Yuk Ketahui Apa Saja Daftar Ukuran Gear Set Motor Honda

Gear motor adalah bagian yang bertugas untuk menggerakkan ban motor. Selain itu juga berpengaruh untuk menentukan laju kecepatan kendaraan. Beberapa motor memiliki ukuran yang berbeda-beda sehingga tersedia daftar ukuran gear set motor honda, Suzuki, Yamaha dan lain-lain. Biasanya ukuran gear motor terdiri dari gear belakang dan depan tapi juga dengan ukuran besarnya rantai.

Ukuran Gear Set Motor Honda

Supra memiliki ukuran gear depan 15 T sedangkan gear belakang 40 T. Untuk GL Pro Neo, GL Max NT, Astrea Grand, CS1, Kharisma, Supra Fit New, Megapro New, Revo Abs dan CBR 150 memiliki gear depan sama yaitu 14 T. Tiger memiliki gear depan 13 T dan gear belakang 43 T. Astrea grand, Kharisma, Supra Fit dan CBR150 memiliki gelar belakang 36 T.

Blade memiliki ukuran gear belakang 37 T sedangkan Supra memiliki ukuran 40 T lalu untuk GL Max NT mempunyai ukuran 41 T. CS1 dan Tiger mempunyai gelar belakang dengan besar 43 T. Megapro dan GL Pro Neo memiliki gelar belakang dengan ukuran 46 T. Pada daftar ukuran gear set motor honda juga mencakup mengenai ukuran rantai yang terdiri dari ukuran 100, 104, 106, 108, 112 dan 116.

Fungsi Gear Pada Motor

Pemasangan gear pada motor di bagian depan atau belakang tentu memiliki fungsi. Ada beberapa fungsi gear motor mari simak penjelasan dibawah ini yaitu:

1. Menjadi Media Penggerak Roda

Salah satu fungsi gear motor yang utama untuk mempermudah roda belakang dan depan bergerak saat dikendarai. Cara kerjanya ban belakang akan mempengaruhi ban depan sehingga dapat digunakan saat motor maju atau mundur. Otomatis gear menjadi media penghubung antara roda belakang dan depan agar dapat tersinkronkan.

2. Memberikan Tenaga Bagi Motor

Titik tumpu tenaga pada motor terletak pada ban motor tersebut. Hal ini yang menjadikan gear berguna sebagai tumpuan untuk memberikan tenaga agar kendaraan dapat dikendarai. Begitulah alasan kenapa jika gear rusak maka ban motor tidak dapat digunakan sehingga motor tidak bisa dikendarai.

3. Membantu Melewati Medan Di Jalan

Medan di jalan tidak sepenuhnya semua dalam keadaan baik bahkan ada yang rusak parah atau banyak bebatuan. Di sinilah peran dan fungsi gear motor karena akan menyeimbangkan ban motor belakang dan depan. Tujuan agar mampu melewati kondisi jalanan yang baik bahkan yang rusak sekalipun.

Tips Membaca Gear Pada Motor

Untuk membaca ukuran gear set motor honda terdapat hal yang harus diketahui. Dalam memahami harus cermat agar tidak salah karena diperlukan saat akan ganti gear motor. Mari ketahui apa saja tips membaca gear pada motor yaitu:

  • Perhatikan jumlah angka dan simbol pada gear motor.
  • Simbol T di belakang angka artinya tooth yang mewakili simbol jumlah gigi pada motor.
  • Mata gigi tergantung pada diameter gear pada motor jika semakin kecil maka semakin sedikit mata gigi yang dibutuhkan.
  • Angka didepan simbol T mewakili jumlah mata gigi yang ada baik untuk ban motor bagian depan dan belakang.
  • Huruf L singkatan dari Lenght yang berarti lebar rantai. Angka didepan simbol L mewakili berapa lebar rantai pada setiap jenis motor.

Itulah penjelasan dari daftar ukuran gear set motor honda secara lebih rinci. Lakukan perawatan rutin pada gear motor bagian depan dan belakang beserta rantainya karena akan mempengaruhi kinerja motor. Sebelum mengganti gear motor ketahui jumlah mata giginya terlebih dahulu. Jangan sampai kurang atau lebih mata giginya karena akan mempengaruhi laju kendaraan motor saat dikendarai di jalan.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/