Ciri Kampas Kopling Motor Habis yang Wajib Diketahui Pengguna Sepeda Motor

Permasalahan mengenai kampas kopling yang habis saat ini adalah suatu hal yang mengganggu pengguna sepeda motor. Hal itu disebabkan oleh menurunnya performa sepeda motor. Namun celakanya,  banyak orang yang belum mengerti ciri kopling motor yang sudah habis. Lantas, apa saja ciri kampas kopling motor habis? Berikut ini penjelasan lengkapnya!

1. Temperatur Engine  Motor Sering Memanas

Ciri pertama yang  biasanya dialami oleh kendaraan bermotor adalah temperatur engine  motor yang sering memanas. Adapun, penyebabnya adalah terjadinya pergesekan antara plat yang ada di kopling kendaraan bermotor. Hal itu  dapat menyebabkan temperatur engine menjadi lebih memanas. Lalu, ada pula faktor pengemudi  yang memacu sepeda motornya dalam kecepatan tinggi.

2. Tenaga Sepeda Motor Menjadi Lemah

Masalah lain yang timbul akibat kampas kopling motor yang sudah habis yaitu Tenaga sepeda motor  menjadi lebih lemah. Hal itu disebabkan oleh perputaran yang terlalu kuat di bagian permesinan sepeda motor. Akibatnya, tenaga motor menjadi lemah. Selain itu, perputaran yang bagian mesin yang tidak terkendali dapat menyebabkan tarikan tuas gas menjadi lebih berat.

Hingga membuat pengguna sepeda motor tidak nyaman mengemudikan sepeda motornya. Oleh karena itu, pengguna sepeda motor wajib mengganti kampas kopling sepeda motor jika sudah habis. Alasannya, agar pengemudi sepeda motor dapat mengendarai motornya dengan aman dan nyaman.

3. Kopling Kendaraan Bermotor Menjadi Macet

Ciri yang ketiga kopling motor yang mulai kehabisan kampas kopling adalah membuat kopling kendaraan bermotor menjadi macet. Penyebabnya, karena fungsi kampas kopling adalah membantu memberikan tenaga untuk memindahkan tuas  kopling sepeda motor. Sehingga, pengemudi motor dapat memindahkan transmisi motor dengan lancar.  

Sebab apabila kopling yang macet akan menyebabkan motor sulit untuk berhenti. Hingga akhirnya,  menimbulkan kecelakaan sepeda motor yang fatal. Jadi pengendara motor harus mengecek kampas kopling secara rutin. Apabila kampas kopling sudah tidak berfungsi, maka segeralah menggantinya dengan kampas kopling yang baru.Tujuannya, supaya pengemudi motor dapat berkendara dengan tenang.

4. Suara Motor Menjadi Bising

Ciri kampas kopling motor habis, yang keempat yaitu dapat menyebabkan suara motor menjadi lebih bising. Hal itu dapat terjadi karena komponen kopling mengalami gesekan yang cukup kuat antara kopling dengan roda bergerigi. Jika kampas kopling tidak segera diperbaiki, maka roda bergerigi akan mengalami kerusakan yang cukup parah.

Selain itu, suara bising motor dapat terjadi karena performa  motor yang menurun. Adapun penyebabnya tarikan tuas gas yang terlalu tinggi. Hasilnya, dapat membuat suara motor menjadi lebih bising. Apalagi jika pengguna sepeda motor berkendara dalam kecepatan tinggi. Pengguna motor akan merasakan getaran motor yang sangat kuat.

5. Pelumas Motor Menjadi Tidak Bersih

Ciri terakhir yang mudah dikenali,  ketika kampas kopling sepeda motor telah habis adalah pelumas motor menjadi terlihat kotor. Hal itu biasa terjadi pada sepeda motor yang mengalami kehabisan kampas kopling. Sebab, kampas kopling yang sudah habis dapat membuat pelumas motor menjadi sangat kotor.

 Perubahan waen itu ditandai dengan adanya perubahan mencolok pada oli motor menjadi berwarna sangat hitam. Peristiwa tersebut, sangat tidak baik bagi kendaraan bermotor. Sebab, oli motor yang kotor dapat menimbulkan kerusakan serius pada bagian engine kendaraan bermotor. Jadi pengguna sepeda motor disarankan ke bengkel terdekat supaya oli motor kembali normal.

Itulah pembahasan lengkap mengenai ciri kampas kopling motor habis, kelima ciri yang telah dibahas dapat menjadi referensi bagi pengguna sepeda motor untuk mengenali tanda kampas kopling motor yang habis. Tujuannya, supaya pemilik sepeda motor dapat segera memperbaiki kampas kopling motor yang habis.           

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar