Jangan Salah Pilih Oli Untuk Motor Tua Anda

Jangan Salah Pilih Oli Untuk Motor Tua Anda

Aufaproject46.com – hallo sobat, Setiap tahunnya beragam jenis kendaraan roda dua selalu hadir dengan model terbaru, beragam fitur menarik ditawarkan, tentu membuat siapa saja ingin memiliki nya. Wajar saja setiap manusia menginginkan hal baru.

Namun di sisi lain mereka di buat bingung dari setiap motor yang di tawarkan oleh pabrikan, sebab hampir semuanya memiliki keistimewaan masing masing. Tapi tidak semua orang berpikir demikian, ada juga yang masih stay dengan kendaraan nya tanpa tergiur dengan model terbaru.

Jangan Salah Pilih Oli Untuk Motor Tua Anda

Kalau kamu pengguna motor tua, di kesempatan kali ini saya akan memberikan tentang cara memilih oli yang bagus untuk kendaraan anda.

Merawat motor memang menjadi hal yang wajib bagi setiap pemilik nya. Namun nampaknya masih cukup banyak dari mereka yang masih bingung dalam memilih pelumas yang tepat untuk motor mereka apalagi motor tua.

Dengan usianya yang sudah sepuh tentu banyak masalah yang timbul. Salah satu masalah tersebut kebanyakan orang orang salah dalam memilih oli yang tepat untuk motor tua mereka. Untuk itu tidak usah lama lama mari kita kupas semuanya.

Oli memang menjadi salah satu hal penting yang harus di perhitungkan. Apalagi untuk motor tua, kamu harus teliti dalam memilih pelumas untuk kendaraan kamu.

Kalau di bandingkan, kendaraan keluaran terbaru dengan kendaraan keluaran lama oli nya berbeda. Perbedaan nya terletak pada tekstur nya.

Jangan Salah Pilih Oli Untuk Motor Tua Anda

Untuk motor keluaran terbaru, biasanya oli yang di pakai memiliki tekstur yang lebih cair. Sabab apa, komponen yang ada di dalam mesin letaknya cukup rapat.

Dan untuk motor tua yang di gunakan dalam jangka waktu lama tekstur dari oli yang di gunakan sendiri lebih kental. Karena mesin yang sering di gunakan akan membuat komponen di mesin lama kelamaan menjadi renggang.

Oleh sebab nya lebih baik menggunakan jenis oli kental dari pada cair agar bisa menutupi ruang ruang yang sudah renggang tadi. Dan jangan memilih oli sintesis sebab oli tersebut memiliki tekstur yang cair dan tidak cocok untuk kendaraan tua anda.

Efek penggunaan oli kental pada motor tua biasanya bisa di rasakan. Yaitu suara mesin menjadi lebih halus. Oli ini sendiri bisa membantu menekan suara berisik yang di hasilkan oleh mesin tadi.

Namun perlu di garis bawahi jika sudah menggunakan oli yang kental namun suara yang di hasilkan masih berisik, itu pasti ada salah satu komponen yang tidak beres.

Atau juga bisa di sebabkan karena motor anda yang sudah pernah di lakukan pembongkaran atau turun mesin.
Jika sudah seperti ini penggunaan oli kental pun tidak akan bisa mengubah suara kasar tersebut.

Pertanyaanya , jika masih menggunakan oli cair gimana?? Sebetulnya itu tergantung pada diri anda sendiri. Jika oli cair masih anda gunakan di motor tua anda maka anda harus siap menanggung resiko nya yaitu mesin akan lebih cepat panas dan slip.

Selain itu hak terpenting lainya selain memilih kekentalan oli, takaran oli motor pun juga demikian pentingnya. Jika takaran nya kurang mesin tudak akan mendapat pelumas yang sempurna.

Itulah tadi tips mengenai cara memilih oli yang tepat untuk motor tua anda, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/