Cara Memperbaiki Aki Mobil yang Tekor Baik Manual Maupun Matic

Memang tidak menyenangkan jika mobil tidak bisa dihidupkan. Bisa jadi yang menyebabkan mobil tidak nyala adalah aki yang tekor. Lantas, bagaimana cara memperbaiki aki mobil yang tekor? Berikut ini adalah beberapa pilihan cara yang bisa dilakukan:

Cara Memperbaiki Aki Mobil yang Tekor Secara Umum

Dalam memperbaiki aki tekor terdapat dua cara. Cara yang pertama yakni hanya menggunakan jumper aki sedangkan cara kedua dengan mendorong mobil. Berikut ini penjelasan langkah-langkahnya:

1. Menggunakan Jumper Aki

Cara pertama yakni mudah saja, hanya menggunakan jumper aki. Namun, memang cara ini membutuhkan kehati-hatian yang tinggi. Pertama, dekatkan mobil dan letakkan tuas transmisi pada posisi parkir atau netral. Pastikan bahwa semua komponen mobil yang bisa menghantarkan listrik telah dimatikan.

Kemudian hubungkan kabel jumper posting yang berwarna merah ke kutub aki positif. Lalu hubungkan pula kabel jumper negatif ke kutub aki negatif. Apabila sudah terpasang, hubungkan sisi satunya ke bagian mesin yang berbahan besi. Selanjutkan coba hubungkan mesin mobil pen-jumper dengan menginjak pedal gas di atas 1000 rpm dan coba nyalakan.

2. Mendorong Mobil

Langkah kedua yakni dengan mendorong mobil. Ketahuilah bahwa cara ini hanya bisa dilakukan apabila mobil bertransmisi manual. Untuk langkah-langkahnya yakni pertama, masukkan tuas transmisi ke gigi dua lalu injak koplingnya. Kemudian dorong mobil hingga melaju dengan cepat. Jika sudah, lepaskan pedal koplingnya. Apabila mesin dapat hidup, biarkan selama 15-30 menit sebelum mobil dijalankan.

Cara Mengatasi Aki Mobil Berdasarkan Jenis Transmisinya

jika mengacu pada jenisnya, cara memperbaiki aki mobil yang tekor juga dibedakan berdasarkan transmisinya. Cara penanganan mobil manual dengan matic itu berbeda, berikut ini rinciannya:

1.  Mobil Manual

Jika menelisik pada spesifikasi mobilnya, cara mengatasi aki mobil yang bertransmisi manual dan matic juga berbeda. Cara pertama yakni memakai jumper aki normal atau aki mobil lain yang sama bertransmisi manual. Apabila tidak menemukan aki normal, maka bisa menggunakan alternatif lain.

Cara lainnya yakni dengan menghidupkan mesin dengan dorongan. Jika sebelumnya transmisi mobil dimasukkan ke gigi 4 atau 4, selanjutnya injak pedal kopling secara penuh. Kemudian dorong dengan kuat dan cepat hingga 5-10 meter.

Apabila sudah mencapai jarak yang cukup, pedal kopling bisa dilepas secara perlahan. Kemudian, cobalah untuk menghidupkan mobil. Biarkan saja mobil tetap hidup dalam waktu yang cukup kurang lebih selama 20 menit untuk mengisi kembali aku yang tero yang habi yang menyebabkan mesin terhenti. Jika cara ini berhasil, mobil bisa berjalan kembali.

2. Mobil Matic

Cara untuk memperbaiki aki tekor jauh lebih sedikit mudah versi matic dari versi manual. Dalam prakteknya membutuhkan aki normal. Apabila tidak menemukan aki normal, maka dapat memakai bantuan mobil lain dengan cara jumper aki. Komponen yang dibutuhkan dalam metode ini adalah kabel jumper.

Kabel ini digunakan untuk menghubungkan aki mobil yang mati dengan aki yang normal. Jika aki normal sudah terpasang pada mobil matic, sebaiknya hidupkan lagi bersamaan dengan menghubungkan kabel jumper. Hubungkan kabel jumper aki sesuai dengan kutub positif dan kutub negatif.

Selanjutnya, matikan seluruh piranti elektronik di mobil seperti audio, lampu ataupun AC. Apabila sudah, silahkan hidupkan kembali mobil dengan aki normal. Lalu, pasang kabel jumper pada kutub aki yang mati. Jika mobil sudah berhasil hidup kembali, lepaskan kabel jumper tadi secara perlahan.

Stabilkan rpm pada angka 1000 dalam beberapa waktu. Kemudian nyalakan mesin selama 15 menit untuk mengisi aki yang tekor. Jika sudah berhasil mobil akan dapat melaju dengan normal lagi.

Itulah cara memperbaiki aki mobil yang tekor baik mobil manual maupun mobil matic. jika sewaktu-waktu mobil tidak bisa nyala, coba beberapa cara di atas jika penyebabnya karena aki yang tekor.

 

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar