mesin AHM 10W-30, 10W-40, dan 20W-50 memiliki perbedaan viskositas dan kemampuan melumasi yang disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Dengan menggunakan oli mesin asli AHM, Anda dapat memastikan mesin kendaraan tetap bekerja optimal dan terlindungi dari kerusakan.

Jenis Oli Mesin Asli AHM

 

Perbedaan Utama Antara Jenis Oli

PerbedaanOli MineralOli Semi SyntheticOli Synthetic
Bahan DasarMinyak mentahCampuran mineral-sintetisSintetis
PerformaStandarMenengahTinggi
Umur PakaiPendekSedang-panjangPanjang
Stabilitas SuhuTerbatasStabilSangat Stabil
Cocok untuk KendaraanStandarBeragamPerforma Tinggi

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan dengan rinci tiga jenis oli mesin asli AHM dan perbedaannya. Memilih oli yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kendaraan Anda adalah langkah penting untuk menjaga performa dan umur panjang mesin. Jika Anda menginginkan harga yang terjangkau dengan performa yang cukup, oli mesin mineral bisa menjadi pilihan. Untuk kendaraan dengan performa menengah dan variasi kondisi berkendara, oli mesin semi synthetic dapat memberikan pelumasan yang lebih baik. Namun, jika Anda menginginkan yang terbaik untuk kendaraan performa tinggi, investasi dalam oli mesin synthetic adalah langkah yang bijak.

Pastikan untuk selalu mengacu pada panduan penggunaan yang diberikan oleh produsen kendaraan Anda untuk memastikan Anda memilih jenis oli yang sesuai. Dengan pemilihan oli yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa mesin kendaraan Anda tetap berjalan dengan baik dan tahan lama.

Baca Juga :   Proses Pemasangan Body Nmax Buatan Lent Automodified

Nah demikianlah pembahasan tentang  Tiga Jenis Oli Mesin Asli AHM, semoga artikel ini bermamfaat sekian dan terimakasih

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar