Apakah Boleh Menaruh HP di Jok Motor?

admin

Apakah Boleh Menaruh HP di Jok Motor?

Hallo semuanya, apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang apakah boleh menaruh HP di jok motor. Mungkin banyak dari kalian yang sering melakukannya, entah karena tidak ada tempat lain atau karena ingin praktis. Tapi, apakah kalian tahu dampaknya bagi HP dan motor kalian? Yuk, simak ulasan berikut ini.

Menaruh HP di jok motor adalah salah satu kebiasaan yang sering dilakukan oleh banyak pengendara motor, terutama saat sedang berkendara jauh atau ingin mengisi baterai HP. Namun, apakah kebiasaan ini aman dan tidak berbahaya bagi HP maupun pengendara motor? Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang menaruh HP di jok motor.

Apakah Boleh Menaruh HP di Jok Motor?

Alasan Mengapa Orang Menaruh HP di Jok Motor

Apakah Boleh Menaruh HP di Jok Motor?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang menaruh HP di jok motor:

  • Kemudahan Akses. Beberapa orang menaruh HP di jok motor karena ingin mudah mengakses HP mereka saat berkendara, misalnya untuk melihat peta, mendengarkan musik, atau menjawab panggilan. Mereka mungkin tidak memiliki tempat lain yang lebih aman atau nyaman untuk menyimpan HP mereka, seperti kantong jaket, tas pinggang, atau holder HP.
  • Pengisian Baterai. Beberapa orang menaruh HP di jok motor karena ingin mengisi baterai HP mereka saat berkendara, terutama jika HP mereka memiliki daya tahan baterai yang rendah atau sering habis. Mereka mungkin menggunakan kabel USB yang terhubung dengan soket motor atau power bank untuk mengisi baterai HP mereka. Mereka mungkin tidak menyadari bahwa pengisian baterai di jok motor dapat berisiko merusak HP mereka karena suhu panas atau tegangan listrik yang tidak stabil.
  • Kebiasaan atau Ketidaktahuan. Beberapa orang menaruh HP di jok motor karena sudah terbiasa atau tidak tahu bahwa hal itu berbahaya. Mereka mungkin menganggap bahwa menaruh HP di jok motor tidak ada bedanya dengan menaruh HP di tempat lain, seperti di meja, di sofa, atau di kasur. Mereka mungkin tidak mengetahui bahwa jok motor dapat memiliki suhu, getaran, benturan, dan kelembaban yang lebih tinggi daripada tempat lain, yang dapat merusak HP mereka.
Baca Juga :   Memilih Jok Motor yang Tepat : Faktor-faktor Penting yang Harus Diperhatikan

Risiko Menaruh HP di Jok Motor

Menaruh HP di jok motor memiliki beberapa risiko yang mungkin tidak Anda sadari, antara lain:

    • Suhu Panas. Jok motor yang terkena sinar matahari secara langsung atau berada dekat dengan mesin motor yang panas dapat meningkatkan suhu HP yang ditaruh di dalamnya. Suhu panas yang berlebihan dapat merusak komponen HP, seperti baterai, layar, kamera, dan lainnya. Suhu panas juga dapat menyebabkan HP menjadi cepat habis baterainya atau bahkan meledak.
    • Getaran dan Benturan. Saat berkendara, HP yang ditaruh di jok motor akan terkena getaran dan benturan yang cukup kuat, terutama saat melintasi jalan yang tidak rata atau berlubang. Getaran dan benturan ini dapat merusak HP, seperti menyebabkan layar retak, kamera pecah, atau komponen lainnya lepas. Getaran dan benturan juga dapat mengganggu kinerja HP, seperti menyebabkan HP menjadi lemot, hang, atau restart sendiri.
    • Keamanan. Menaruh HP di jok motor juga berisiko membuat HP Anda hilang atau dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Jika HP Anda tidak dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti kunci pola, PIN, atau sidik jari, maka orang yang mengambil HP Anda dapat dengan mudah mengakses data dan informasi pribadi Anda yang tersimpan di dalamnya. Hal ini tentu saja sangat berbahaya bagi privasi dan keamanan Anda.

Jadi, sudah jelas bahwa menaruh HP di jok motor bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Lalu, apa yang sebaiknya kalian lakukan?

Cara Aman Menyimpan HP Saat Berkendara

Apakah Boleh Menaruh HP di Jok Motor?

