Biaya Balik Nama Dan Mutasi Motor, Berapa Biayanya?

Biaya Balik Nama Dan Mutasi Motor

Biaya Balik Nama Dan Mutasi Motor, Aufaproject46.com Hallo Sobat Otomotif, Tidak sedikit dari mereka menganggap biaya mutasi motor itu cukup besar, memang benar demikian jika anda menggunakan jasa calo. tetapi jika anda melakukan proses nya secara mandiri tentu biaya yang di keluarkan akan relatif kecil.

Tetapi perlu anda ketahui bahwa proses mutasi tanpa mengunakan perantara calo itu cukup memakan waktu dan tenaga. memang jika di lihat dari segi materi biaya yang di keluarkan cukup standart, tetapi anda juga harus menyiapakan tenaga yang ekstra juga waktu. hal tersebut terjadi sebab anda harus ekstra bolak balik ke samsat dalam beberapa waktu tersebut.

Sayangnya di indonesia proses mutasi motor belum bisa di nikmati secara online. padahal waktu yang di perlukan kalo melakukan proses secara offline cukup panjang.

Tetapi anda wajib melakukan mutasi motor. apalagi bagi anda yang sudah menikah dan berpindah domisili maka proses mutasi motor ini terbilang wajib di lakukan. gunanya tidak lain adalah agar nanti ketika anda membayar pajak kendaraan dan melakukan perpanjangan STNK di kemudian hari, prosesnya akan lebih mudah. sebab anda sudah melakukan mutasi motor sebelumnya.

Sedikit gambaran, ketika anda nanti menikah dan otomatis anda berpindah kota contoh dari surabaya ke bali, dengan membawa motor anda dan apabila motor anda tidak di mutasi sebelumnya maka ketika anda hendak melakukan perpanjangan STNK dan membayar pajak, maka anda harus mengurus nya di kota yang anda tinggali sebelumnya yaitu surabaya.

Ujungnya nanti anda pasti kerepotan sebab harus kembali lagi dari bali ke surabaya belum lagi biaya yang di keluarkan juga tidak sedikit. dengan demikian proses mutasi motor ini sangat lah penting di lakukan, supaya anda bisa memperpanjang STNK di bali saja tidak perlu ke surabaya.

Pertanyaanya kira kira biaya yang di keluarkan untuk mutasi motor ini berapa dan harus memenuhi persayaratan apa saja?? nah jika anda belum tahu maka simak penjelasan di bawah ini:

Biaya Balik Nama motor

Biaya Yang Harus Disiapkan Pada Saat Proses Mutasi Motor

Biaya apa saja sih yang harus di bayarkan untuk mengurus mutasi motor ini?? sebenarnya ada beberapa tahap dalam proses mutasi motor ini. hal yang pertama biasaya anda harus keluar sedikit biaya untuk proses fotokopi. untuk proses ini paling tidak seberapa.

Selanjutnya biasanya anda harus membayar pada loket yang sudah di pilih sebelumnya. sedikit contoh biaya yang harus di bayarkan untuk proses bea balik nama kendaraan bermotor (BBN KB) untuk STNK. biaya ini sangat wajib di bayarkan bila kepemilikan kendaraan berubah. cara menghitung BBN KB untuk motor bekas adalah sebagai berikut, 2/3 dari pajak kendaraan bermotor (PKB).

Rincianya PKB ini di dapat dari perhitungan 1,5% dari nilai jual kendaraan bermotor (NJKB). itung itunganya seperti ini jika NJKB honda beat adalah 13,1juta, maka 1,5% dari itu adalah Rp 196.500. jadi kesimpulanya nilai dari BBN KB adalah Rp 131,000. namun masih ada biaya yang lainya seperti SWDKLLJ yang berjumlah Rp 35.000 dan juga biaya administrasi.

Tidak hanya sampai di situ anda juga perlu membuat BPKB baru jika melakukan mutasi dengan proses balik nama. anda harus menyiapkan uang sebesar Rp 80.000 untuk setiap pergantian kepemilikan. namun anda juga harus tetap menyiapkan uang untuk biaya administrasi lainya. di setiap samsat nominal harga berbeda tetapi selisinya tidak terlalu besar antara Rp 75.000 sampai Rp 100.000.

Tetapi pemerintah sebelumnya juga sudah mengatur nya dalam PP nomer 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak, untuk penertiban STNK motor biayanya Rp 100.000 dan untuk pengesahaanya di butuhkan biaya Rp 25.000 terakhir biaya tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) sebesar Rp 60.000.

Namun proses penerbitan BPKB sendiri juga bertarif yaitu Rp 225 ribu. dan juga di tambah dengan biaya penerbitan surat mutasi kendaraan bermotor ke luar daerah berjumlah Rp 150 ribu.

Jadi total keseluruhanya biaya yabg harus di keluarakan untuk proses mutasi honda beat adalah Rp 1 juta. ini akan jauh terbalik dengan biaya yang di keluarkan jika anda menggunakan jasa calo bahkan bisa berkali kali lipat.

Sebenarnya prosedur yang harus di jalankan untuk mutasi motor ini tidak serumit yang di bayangkan. anda hanya perlu mempersiapkan sebelumnya berkas berkas yang di butuhkan dan biaya sesuai aturan. apabila semuanya sudah lengkap dan clear bisa jadi proses mutasi akan berjalan lancar dan tidak memakan waktu yang cukup lama kira kira dua minggu saja.

Berikut 6 tata cara Mutasi Kendaraan Bermotor

Sebenarnya hal yang terpenting selain biaya adalah dokumen resmi yang wajib di miliki. tiap tiap kendaraan bermotor sudah pasti memiliki surat dokumen yang lengkap dan benar. ketika motor bekas berpindah kepemilikan maka seluruh isi dokumen juga harus berganti dari yang aslinya. dan juga apabila kendaraan berpindah lokasi maka proses mutasi juga wajib di lakukan guna mempermudah pengurusan berkas kendaraan nantinya.

Sekarang ini masih saja banyak yang merasa bingung tentang tata cara mutasi kendaraaan bermotor serta biaya yang di keluarkan. kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa proses mutasi kendaraan bermotor ini memerlukan waktu yang cukup lama dan biaya yang cukup besar. nahh supaya pandangan negatif masyarakat tentang mutasi motor berubah dari yang sebelumnya dan agar terhindar dari calo, saya akan memberikan panduan mutasi kendaraan bermotor.

1. Datang ke Samsat Tempat Asal Kendaraan

Biaya Balik Nama Dan Mutasi Motor

Memang proses mutasi motor ini anda di wajibkan harus bolak balik ke samsat. step pertama yang harus anda lakukan adalah, anda harus datang ke samsat asal kendaraan tersebut. nanti di sana anda harus melapor untuk meminta pencabutan berkas. usahakan sebelum kesana anda harus berpakaian rapi.

2. Melakukan Cek fisik Motor Di Samsat Asal

mutasi kendaraan bermotor

Dan jangan lupa anda harus membawa motor yang hendak anda mutasi sebab proses mutasi memerlukan cek fisik motor. biasanya cek fisik ini di lakukan di samsat asal kendaraan tersebut. nanti di sana petugas akan mulai bekerja dengan melakukan gesek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan guna memastikan sudah valid dan sesuai dengan dokumen yang di lampirkan. jika di rasa sudah cocok maka selanjutnya petugas akan melegalisir seluruh berkas tadi.

3. Serahkan Dokumen yang bersangkutan Ke Bagian Pelayanan Mutasi Kendaraan

Nah di bagian ini anda perlu teliti, usahakan berkas yang bersangkutan semuanya sudah lengkap. biasanya penyerahan dokumen ini di lakukan setelah proses cek fisik selesai. dokumen tersebut meliputi: fotokopy STNK, fotokopy BPKB dan KTP.

Lampirkan semua berkas tersebut bersamaan dengan formulir mutasi dan berkas legalisir cek fisik kendaraan. selanjutnya anda akan di suruh menyerahkan bukti pembayaran sesuai peraturan yang berlaku.

4. Ambil berkas Dari Kantor Samsat Asal

Nah pada bagian ini nantinya seluruh biaya akan terakumulasikan. sebab ada proses penerbitan STNK dan BPKB baru. selanjutnya anda akan di suruh pulang seraya menunggu beberapa hari. setelah itu anda akan di suruh ke samsat asal guna mengambil berkas tersebut. biasanya anda akan di beri tahu jangka waktu pengambilan tersebut. setelah semuanya
beres selanjutnya anda bisa ke kantor samsat tujuan untuk mengurus kelanjutan mutasi kendaraan.

5. Cek Fisik Kembali Di Samsat Tujuan

Di samsat tujuan nanti kendaraan anda akan kembali di lakukan cek fisik kendaraan. langkah langkah nya semuanya hampir sama dengan samsat asal sebelumnya. di sini petugas hanya akan memverifikasi keakuratan data sebelumnya. jika semuanya di rasa sudah cocok maka proses mutasi bisa di lanjutkan.

6. Menyelesaikan Proses Mutasi

Biaya Balik Nama Dan Mutasi Motor

Sedikit saran bila hendak melakukan proses mutasi ini sebaiknya biaya, waktu dan tenaga semuanya di persiapkan agar nantinya di tengah tengah tidak terjadi masalah. jika semuanya sudah lengkap anda segera bisa menyerahkan berkas tersebut ke loket yang di sediakan. BPKB asli juga ikut serta dalam pemeriksaan. setelah semuanya selesai anda sudah bisa mendapatkan dokumen baru sesuai data anda sendiri.

Perkiraan waktu yang di perlukan untuk proses mutasi secara mandiri ini kira kira 2 minggu. proses cabut berkas adalah yang memakan waktu cukup lama berkisar 5 hari.

Nah kira kira begitu teman teman prosedur mutasi secara mandiri, apabila anda sudah membaca paparan diatas di harapkan anda kedepanya jadi lebih paham mengenai proses mutasi kendaaraan. untuk biaya keseluruhan kira kira 1juta rupiah.

Bagi anda yang tidak ingin ketinggan perkembangan terbaru seputar dunia otomotif pastikan anda tetap stay di aufaproject.

Bagikan:

Tinggalkan komentar