Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci dan Tips Menjaga Kunci

Pernah kehilangan kunci motor? Atau kunci tertinggal di jok? Masalah ini cukup fatal karena pengguna tidak bisa menyalakan atau menggunakan motor termasuk membuka jok. Lalu, bagaimana cara membuka jok motor tanpa kunci? Sebenarnya cara ini cukup sulit dilakukan. Namun, Jika tidak ada cara lain step ini cukup ampuh dilakukan.

Jok merupakan salah satu bagian motor paling penting. Hal itu dikarenakan jok motor sering digunakan untuk menaruh barang-barang bawaan ketika sedang bepergian. Sangat disayangkan jika kunci hilang saat dibutuhkan. Jangan panik terlebih dahulu. Di bawah ini adalah cara membuka jok tanpa kunci dan tips menjaga kunci motor tidak mudah hilang.

Cara Membuka Jok Motor Tanpa Kunci

Mungkin sebagian orang lebih memilih untuk membeli kunci lagu daripada harus mencoba membuka jok tanpa kunci. Lalu, bagaimana jika keadaannya sedang mendesak atau tidak ada motor lain untuk membeli kuncinya? Cara ini tidak salah untuk dicoba, kok. Berikut cara membuka jok tanpa kunci motor:

1. Membuka Pengait Jok

Ketika kunci motor hilang atau tertinggal dalam jok, pengguna bisa menggunakan cara ini. pengait jok biasanya terletak di bagian ujung jok motor. Pengait ini berguna untuk mencengkeram jok motor. Jika pengaitnya dilepas, otomatis jok motor bisa dibuka. Untuk melepas pengaitnya sebaiknya dilakukan secara hati-hati, sebab jika dibuka secara paksa jok motor bisa mengalami kerusakan.

2. Bongkar Body Motor

Jika sedang tidak ada di rumah dan jauh dari orang yang dikenal, sebaiknya motor segera dibawa ke bengkel terdekat. Jika tidak bisa membawa motor ke bengkel, bisa meminta tolong orang sekitar untuk mencarikan atau menginfokan tempat bengkel. Pengguna bisa menelpon pegawai bengkel untuk membongkar body motor. Dengan begitu, jok motor bisa dibuka kembali.

3. Meminta Bantuan Tukang Kunci

Cara terakhir ini paling direkomendasikan jika tempat tukang kunci dekat dengan pengguna. Namun jika jauh, pengguna bisa meminta bantuan teman atau saudara untuk mencarikan tukang kunci motor. Melalui cara ini, masalah jok motor akan segera teratasi tanpa harus membongkar apapun dari body motor.

Membuka jok tanpa kunci adalah akibat dari tidak adanya kunci. Biasanya hal tersebut dikarenakan kunci pengguna hilang, bisa karena lupa meletakkan, jatuh, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara menjaga tips agar kunci motor tidak hilang? Berikut tips menjaga kunci motor agar tidak hilang:

Tips Menjaga Kunci Motor Agar Tidak Hilang

Menjaga kunci motor sangat disarankan untuk pengguna. Pasalnya, dengan menjaga kunci motor semua aktifitas yang menggunakan motor akan lancar. Misalnya ketika akan bepergian, pengguna tidak perlu mencari kunci ke sana kemari. Selain itu ketika akan membuka jok pun juga bisa langsung dilakukan. Bagaimana cara menjaga kunci motor agar tidak hilang?

Letakkan kunci motor di satu tempat. Ketika di rumah, buatlah tempat khusus untuk meletakkan kunci motor tersebut. Setiap dari bepergian letakkan kunci dalam tempat atau wadah yang sudah disiapkan. Dijamin kunci akan tetap aman dan mudah ditemukan. Untuk menghindari tergesernya wadah, sebaiknya kunci digantung pada tembok di satu tempat.

Cara kedua agar kunci tidak hilang yaitu dengan memberikan gantungan pada kunci. Kunci yang diberi gantungan sebaiknya di gantungan pada motor untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kunci jatuh. Selain itu dengan memberikan gantungan, kunci akan lebih jelas dilihat. Apabila jatuh, kunci akan lebih cepat ditemukan.

Itulah cara membuka jok motor tanpa kunci dan tips menjaga kunci motor agar tidak hilang. Sebaiknya pengguna tetap menjaga keberadaan kunci motor agar tetap aman. Jangan menaruh kunci di sembarang tempat. Selain itu, sebaiknya memiliki duplikat kunci agar memiliki cadangan ketika kunci hilang. Jika sudah terlanjur hilang, jangan panik dan cobalah trik di atas.

 

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar