Ketahui Cara Merawat Motor Matic Agar Awet dan Nyaman Digunakan

Ketahui Cara Merawat Motor Matic Agar Awet dan Nyaman Digunakan

Ketahui Cara Merawat

Ketahui Cara Merawat Motor Matic Agar Awet dan Nyaman Digunakan. Aufaproject46.com hallo masbro yang budiman, Kendaraan yang dimiliki seseorang juga membutuhkan perawatan yang baik agar lebih awet. Apabila kendaraan yang dimiliki tidak dirawat dengan benar, bisa saja kendaraan tersebut tidak bertahan lama. Salah satunya adalah cara merawat motor matic yang harus dilakukan secara rutin.

Memang motor matic membutuhkan perawatan dari pengguna yang sebaiknya dilakukan secara rutin. Dengan begitu, motor tersebut menjadi lebih awet dan tetap nyaman pada saat digunakan oleh pengguna. Berikut merupakan penjelesan lengkap mengenai cara perawatan motor matic yang benar agar tahan lama dan nyaman digunakan:

1.Selalu Memperhatikan Timing Belt

Bagian timing belt yang terdapat pada motor ini memang sangat penting untuk diperhatikan untuk kelancaran berkendara. Biasanya timing belt pada motor dapat ditemukan pada bagian bawah yang mempunyai fungsi hampir sama dengan rantai motor. Memang timing belt bisa diganti apabila seseorang sudah menemui beberapa gejala yang membuat bagian ini tidak berfungsi dengan baik.

Adapun tanda-tanda timing belt pada motor harus diganti apabila pada saat memegang bagian ini namun terasa getas di tangan. Selain itu, timing belt ini tidak lentur lagi dan mulai kendur karena sudah digunakan dalam jangka waktu lama. Bukan hanya itu saja, timing belt yang tipis atau pecah sebaiknya diganti untuk menjaga keselamatan berkendara.

2.Selalu Memperhatikan Oli CVT

Oli CVT atau disebut sebagai oli gardan merupakan jenis oli yang terdapat pada motor yang harus diperhatikan. Letak oli ini berada pada bagian bawah motor di dekat rantai roda yang berfungsi untuk melancarkan kinerja gear ratio. Apabila oli ini tidak diperhatikan oleh pemilik kendaraan, bisa saja gear ratio cepat rusak.

Baca Juga : cara merawat motor

Jikan gear ratio rusak, maka biaya yang harus dikeluarkan pengendara cukup banyak untuk menggantinya dengan yang baru. Selain itu, kerusakan yang terjadi pada gear ratio tentu mempengaruhi suara yang dihasilkan motor saat dinyalakan. Pembelian oli gardan ini pun tidak mahal sehingga pengguna bisa menggantinya secara berkala.

3.Mengganti Oli Mesin Secara Rutin

Jenis oli yang terdapat pada motor memang bukan hanya oli CVT atau oli gardan saja namun ada juga oli mesin. Fungsi dari kedunya memang tidak jauh berbeda sehingga harus diperhatikan dengan baik. Apabila oli mesin habis maka dapat berdampak pada suara motor yang dihasilkan pada saat dinyalakan.

Selain itu, motor sering mogok pada saat digunakan karena oli yang ada pada motor sudah kering sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika terjadi hal seperti ini tentu menyusahkan pengendara apabila dalam perjalanan jauh. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya hal ini sebaiknya rajin dalam mengganti oli mesin.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara merawat motor matic agar lebih awen dan tentunya nyaman pada saat digunakan. Hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah penggantian oli yang harus dilakukan pengguna secara berkala. Dengan begitu, motor matic yang dimiliki bisa digunakan dalam waktu puluhan tahun.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar