Cara meningkatkan performa Honda Vario 160 dengan Roller Vario 150

admin

Cara meningkatkan performa Honda Vario 160

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Honda Vario 160 adalah salah satu motor matik yang populer di Indonesia. Motor ini memiliki desain yang sporty, fitur yang canggih, dan performa yang tangguh. Namun, bagi Anda yang ingin meningkatkan performa Honda Vario 160, ada salah satu cara yang mudah dan murah, yaitu dengan mengganti roller Vario 160 dengan roller Vario 150.

Apa itu Roller?

Cara meningkatkan performa Honda Vario 160

Roller adalah salah satu komponen yang terdapat di dalam CVT (Continuously Variable Transmission), yaitu sistem transmisi yang digunakan oleh motor matik. Roller berfungsi untuk mengatur perbandingan rasio antara putaran mesin dan putaran roda, yang akan mempengaruhi akselerasi, kecepatan, dan konsumsi bahan bakar motor.

Roller berbentuk seperti bola yang terbuat dari besi atau plastik, yang ditempatkan di antara dua piringan yang disebut pulley. Pulley terdiri dari dua bagian, yaitu pulley primer yang terhubung dengan mesin, dan pulley sekunder yang terhubung dengan roda. Ketika mesin berputar, pulley primer akan menekan roller, yang akan mendorong pulley sekunder. Dengan begitu, putaran mesin akan ditransmisikan ke putaran roda.

Roller memiliki ukuran dan berat yang berbeda-beda, yang akan mempengaruhi karakteristik motor. Ukuran roller biasanya diukur dalam satuan gram (g), sedangkan berat roller biasanya diukur dalam satuan milimeter (mm). Semakin besar ukuran roller, semakin besar pula berat roller. Semakin besar berat roller, semakin besar pula gaya yang diberikan oleh roller kepada pulley sekunder.

Bagaimana cara kerja Roller Vario 150 dan Roller Vario 160?

Cara kerja roller Vario 150 dan roller Vario 160 adalah sebagai berikut:

  • Roller Vario 150. Roller Vario 150 memiliki ukuran 10 gram dan berat 20 x 12 mm, yang berarti roller ini memiliki gaya yang lebih besar daripada roller Vario 160. Gaya yang lebih besar ini akan mendorong pulley sekunder dengan lebih kuat, sehingga rasio antara putaran mesin dan putaran roda akan menjadi lebih besar. Rasio yang lebih besar ini akan meningkatkan akselerasi dan kecepatan motor, namun akan mengurangi konsumsi bahan bakar motor. Dengan kata lain, roller Vario 150 akan membuat motor lebih bertenaga, namun lebih boros.
  • Roller Vario 160. Roller Vario 160 memiliki ukuran 13 gram dan berat 18 x 14 mm, yang berarti roller ini memiliki gaya yang lebih kecil daripada roller Vario 150. Gaya yang lebih kecil ini akan mendorong pulley sekunder dengan lebih lemah, sehingga rasio antara putaran mesin dan putaran roda akan menjadi lebih kecil. Rasio yang lebih kecil ini akan mengurangi akselerasi dan kecepatan motor, namun akan meningkatkan konsumsi bahan bakar motor. Dengan kata lain, roller Vario 160 akan membuat motor lebih hemat, namun lebih lemah.
Baca Juga :   Lima Penyebab Motor Mati Mendadak dan cara mengatasi nya.

Berikut ini adalah ilustrasi cara kerja roller Vario 150 dan roller Vario 160:

graph LR
A[Roller Vario 150] -->|Gaya besar| B[Pulley sekunder]
B -->|Rasio besar| C[Akselerasi dan kecepatan tinggi]
C -->|Konsumsi bahan bakar tinggi| D[Motor bertenaga, namun boros]
E[Roller Vario 160] -->|Gaya kecil| F[Pulley sekunder]
F -->|Rasio kecil| G[Akselerasi dan kecepatan rendah]
G -->|Konsumsi bahan bakar rendah| H[Motor hemat, namun lemah]

Apa Perbedaan Roller Vario 160 dan Roller Vario 150?

Roller Vario 160 dan Roller Vario 150 adalah dua jenis roller yang digunakan oleh motor matik Honda Vario. Roller Vario 160 adalah roller yang digunakan oleh Honda Vario 160, sedangkan Roller Vario 150 adalah roller yang digunakan oleh Honda Vario 150. Roller Vario 160 dan Roller Vario 150 memiliki perbedaan dalam hal ukuran dan berat, yang akan mempengaruhi performa motor.

Roller Vario 160 memiliki ukuran 13 gram dan berat 18 x 14 mm, sedangkan Roller Vario 150 memiliki ukuran 10 gram dan berat 20 x 12 mm. Dengan perbedaan tersebut, Roller Vario 150 memiliki gaya yang lebih besar daripada Roller Vario 160, yang akan mendorong pulley sekunder dengan lebih kuat. Dengan begitu, Roller Vario 150 akan meningkatkan akselerasi dan kecepatan motor, namun akan mengurangi konsumsi bahan bakar motor.

Cara meningkatkan performa Honda Vario 160

Keuntungan Menggunakan Roller Vario 150 pada Honda Vario 160

Keuntungan menggunakan roller Vario 150 pada Honda Vario 160 adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan Akselerasi Motor. Dengan menggunakan roller Vario 150, Anda bisa meningkatkan akselerasi motor, yaitu kemampuan motor untuk mencapai kecepatan tertentu dalam waktu singkat. Hal ini karena roller Vario 150 memiliki gaya yang lebih besar daripada roller Vario 160, yang akan mendorong pulley sekunder dengan lebih kuat, sehingga rasio antara putaran mesin dan putaran roda akan menjadi lebih besar. Rasio yang lebih besar ini akan membuat motor lebih responsif dan cepat saat di gas. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan motor yang lebih bertenaga dan menyenangkan.
  • Meningkatkan Kecepatan Motor. Dengan menggunakan roller Vario 150, Anda bisa meningkatkan kecepatan motor, yaitu kemampuan motor untuk mencapai jarak tertentu dalam waktu singkat. Hal ini karena roller Vario 150 memiliki gaya yang lebih besar daripada roller Vario 160, yang akan mendorong pulley sekunder dengan lebih kuat, sehingga rasio antara putaran mesin dan putaran roda akan menjadi lebih besar. Rasio yang lebih besar ini akan membuat motor lebih cepat dan kencang saat di jalanan. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan motor yang lebih sporty dan agresif.
  • Menyesuaikan dengan Modifikasi Motor. Dengan menggunakan roller Vario 150, Anda bisa menyesuaikan dengan modifikasi motor yang Anda lakukan, seperti ganti knalpot, filter udara, atau busi. Modifikasi motor bisa mempengaruhi parameter-parameter yang ada di dalam ECU motor, sehingga bisa menyebabkan ketidaksesuaian atau ketidakseimbangan. Dengan menggunakan roller Vario 150, Anda bisa mengubah parameter-parameter tersebut agar lebih optimal dan sesuai dengan karakteristik motor Anda. Misalnya, Anda bisa menyesuaikan suplai bahan bakar, pengapian, atau udara masuk dengan knalpot, filter udara, atau busi yang Anda ganti. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan harmonis dari modifikasi motor Anda.
Baca Juga :   Kurang Puas Dengan Performa Vario 160? Berikut Cara Agar tarikan vario 160 Semakin enteng

Dengan keuntungan-keuntungan tersebut, menggunakan roller Vario 150 pada Honda Vario 160 bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin meningkatkan performa motor Anda. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan kerugian dari menggunakan roller Vario 150, yaitu mengurangi konsumsi bahan bakar motor, yang akan membuat motor lebih boros. Anda juga harus memperhatikan cara pemasangan dan perawatan roller Vario 150, agar tidak menimbulkan masalah atau kerusakan pada motor Anda.

Cara meningkatkan performa Honda Vario 160

Bagaimana Cara Mengganti Roller Vario 160 dengan Roller Vario 150?

Untuk mengganti Roller Vario 160 dengan Roller Vario 150, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Lepaskan Cover CVT. Langkah pertama adalah melepaskan cover CVT, yaitu penutup yang melindungi CVT dari debu atau kotoran. Anda bisa menggunakan kunci L untuk melepaskan baut atau mur yang mengikat cover CVT dengan rangka motor. Pastikan Anda menyimpan baut atau mur tersebut dengan baik, agar tidak hilang atau tertukar saat memasang kembali cover CVT.
  • Lepaskan V-Belt. Langkah kedua adalah melepaskan V-Belt, yaitu sabuk yang menghubungkan pulley primer dan pulley sekunder. Anda bisa menggunakan kunci pas untuk melepaskan baut atau mur yang mengikat pulley primer dengan poros engkol. Pastikan Anda menyimpan baut atau mur tersebut dengan baik, agar tidak hilang atau tertukar saat memasang kembali V-Belt. Setelah itu, Anda bisa melepaskan V-Belt dari pulley primer dan pulley sekunder dengan cara menariknya keluar.
  • Lepaskan Roller Lama. Langkah ketiga adalah melepaskan roller lama, yaitu roller yang terdapat di dalam pulley primer. Anda bisa menggunakan obeng atau tang untuk melepaskan penjepit yang mengunci roller lama di dalam pulley primer. Setelah itu, Anda bisa melepaskan roller lama dari pulley primer dengan cara mengangkatnya keluar. Pastikan Anda membersihkan pulley primer dari debu, kotoran, atau minyak yang menempel, agar tidak mengganggu pemasangan roller baru.
  • Pasang Roller Baru. Langkah keempat adalah memasang roller baru, yaitu roller Vario 150, di dalam pulley primer. Anda bisa meletakkan roller baru di tempat yang sama dengan roller lama, yaitu di antara dua piringan yang ada di dalam pulley primer. Pastikan Anda memasang roller baru dengan benar dan rapi, agar tidak melintir atau terbalik. Setelah itu, Anda bisa mengunci roller baru dengan penjepit yang sama dengan yang digunakan untuk roller lama.
  • Pasang Kembali V-Belt. Langkah kelima adalah memasang kembali V-Belt, yaitu sabuk yang menghubungkan pulley primer dan pulley sekunder. Anda bisa meletakkan V-Belt di atas pulley primer dan pulley sekunder dengan cara menekan atau memutar V-Belt. Pastikan Anda memasang V-Belt dengan benar dan rapat, agar tidak melorot atau terlepas saat motor berjalan. Setelah itu, Anda bisa mengikat pulley primer dengan poros engkol dengan baut atau mur yang sama dengan yang digunakan sebelumnya.
  • Pasang Kembali Cover CVT. Langkah keenam adalah memasang kembali cover CVT, yaitu penutup yang melindungi CVT dari debu atau kotoran. Anda bisa meletakkan cover CVT di tempat yang sama dengan sebelumnya, yaitu di samping kanan motor. Pastikan Anda memasang cover CVT dengan benar dan rapi, agar tidak goyang atau bocor saat motor berjalan. Setelah itu, Anda bisa mengikat cover CVT dengan rangka motor dengan baut atau mur yang sama dengan yang digunakan sebelumnya.
Baca Juga :   Ciri-Ciri Throttle Body Motor Bermasalah, & Cara mengatasinya

