Cara Memanaskan Honda Vario 160

Cara Memanaskan Honda Vario 160

Aufaproject46.com – hallo Otolovers, Untuk bisa mengaplikasikan cara memanaskan sepeda motor Honda Vario 160 tentunya tidak sulit bahkan tidak memerlukan proses pemanasanpun tidak masalah. Pasalnya, teknologi terus berkembang, termasuk di bidang otomotif.

Sehingga untuk sepeda motor baru yang saat ini banyak dijual sudah beralih dari tipe sistem pembakaran yang menggunakan karburator. Lebih tepatnya, dengan beralih ke sistem injeksi yang konon lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Meski begitu, tentunya menggunakan karburator atau injeksi memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah cara memanaskan motor sama dengan karburator dan motor matic yang kebanyakan menggunakan injeksi.

Nah, fokus pada motor New Vario 160, berikut akan kami jabarkan beberapa tips untuk memanaskan mesin. seperti apa? Baca artikel ini sampai habis!

Cara Memanaskan Honda Vario 160

Cara Memanaskan Motor Vario 160 yang Tepat

Sekadar informasi, sepeda motor injeksi otomatis saat ini sudah dilengkapi dengan teknologi Engine Control Module (ECM), pusat kendali sepeda motor.

Terutama bagi mereka yang menggunakan sistem injeksi. Uniknya, elektronik ini akan membaca kondisi mesin dan mengatur pengapian di ruang bakar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda menggunakan sistem karburator untuk memanaskan motor sebelumnya, mungkin akan memakan waktu lebih lama atau Anda harus memutar pegangan gas secara maksimal.

Namun ternyata tidak butuh waktu lama untuk memanaskan motor matic seperti Honda Vario 160cc, dan mungkin berbanding terbalik dengan karburator.

Cara Memanaskan Honda Vario 160

Tips Pemanasan Honda Vario 160

  • Pastikan motor dalam keadaan standar tengah (jika tidak langsung dikendarai).
  • Hidupkan motor setidaknya selama 30 detik (bahkan sedikit tidak masalah). Tapi tidak terlalu lama.
  • Saat motor pertama di nyalakan suara mesin terdengar lebih cepat pada awalnya, tetapi akan melambat ketika sudah tepat.
  • menyelesaikan! Anda dapat mematikan mesin, atau menjalankannya.

Sebagai penjelasan lebih lanjut, saat memanaskan mesin honda Vario 160cc tidak perlu waktu lama atau bahkan sampai di geber-geber.

Alasannya adalah hanya menyalakan mesin selama setidaknya 30 hingga 60 detik sudah cukup. Meski begitu, misalkan motor belum dinyalakan sekitar 12 jam.

Alasan untuk waktu pemasangan yang cepat adalah karena ia dilengkapi dengan teknologi ECM yang kami jelaskan di atas.

Sehingga dengan menyalakan mesin beberapa saat, oli mampu menyebar (bersirkulasi) dengan baik pada putaran mesin yang tetap.

Memang jika mesin dipanaskan terlalu lama, bahan bakar yang digunakan malah semakin boros (alias terbuang sia-sia). Bahkan memanaskan motor yang terlalu lama knalpot akan panas, yang akan mempengaruhi pada ketahanan cat knalpot.

Pada dasarnya, sama seperti Honda Vario 160, motor matic dengan teknologi ECM. Mesin speeda motor tidak memerlukan pemanasan.

Dalam hal ini, gejala mesin brebet juga lebih kecil kemungkinannya yang biasa di jumpai pada mesin dengan sistem karburator.

Begitulah cara memanaskan motor Honda Vario 160 yang tepat. Tips ini berlaku pada semua motor yang menggunakan teknologi injeksi, Semoga bisa membantu dan bermanfaat bagi yang membutuhkanya.

Bagikan:

Tinggalkan komentar

/