Daftar Ukuran Panjang Monoshock Semua Motor, Ketahui Juga Kelebihan dan Kekurangannya

Ukuran panjang monoshock selalu menjadi pertanyaan ketika seseorang hendak mengganti twin shocknya menjadi tunggal. Bagi seseorang yang ingin membeli motor dengan tipe monoshock juga perlu tahu mengenai hal ini. Hal ini lantaran shock adalah bagian penting yang menjadi tumpuan kinerja motor tetap prima. Berikut daftar ukuran panjang monoshock semua motor:

List Ukuran Panjang Monoshock Semua Motor

Saat ini memang motor dengan monoshock sedang menjadi trend. Tak jarang jika banyak motornya yang dimodifikasi menjadi shock tunggal saja. Berikut ini deskripsi ukurannya untuk semua motor:

1. Motor Yamaha

Mengenai daftar ukuran panjang monoshock semua motor, tilik dulu seberapa ukuran shock depan motor Yamaha. Mungkin kebanyakan orang sudah tahu bahwa Yamaha menjadi salah satu pabrikan motor yang kerap menghadirkan motor-motor baru dengan berbagai macam tipe. Akan tetapi, terdapat pula tipe motor yang memiliki ukuran shock yang sama. 

Yamaha versi Jupiter hingga Vega memiliki ukuran diameter luar 26 mm, diameter panjang 20 mm dan panjangnya sekitar 340 mm. Varian Mio juga memiliki diameter luar dan dalam yang sama, tetapi untuk panjangnya lebih pendek yakni 308 mm saja. 

Untuk RXS memiliki diameter luar 30 mm, diameter dalam 24 dan Panjang 565. Sedangkan Vixion berdiameter luar 33, diameter dalam 28 dan Panjang 537.

2. Motor Honda

Sebagai musuh terberat Yamaha, Honda ini seolah tidak ingin kalah. Tidak heran memang lantaran hampir setiap saat terdapat produk baru yang dikeluarkan. Seperti baru-baru ini, Honda telah merilis produk baru yakni All New Honda CB15OR StreetFire sebagai naked bike yang memiliki spesifikasi yang cukup menterang.

Akan tetapi, membahas mengenai ukuran shock depan, tentu saja motor baru tersebut ataupun lainnya memiliki standarisasi tersendiri. Tiger 2000 dan Tiger New memiliki ukuran yang sama yakni, diameter luar 31, diameter dalam 25 dan memiliki panjang 525 mm. 

Untuk GL 100 hingga GL Pro Neotech memiliki panjang diameter dalam 25, diameter luar 31 dan panjang 560. Sedangkan untuk CBT150R memiliki diameter luar 31, diameter dalam 26 dan panjang 525.

3. Motor Kawasaki

Meski tak banyak produk Kawasaki yang dipasarkan di tanah air, tapi nama brand ini cukup popular di Indonesia. Hampir semua sepeda motor keluaran Kawasaki laris manis di pasar Indonesia.

Hal ini tidak terlepas dari spesifikasi fitur dan kualitasnya yang sempurna. Motor Kawasaki tipe Kaze, Kaze R Edge, Blitz, dan ZX130 memiliki diameter luar 26 mm, diameter dalam 20 mm dan panjang sekitar 500 mm. Untuk versi ninjanya berdiameter luar 33 mm.

4. Motor Suzuki

Produsen sepeda motor ternama lain yang memiliki produk banyak di tanah air adalah Suzuki. Hampir seperti merk Yamaha, Kawasaki dan Honda, Suzuki juga memiliki standarisasi shock depan motor keluarannya. Motor keluaran Suzuki memiliki beragam varian. Untuk FXR, Thunder memiliki diameter luar 30 dan diameter dalam 24 serta panjang 590.

Kelebihan dan Kekurangan Monoshock

Setelah mengetahui ukuran panjang monoshock sepeda motor, tentu perlu pula mengetahui mengenai kekurangan dan kelebihannya. Motor dengan monoshock lebih lembut ketika pengendara melewati tanjakan atau jalan berlubang.

Selain itu motor dengan shock tunggal terkesan lebih bergaya daripada twin shock. Performanya pun jauh lebih stabil lantaran beban hanya bertumpu pada satu titik. Meski begitu, monoshock juga memiliki kekurangan, yakni motor tidak cocok jika digunakan untuk mengangkut beban berat. Selain itu, umur motor ternyata jauh lebih pendek lantaran masanya hanya 20 ribu kilometer pemakaian saja.

Itulah daftar ukuran panjang monoshock semua motor dan penjelasan mengenai kekurangan serta kelebihannya. Memilih motor monoshock atau twin shock tidak ada salahnya asalkan sesuai dengan kebutuhan pengguna.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/