Apa Itu CC Motor dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

admin

Apa Itu CC Motor dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Aufaproject46.com – Hay Bro And Sist, Motor adalah salah satu kendaraan yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Motor memiliki berbagai macam jenis, model, dan spesifikasi. Salah satu spesifikasi yang sering menjadi pertimbangan dalam memilih motor adalah CC motor.

CC motor adalah singkatan dari cubic centimeter, yang merupakan satuan volume silinder mesin motor. CC motor menunjukkan kapasitas mesin motor, yaitu seberapa besar ruang bakar yang ada di dalam silinder mesin. CC motor berpengaruh pada performa motor, seperti tenaga, torsi, kecepatan, dan konsumsi bahan bakar.

Namun, apakah Anda tahu bagaimana cara menghitung CC motor? Dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi CC motor? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu CC Motor

Cara Menghitung CC Motor

Untuk menghitung CC motor, Anda harus mengetahui beberapa variabel yang terlibat dalam perhitungan tersebut. Variabel-variabel tersebut antara lain:

Diameter Silinder

Diameter silinder adalah jarak antara dua sisi dinding silinder mesin. Diameter silinder biasanya diukur dalam satuan milimeter (mm). Diameter silinder menentukan seberapa besar diameter piston yang bergerak di dalam silinder.

Langkah Piston

Langkah piston adalah jarak tempuh piston dari titik mati atas (TMA) ke titik mati bawah (TMB). Langkah piston biasanya diukur dalam satuan milimeter (mm). Langkah piston menentukan seberapa jauh piston bergerak di dalam silinder.

Jumlah Silinder

Jumlah silinder adalah banyaknya silinder yang ada di dalam mesin motor. Jumlah silinder biasanya berkisar antara satu hingga empat, tergantung pada jenis dan kapasitas mesin motor. Jumlah silinder menentukan seberapa banyak ruang bakar yang ada di dalam mesin motor.

Baca Juga :   17 Tips Mudik Naik Motor, Agar Aman sampai Kampung Halaman

Apa Itu CC Motor

Setelah Anda mengetahui variabel-variabel tersebut, Anda bisa menghitung CC motor dengan menggunakan rumus berikut:

CC motor = (π x (diameter silinder / 2)² x langkah piston x jumlah silinder) / 1000

Rumus tersebut bisa Anda gunakan untuk menghitung CC motor dengan mudah dan cepat. Namun, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Anda harus mengubah satuan milimeter (mm) menjadi sentimeter (cm) sebelum menghitung CC motor. Caranya adalah dengan membagi nilai milimeter dengan 10. Misalnya, jika diameter silinder adalah 50 mm, maka Anda harus membaginya dengan 10 untuk mendapatkan 5 cm.
  • Anda harus menggunakan nilai π yang tepat untuk menghitung CC motor. Nilai π yang umum digunakan adalah 3,14. Namun, Anda bisa menggunakan nilai π yang lebih akurat, yaitu 3,14159. Nilai π yang lebih akurat akan memberikan hasil CC motor yang lebih presisi.
  • Anda harus membulatkan hasil CC motor yang Anda dapatkan ke angka terdekat. Misalnya, jika hasil CC motor yang Anda dapatkan adalah 124,56, maka Anda harus membulatkannya menjadi 125. Hal ini untuk memudahkan Anda dalam mengingat dan menyebutkan CC motor Anda.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi CC Motor

CC motor adalah salah satu spesifikasi yang penting dalam motor. CC motor berpengaruh pada performa motor, seperti tenaga, torsi, kecepatan, dan konsumsi bahan bakar. Namun, CC motor tidak hanya ditentukan oleh kapasitas mesin motor saja. Ada beberapa faktor lain yang mempengaruhi CC motor, antara lain:

Tekanan Kompresi

Tekanan kompresi adalah tekanan udara yang terjadi di dalam ruang bakar saat piston mencapai TMA. Tekanan kompresi biasanya diukur dalam satuan bar atau psi. Tekanan kompresi berpengaruh pada efisiensi pembakaran bahan bakar di dalam mesin motor.

Baca Juga :   Yuk Intip Sejarah Honda Vario Dari Masa Ke Masa

Semakin tinggi tekanan kompresi, semakin baik efisiensi pembakaran bahan bakar. Hal ini akan meningkatkan tenaga dan torsi motor. Namun, tekanan kompresi yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan knocking, yaitu suara berdetak yang timbul akibat pembakaran yang tidak sempurna. Knocking bisa merusak mesin motor.

Rasio Bore Stroke

Rasio bore stroke adalah perbandingan antara diameter silinder dan langkah piston. Rasio bore stroke biasanya ditulis dalam bentuk pecahan, misalnya 1:1, 1:1,5, atau 1:2. Rasio bore stroke berpengaruh pada karakteristik mesin motor.

Semakin besar rasio bore stroke, semakin besar diameter silinder dibandingkan dengan langkah piston. Hal ini akan meningkatkan kecepatan motor, karena piston bisa bergerak lebih cepat di dalam silinder. Namun, rasio bore stroke yang terlalu besar juga bisa menyebabkan overheat, yaitu panas berlebihan yang timbul di dalam mesin motor. Overheat bisa merusak mesin motor.

Semakin kecil rasio bore stroke, semakin kecil diameter silinder dibandingkan dengan langkah piston. Hal ini akan meningkatkan torsi motor, karena piston bisa mendorong roda lebih kuat. Namun, rasio bore stroke yang terlalu kecil juga bisa menyebabkan underpower, yaitu tenaga yang kurang maksimal yang timbul di dalam mesin motor. Underpower bisa mengurangi performa motor.

Sistem Pembakaran

Sistem pembakaran adalah sistem yang mengatur proses pembakaran bahan bakar di dalam mesin motor. Sistem pembakaran terdiri dari beberapa komponen, seperti busi, injektor, karburator, katup, dan lain-lain. Sistem pembakaran berpengaruh pada kualitas pembakaran bahan bakar di dalam mesin motor.

Semakin baik sistem pembakaran, semakin baik kualitas pembakaran bahan bakar. Hal ini akan meningkatkan efisiensi dan performa motor. Namun, sistem pembakaran yang buruk bisa menyebabkan pembakaran yang tidak sempurna, yang bisa menimbulkan asap, polusi, atau kerusakan mesin.

Baca Juga :   MotoGP 2021 Styria, Rossi Memiliki Determinasi Tinggi Ungkap Direktur Akademi VR46 Alessio Lucci

Kesimpulan

Demikianlah artikel tentang apa itu CC motor dan bagaimana cara menghitungnya. Dengan mengetahui CC motor, Anda bisa memilih motor yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Anda juga bisa merawat motor Anda dengan baik dengan mengganti oli, filter, dan komponen lainnya sesuai dengan CC motor Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam memahami CC motor. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Kami akan dengan senang hati menjawabnya. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Demikianlah artikel tentang Apa Itu CC Motor dan Bagaimana Cara Menghitungnya?, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar