Habis Perjalanan Jauh? Berikut 5 Komponen Yang Wajib Di Perikas

Berikut 5 Komponen Yang Wajib Di Perikas

Aufaproject46.com – Hallo Sobat, Bagi anda yang sering melakukan perjalanan jauh atau touring wajib memeriksa komponen CVT.

Bengapa demikian, berdasarkan pengalaman dari salah satu mekanik kemungkinan besar terdapat kerusakan pada komponen CVT apalagi setelah di gunakan perjalanan jauh.

Pada umumnya kerusakan pada komponen CVT ini akan berdampak pada tarikan dan performa. Ujung-ujungnya akan motor akan menjadi boros bahan bakar minyak.

Untuk itu berikut daftar 5 komponen wajib pada CVT yang harus di periksa setelah perjalanan jauh.

1. Rumah Roller

Komponen Yang Wajib Di Perikas

Jalur bergerak roller ini bisa tergerus, efeknya pada tarikan yang berat dan tertahan. Kerusakannya bisa diakibatkan usia pakai, atau beban over load yang sering dibawa. Sudah pasti dalam perjalanan jauh otomatis para pengendara akan membawa barang yang juga lumayan over sehingga beban motor akan bertambah.

Jika memang sudah didapati jalur roller mengalami keausan, segera ganti baru bila ingin akselerasi kembali enak. Nah, ketika sudah ganti rumah roller baru, disarankan alur roller diberi gemuk secukupnya, supaya lebih awet,” wanti Jun.

2. Roller

Komponen Yang Wajib Di Perikas

Paling sering didapati jadi peyang atau hancur. Gejalanya terdengar bunyi ‘ngrecek-ngrecek’ di area CVT bagian depan. Solusinya harus ganti roller. Roller yang sudah keos atau bahkan hancur solusi utama nya adalah dengan mengganti dengan yang baru supaya kerusakan tidak merembet ke bagian CVT lainnya.

“Roller baru kalau mau lebih awet lagi, olesi gemuk (grease) secara tipis terlebih dulu. Ini pengalaman di skubek balap, roller jadi lebih awet,” ujar mekanik ini.

3. Damper Teflon (Slide Pieces)

Berjumlah tiga dan punya tugas menahan getaran dari rumah roller. Gejalanya terdengar bunyi klok-klok ketika putaran mesin stationer. Disarankan setiap mengganti roller, damper ini juga ikut diganti.

Fungsi dari komponen ini cukup penting dengan menahan getaran dari rumah roller kerusakan dalam area ini dapat di tandai apabila terdengar suara klok klok pada putaran mesin stationer untuk itu ketika mengganti roller komponen jnj juga ikut di ganti.

4. V-Belt

Komponen Yang Wajib Di Perikas

Berbahan karet dan selalu terkena panas, lama-lama pasti getas. Gejala rusaknya harus dilihat langsung, jika sudah retak-retak lebih baik langsung ganti baru.

Jika tidak, sewaktu-waktu v-belt bisa putus dan skutik tak bisa bergerak. Nah apabila anda abay atau terhadap masalah ini bisa saja motor anda akan mogok dan bisa lebih parah lagi.

5. Kampas Sentrifugal

Sering dengar bunyi mendecit? Ini karena kampas sudah tipis. Tanda lainnya mesin sudah teriak tapi kecepatan motor tak terlalu tinggi. Solusinya harus ganti.

jika sudah terdengar bunyi seperti mendecit kemungkinan itu di karenakan kampas sudah tipis, atau bisa di kenali dengan performa motor sudah tidak seperti semula lagi solusi terbaik nya dengan mengganti yang baru

Nah itulah tadi lima komponen yang wajib di periksa apabila anda habis berpergian jauh biasanya CVT adalah salah satu komponen yang sering terjadi masalah.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/