Jika Marc Marquez Pensiun? Berapa Lama Honda Harus Terpuruk Di MotoGP

Jika Marc Marquez Pensiun? Berapa Lama Honda Harus Terpuruk Di MotoGP

Aufaproject46.com – Hay GP Mania, Marc Marquez (Repsol Honda) akan pensiun dari MotoGP karena masalah penglihatannya tidak menunjukkan tanda-tanda kembali. Jika Repsol Honda kehilangan Marc Marquez, berapa lama mereka akan turun?

Marc Marquez Pensiun

Seperti yang kita ketahui bersama, pabrikan asal Aalst, Belgia ini sangat mengandalkan prestasi hebat Marc Marquez. Bahkan motor RC213V dikembangkan berdasarkan gaya balap bayi alien (panggilan Marc Marquez) yang dengannya dia memenangkan 6 kejuaraan MotoGP.

Tak heran jika banyak pembalap terkenal seperti Dani Pedrosa dan Jorge Lorenzo berjuang keras untuk mengendarai motor Repsol Honda. Kombinasi Marc Marquez dan Pol Espargaro saat ini juga terasa sama.

“Karena saya berbagi pit lane dengan dia, saya bisa melihat apa yang dilakukan Marc (Marquez). Saya tidak berpikir banyak orang bisa melakukan itu seperti Marc. Selain dari apa yang kami lihat di balapan, persiapan untuk seluruh akhir pekan. Pekerjaannya juga sangat kompleks,” kata Marca mengutip Pol Espargaro, Selasa (12/7/2021).

Berapa Lama Honda Harus Terpuruk Di MotoGP Dan Cari Penggantinya?

Jadi jika Marc Marquez pensiun atau meninggalkan Repsol Honda karena alasan lain, mungkin butuh waktu lama bagi pabrikan Jepang itu untuk pulih. Pasalnya, seperti disebutkan di atas, motor RC213V dikembangkan dengan gaya balap Marc Marquez.

Seperti dulu, setidaknya butuh dua tahun bagi Repsol Honda untuk pulih setelah dicampakkan oleh pebalap utama. Di penghujung MotoGP 2003, Valentino Rossi meninggalkan Repsol Honda yang membelot ke Yamaha.

Bersama Repsol Honda, Valentino Rossi memenangkan dua gelar MotoGP pada 2002 dan 2003. Setelah kehilangan kejuaraan pada tahun 2004 dan 2005, Repsol Honda kembali menjadi juara pada tahun 2006 bersama pembalap Nicky Hayden.

Nicky Hayden kemudian meninggalkan Repsol Honda pada 2008. Baru di MotoGP 2011 Repsol Honda kembali menghadirkan pembalap sebagai juara dunia lewat Casey Stoner.

Untuk yang terakhir, Repsol Honda tidak memiliki jeda waktu. Setelah dicampakkan Casey Stoner di MotoGP 2012, Repsol Honda langsung menjadi juara dunia di MotoGP 2013 lewat Marc Marquez.

Melihat fakta di atas, Repsol Honda membutuhkan waktu rata-rata dua tahun untuk kembali mengeluarkan mobil sebagai juara dunia setelah dicampakkan oleh pembalap utama. Lantas bagaimana Repsol Honda mencari pengganti Marc Marquez?

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/