Catatan Penting

Meskipun Roller Vario 150 dapat meningkatkan performa Honda Vario 160 Anda, namun perlu diingat bahwa penggunaan aftermarket parts dapat mempengaruhi garansi motor Anda. Pastikan untuk mempertimbangkan hal ini sebelum memutuskan untuk memasang Roller Vario 150 pada motor Anda.

Tips Tambahan Meningkatkan Performa vario 160

Ada banyak cara untuk meningkatkan performa Honda Vario 160 salah satunya dengan roller Vario 150 dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan performa sepeda motor Anda:

  1. Ganti Roller: Mengganti roller standar dengan roller yang lebih ringan atau berbahan material kinerja tinggi dapat meningkatkan akselerasi sepeda motor. Pastikan untuk memilih roller yang sesuai dengan spesifikasi mesin Vario 160 Anda.
  2. Adjust CVT: Sesuaikan pegas CVT (Continuously Variable Transmission) untuk meningkatkan respons akselerasi. Pegas yang lebih keras dapat membantu meningkatkan performa, tetapi pastikan untuk tidak terlalu keras agar tidak merusak komponen lainnya.
  3. Ubah Perbandingan Gigi: Mengganti gigi belakang dengan yang memiliki perbandingan yang lebih pendek dapat meningkatkan torsi dan akselerasi. Namun, ini juga dapat memengaruhi kecepatan maksimal.
  4. Tuning ECU: Melakukan tuning pada Electronic Control Unit (ECU) dapat membantu mengoptimalkan performa mesin. Ini dapat dilakukan oleh bengkel yang berpengalaman dalam tuning ECU.
  5. Perawatan Rutin: Pastikan untuk melakukan pemeliharaan rutin seperti pergantian oli, pembersihan filter udara, dan penggantian busi. Mesin yang terawat dengan baik cenderung memberikan performa yang lebih baik.
  6. Ganti Knalpot: Mengganti knalpot standar dengan knalpot after-market yang dirancang untuk meningkatkan aliran udara dan pembuangan dapat memberikan peningkatan performa.
  7. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas: Gunakan bahan bakar yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Bahan bakar yang baik dapat meningkatkan efisiensi mesin.
  8. Periksa dan Sesuaikan Injektor: Pastikan injektor berfungsi dengan baik dan sesuaikan setelan jika diperlukan. injektor yang baik dapat meningkatkan respons gas dan efisiensi bahan bakar.

Sebelum melakukan perubahan signifikan, penting untuk memahami bahwa melakukan modifikasi pada sepeda motor dapat memengaruhi garansi dan performa keseluruhan. Pastikan untuk berkonsultasi dengan mekanik atau bengkel yang berpengalaman sebelum melakukan perubahan signifikan pada sepeda motor Anda.

Kesimpulan

Cara meningkatkan performa Honda Vario 160 dengan Roller Vario 150 adalah dengan mengganti roller Vario 160 dengan roller Vario 150, yang memiliki ukuran dan berat yang berbeda. Dengan mengganti roller Vario 160 dengan roller Vario 150, Anda bisa meningkatkan akselerasi dan kecepatan motor, namun akan mengurangi konsumsi bahan bakar motor. Cara mengganti roller Vario 160 dengan roller Vario 150 adalah dengan melepaskan cover CVT, melepaskan V-Belt, melepaskan roller lama, memasang roller baru, memasang kembali V-Belt, dan memasang kembali cover CVT. Dengan mengganti roller Vario 160 dengan roller Vario 150, Anda bisa mendapatkan motor yang lebih bertenaga, responsif, dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Demikianlah artikel tentang Cara meningkatkan performa Honda Vario 160 dengan Roller Vario 150, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar