Supaya Performa Honda Vario Tetap Halus, Berikut 5 Tips Merawat Honda Vario 

Supaya Performa Honda Vario Tetap Halus, Berikut 5 Tips Merawat Honda Vario

Aufaproject46.com – Hallo sobat otomotif, Honda Vario adalah salah satu jenis motor matic yang cukup populer di pasaran. Motor ini dibuat oleh pabrikan Honda dan terkenal karena memiliki CC yang besar, sehingga cocok untuk perjalanan jarak jauh. Meskipun memiliki CC besar, Honda Vario juga terkenal dengan konsumsi bahan bakar yang hemat.

Sebagai kendaraan bermotor, Honda Vario memerlukan perawatan yang tepat agar tetap dapat beroperasi dengan lancar tanpa ada masalah saat digunakan. Selain itu, memiliki mesin yang dalam kondisi normal juga akan meningkatkan nilai jual Honda Vario nantinya.

Pada kesempatan ini, kami ingin memberikan tips merawat Honda Vario agar tetap sehat dan terawat di jalanan. Berikut ini adalah beberapa saran yang dapat kami berikan kepada Anda semua:

Berikut 5 Tips Merawat Honda Vario

Tips Merawat Honda Vario

1. Panaskan Mesin Motor Saat Pagi Hari

Untuk memastikan motor Honda Vario Anda terus berjalan dengan baik, sebaiknya selalu panaskan mesin pada pagi hari sebelum Anda menggunakannya.

Ini bertujuan agar suhu oli sudah sesuai sebelum melumasi mesin, sehingga kinerja motor menjadi optimal saat digunakan. Cukup panaskan mesin selama 5-10 menit saja, dan sebaiknya menggunakan Kick Starter untuk menghidupkannya.

2. Ganti Oli Secara Berkala

Tips Merawat Honda Vario

Bagi Anda pengguna motor matic, mengganti oli secara teratur merupakan faktor penting untuk menjaga kondisi motor. Untuk itu, pastikan untuk mengganti oli secara rutin pada Honda Vario Anda agar motor terus berjalan dengan baik. Biasanya, jadwal pergantian oli dilakukan setiap 1000 KM.

Sedangkan untuk penggantian oli transmisi motor (oli gardan), maksimal perjalanan yang dapat dilakukan sebelum oli harus diganti adalah 5.000 KM. Jika Anda lupa berapa KM yang telah ditempuh, maka Anda bisa mengganti oli secara rutin setiap 2-3 bulan. Pastikan juga untuk menggunakan oli berkualitas terbaik untuk Honda Vario Anda.

3. BBM Jangan Sampai Telat

Untuk menjaga kesehatan mesin motor Honda Vario, hindari kebiasaan buruk seperti menunggu sampai motor kehabisan bensin. Kebiasaan ini harus dihindari karena bisa merusak mesin motor Honda Vario, terutama jika motor tersebut bertipe matic injeksi.

Jadi, apabila indikator bensin di speedometer sudah menunjukkan tanda E, segera isi bahan bakar hingga penuh.

4. Periksa Kondisi Roler Dan Vanbelt

Tips Merawat Honda Vario

Karena merupakan motor tipe matic, vanbelt dan roller merupakan komponen yang sangat penting karena menghubungkan mesin dengan roda motor.

Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa kondisi vanbelt dan roller motor Honda Vario secara berkala agar terjamin kondisinya yang prima.

Vanbelt terbuat dari karet, sehingga ada kemungkinan terputus saat sedang berjalan dan menyebabkan motor terhenti di tengah jalan. Jika terjadi hal ini, maka Anda harus mengganti vanbelt motor tersebut. Pastikan untuk menggunakan onderdil original agar kualitasnya terjamin dan bertahan lama.

5. Servis Secara Berkala

Sama seperti oli, melakukan servis berkala pada motor Honda Vario juga merupakan kewajiban yang harus dilakukan. Karena motor memainkan peran penting dalam aktivitas Anda, melakukan servis secara rutin juga bisa membuat motor lebih awet.

Dalam servis ini, biasanya dilakukan pembersihan pada karburator, filter, pengecekan kondisi rem, serta vanbelt motor. Pastikan juga mengganti oli saat melakukan servis ini agar performa motor menjadi maksimal. Anda bisa melakukan servis ini setiap 3 bulan sekali.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/