Ciri Kampas Rem Mobil Habis Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri Kampas Rem Mobil Habis Yang Perlu Anda Ketahui

Ciri Kampas Rem Mobil Habis
Ciri Kampas Rem Mobil Habis

Ciri Kampas Rem Mobil Habis Yang Perlu Anda Ketahui – Aufaproject46.com Hallo sobat otomotif, Bagi para pemilik kendaraan, sangatlah penting untuk mengetahui dan memantau kondisi kendaraan yang dimiliki. Termasuk salah satunya adalah kondisi pengereman. Hal ini dikarenakan sistem pengereman kendaraan merupakan komponen penting dalam menunjang keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Mengetahui kondisi kampas rem mobil yang sudah habis sangatlah penting agar bisa segera dilakukan pengecekan dan penggantian kampas rem untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah ciri-ciri kampas rem mobil habis yang perlu Anda ketahui.

Terdengar Suara Berdecit Saat Pengereman Dilakukan

Ciri kampas rem mobil habis yang pertama perlu Anda ketahui adalah munculnya suara berdecit pada saat pedal rem diinjak. Decitan suara tersebut diakibatkan oleh adanya gesekan logam atau besi kampas rem. Jika kendaraan Anda mengalami suara berdecit pada saat pengereman, ada baiknya jika Anda mulai melakukan pengecekan pada pengereman kendaraan.

Pedal Rem Mobil Harus Ditekan Secara Lebih Dalam

Ciri kampas mobil yang sudah mau habis selanjutnya adalah pedal rem mobil harus ditekan secara lebih dalam. Kondisi ini menjadi ciri yang paling umum dan paling kentara sebagai indikator bahwa kampas rem kendaraan Anda sudah akan habis. Kondisi ini terjadi saat rem tromol yang digunakan pada roda belakang sudah habis.

Terjadinya Getaran Pada Saat Pedal Rem Diinjak

Kondisi berikutnya yang menjadi ciri kampas rem kendaraan sudah mau habis adalah terjadinya getaran pada saat pedal rem diinjak. Ketika kampas rem kendaraan Anda sudah mulai habis maka biasanya para pengemudi akan merasakan rem terasa bergetar ketika diinjak saat melakukan proses pengereman.

Kondisi ini menjadi pertanda bahwa kampas rem kendaraan sudah mulai habis dan permukaannya menjadi tidak lagi rata. Sebagai akibatnya, piringan cakram rem tidak bisa mencengkeram dengan sempurna sehingga bisa menimbulkan getaran yang dapat dirasakan pada saat pedal rem diinjak.

Rem Menjadi Tidak Pakem

Saat kondisi kampas rem sudah mulai habis, rem mobil Anda akan menjadi terasa tidak pakem ketika digunakan. Hal ini dapat terjadi karena proses penekanan kampas rem pada piringan kendaraan sudah tidak lagi merata sehingga mengurangi efektivitas proses pengereman.

Seiring dengan penggunaan rem yang terus-menerus, maka pada akhirnya luas penampang rem tersebut pun akan mengalami penyusutan. Dengan demikian maka tenaga pengereman pun akan menjadi semakin berkurang meski para pengemudi kendaraan sudah menekan pedal secara lebih dalam. Jika Anda merasakan demikian, tidak ada salahnya untuk segera melakukan pengecekan pada kondisi kampas rem mobil yang Anda miliki.

Itulah beberapa ciri kampas rem mobil habis yang perlu Anda ketahui. Kini dengan mengetahui beberapa ciri yang sudah disampaikan di atas, Anda pun bisa lebih cermat dalam mengetahui kondisi pengereman kendaraan yang Anda miliki.

Bagikan:

Tinggalkan komentar