Kenapa Lampu indikator Motor Injeksi Menyala Terus? Ini Dia Penyebabya

Kenapa Lampu indikator Motor Injeksi Menyala Terus

Kenapa Lampu indikator Motor Injeksi Menyala Terus? Ini Dia Penyebabya

Bagi kalian pengguna motor matic bebek ataupun sport. Ketika mengalami masalah pada bagian injeksi biasanya akan ditandai dengan lampu indikator motor menyala terus. padahal normalnya, lampu indikator hanya akan menyala beberapa detik saja.

Nah, ini adalah alarm bahwa motor anda sedang mengalami beberapa gangguan kecil, yang masih bisa di reparasi secara sederhana tanpa biaya mahal.

Bagi Kalian yang mengalami hal tersebut silahkan simak detailnya di bawah ini sampai selesai, lengkap penyebab beserta Solusinya.

Baca juga : Agar bensin irit saat mudik lebaran

Di kutip dari otoflik, dibawah ini beberapa indikasi penyebabnya.

  1. Terjadi masalah pada bagian Pulser motor.
  2. Adanya masalah pada bagian ECU motor.
  3. Saringan udara motor sudah kotor.
  4. Throttle Position Sensor (TPS) bermasalah atau bahkan rusak.
  5. Power Supply menuju Fuel Injector rusak.

Solusi Lampu Indikator Motor Injeksi Menyala Terus

Untuk mengatasinya, kita sering salah sasaran, maka kalian harus pastikan lebih dulu apa yang menjadi penyebabnya. Dengan mengenali tanda tanda nya, agar solusi yang digunakan pun tepat.

Baca juga: aplikasi modifikasi motor dari ponsel

Kenapa Lampu indikator Motor Injeksi Menyala Terus

Beberapa  Solusi lampu indikator motor menyala terus dengan mengacu pada penyebab diatas.

1. Lakukan Remap ECU Motor

ECU motor merupakan salah satu komponen paling penting dalam kinerja motor injeksi.

jika ECU motor mengalami kegagalan fungsi, otomatis akan berpengaruh terhadap kinerja mesin. oleh karenanya, Kalian perlu merawatnya secara rutin.

Nah untuk mengatasinya, Cobalah untuk REMAP ECU MOTOR yaitu melakukan proses pengaturan ulang ECU motor. Namun jika masalah yang timbul sudah cukup berat. Kalian bisa menggantinya dengan ECU motor baru dengan spesifikasi sesuai setelan awal pabrikan.

2. Bersihkan Saringan Udara

Saringan udara juga berpengaruh terhadap lampu indikator motor injeksi, jika kondisi saringan udara anda kotor. ini juga berpotensi membuat lampu indikator injeksi terus menyala.

Alasan nya, Kotoran yang menumpuk dibagian saringan yang sudah penuh menghalangi udara masuk ke ruang bakar.

Tentunya, solusi yang bisa di lakukan adalah membersihkannya menggunakan udara bertekanan kuat. dan jika memungkinkan anda bisa menggantinya dengan saringan udara baru.

3. Perbaiki Throttle Position Sensor

Perbaiki Throttle Position Sensor Tak jarang, Penyebab lampu indikator menyala juga karena adanya problem yang terjadi pada bagian Throttle Position Sensor.

Sensor ini berfungsi untuk mengatur dan membaca besaran bukaan gas serta memberi sinyal ke ECU.

jika hal ini terjadi berakibat pada putaran mesin menjadi berat. Bahkan lebih mengerikannya lagi mesin tidak bisa idle. jika di biarkan, TPS akan membuat tarikan kurang responsif.

Nah, cara mengatasi nya motor harus di bawa ke bengkel untuk diperiksa dan dicek kondisi Throttle Position Sensor nya dengan cara diukur menggunakan Avo Meter atau Multimeter.

4. Periksa Power Supply ke Fuel Injector

Kerusakan pada bagian power supply yang menuju ke bagian Fuel Injector pun sering terjadi. Bahkan tidak hanya menyala terus menerus.

Tidak hanya berakibat pada lampu indikator, bahkan juga akan mengakibatkan lampu indikator injeksi akan berkedip secara cepat dengan jumlah tertentu.

Kerusakan pada bagian power supply di akibatkan oleh regulator yang sudah tidak berfungsi dengan baik.
serta accu tidak terisi penuh, bahkan juga karena overcharging.

Satu-satunya solusi memperbaiki bagian power supply adalah membawanya ke bengkel.

5. Perbaiki/Ganti Pulser Motor

Fungsi utama dari komponen ini sangatlah penting, yakni sebagai penentu waktu pengapian pada CDI / ECU ke bagian SCR.

Kemudian SCR pun akan bertugas membuka kapasitor serta melepaskannya. Dan ketika pulser berada dalam kondisi lemah, dapat mengakibatkan motor tersendat dan sering mogok.

Kami sarankan untuk segera membawanya ke bengkel motor terdekat agar diperbaiki montir berpengalaman. Karena jika tanpa tenaga yang berpengalaman di takutkan akan menimbulkan masalah baru pada komponen lain.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/