Cara Aman Menaruh HP di Jok Motor

Jika Anda tetap ingin menaruh HP di jok motor, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko yang telah disebutkan di atas, antara lain:

  • Gunakan Sarung atau Tas Khusus HP. Anda dapat menggunakan sarung atau tas khusus HP yang dapat melindungi HP Anda dari suhu panas, getaran, benturan, dan kelembaban. Sarung atau tas khusus HP biasanya terbuat dari bahan yang tahan panas, anti air, dan anti bentur, seperti kanvas, kulit, atau plastik. Sarung atau tas khusus HP juga dapat membuat HP Anda lebih aman dari pencurian, karena tidak mudah terlihat atau terbuka oleh orang lain.
  • Letakkan HP di Tempat yang Tidak Terlalu Panas. Anda dapat meletakkan HP Anda di tempat yang tidak terlalu panas, seperti di bawah jok motor, di samping jok motor, atau di dalam kantong jaket atau celana Anda. Tempat-tempat ini dapat mengurangi paparan sinar matahari atau panas mesin motor yang dapat merusak HP Anda. Namun, pastikan bahwa tempat-tempat ini tidak terlalu sempit atau menekan HP Anda, karena dapat menyebabkan HP Anda menjadi panas atau rusak.
  • Matikan atau Mode Pesawat HP Anda. Anda dapat mematikan atau mengaktifkan mode pesawat HP Anda saat menaruhnya di jok motor. Hal ini dapat menghemat baterai HP Anda dan mengurangi risiko HP Anda menjadi panas atau meledak. Mode pesawat juga dapat mencegah HP Anda menerima panggilan, pesan, atau notifikasi yang dapat mengganggu konsentrasi Anda saat berkendara. Jika Anda ingin tetap dapat berkomunikasi dengan HP Anda, Anda dapat menggunakan headset atau earphone yang terhubung dengan HP Anda.
Baca Juga :   Apakah Boleh Menaruh HP di Jok Motor?

Apakah menaruh HP di jok motor berbahaya bagi kesehatan?

Menaruh HP di jok motor dapat berbahaya bagi kesehatan Anda, baik secara langsung maupun tidak langsung. Berikut adalah beberapa dampak negatif yang dapat ditimbulkan oleh kebiasaan ini:

  • Paparan Radiasi. HP yang ditaruh di jok motor dapat memancarkan radiasi elektromagnetik yang lebih tinggi daripada HP yang ditaruh di tempat lain, karena HP akan berusaha mencari sinyal yang lebih kuat saat bergerak. Radiasi elektromagnetik dapat menembus kulit dan jaringan tubuh Anda, dan dapat menyebabkan kerusakan DNA, kanker, gangguan saraf, atau gangguan reproduksi. Paparan radiasi juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit degeneratif, seperti Alzheimer, Parkinson, atau demensia.
  • Gangguan Konsentrasi. HP yang ditaruh di jok motor dapat mengganggu konsentrasi Anda saat berkendara, karena Anda mungkin akan tergoda untuk melihat atau menyentuh HP Anda saat mendengar suara notifikasi, panggilan, atau pesan. Hal ini dapat membuat Anda kurang fokus pada jalan dan situasi sekitar Anda, dan dapat meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan. Kecelakaan dapat menyebabkan luka, patah tulang, atau bahkan kematian bagi Anda atau orang lain.
  • Gangguan Tidur. HP yang ditaruh di jok motor dapat mengganggu tidur Anda, karena HP dapat memancarkan cahaya biru yang dapat menghambat produksi hormon melatonin, yang berfungsi untuk mengatur siklus tidur dan bangun Anda. Cahaya biru juga dapat merangsang otak Anda untuk tetap terjaga, dan dapat mengurangi kualitas dan kuantitas tidur Anda. Kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penurunan daya ingat, penurunan imunitas, peningkatan stres, atau peningkatan berat badan.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda menghindari menaruh HP di jok motor, dan mencari tempat yang lebih aman dan nyaman untuk menyimpan HP Anda saat berkendara. Anda juga dapat mematikan atau mengaktifkan mode pesawat HP Anda saat berkendara, agar tidak terganggu oleh HP Anda.

Baca Juga :   Apakah Boleh Menaruh HP di Jok Motor?

Kesimpulan

Menaruh HP di jok motor adalah kebiasaan yang tidak disarankan, karena memiliki banyak risiko yang dapat merusak HP maupun mengancam keselamatan Anda. Jika Anda tetap ingin menaruh HP di jok motor, Anda dapat mengikuti beberapa cara yang telah dijelaskan di atas untuk mengurangi risiko tersebut. Namun, sebaiknya Anda tetap berhati-hati dan waspada saat berkendara, dan jangan sampai HP Anda mengalihkan perhatian Anda dari jalan.

Dari pembahasan di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa menaruh HP di jok motor bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Karena, ada banyak risiko yang bisa terjadi bagi HP dan motor kalian, seperti jatuh, rusak, atau hilang. Oleh karena itu, sebaiknya kalian menyimpan HP di tempat yang aman dan sesuai dengan kondisi berkendara kalian, seperti saku, tas, atau dashboard. Dengan begitu, kalian bisa lebih tenang dan fokus saat berkendara, serta menjaga HP kalian tetap awet dan berfungsi dengan baik. Selamat berkendara dan semoga bermanfaat! 😊

Demikianlah artikel tentang Apakah Boleh Menaruh HP di Jok Motor?, yang saya buat untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar