Mengapa AC Mobil Tiba Tiba Tidak Dingin? Cek Solusinya Disini!

Saat macet di tengah panasnya perjalanan tapi AC mobil tiba tiba tidak dingin tentu akan mengesalkan. Seringkali pengendara memilih menggunakan mobil karena adanya AC dan bisa terlindung dari panas langsung. Namun akan lebih mengecewakan jika sudah menggunakan mobil tapi tetap kepanasan. Sebenarnya ada beberapa hal yang membuat ini bisa terjadi.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Sebenarnya jika AC mobil tiba tiba tidak dingin bukan selalu berarti rusak. Ada beberapa hal yang menyebabkan hal ini. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan berikut.

1. Kabin yang Kotor

AC mobil bekerja dengan membuat sirkulasi udara dalam kabin. Ini jugca berarti AC akan ikut menyaring kotoran-kotoran yang terdapat di kabin. Oleh karena itu, jika kabin kotor dan tidak dijaga kebersihannya dengan baik maka AC juga bisa menjadi tidak dingin. Ini karena debu-debu dan kotoran memenuhi filter AC.

2. Freon AC Habis

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa AC bisa memberikan udara yang dingin dan sejuk karena adanya Freon AC. Tentu habisnya Freon AC membuat AC menjadi tidak bisa membuat sirkulasi udara dan mendinginkannya. Ketika Freon AC mobil habis, energi mobil pembaca akan tetap terserap seperti penggunaan AC biasa namun udara tidak dingin.

3. Radiator AC yang Kotor

Sebab lain ialah radiator AC yang kotor. Sekali lagi, kebersihan mobil memang sangat penting untuk dijaga agar mobil dan fitur-fiturnya bisa bekerja dengan normal. Radiator yang kotor akan menyumbat sirkulasi AC untuk membuat sirkulasi udara yang dingin. Lebih buruknya lagi, ini bisa menyebabkan karat di mesin akibat bekerja terlalu keras.

4. Cooling Fan Tidak Berfungsi

Cooling Fan adalah bagian mesin yang menyebarkan sirkulasi udara. Bagian ini memang berbentuk seperti kipas. Apabila cooling fan tidak berfungsi, AC mobil tidak akan terasa dingin sekalipun sudah dinyalakan maksimum. Ini dikarenakan kerusakan cooling fan memicu kondensor yang bertugas membuang udara panas mobil tidak berfungsi dengan semestinya.

5. AC Overheat

Pemasangan oli kompresor yang berlebihan dapat memberikan tekanan yang tinggi pada Freon. Tekanan tinggi ini membuat kompresor overheat atau sangat panas. Kompresor dengan suhu yang tidak wajar ini akan menghambat proses kondensasi dan membuat udara mobil menjadi panas. Dengan begitu AC mobil menjadi tidak dingin.

Solusi Mengatasinya

Meskipun banyak hal yang bisa menyebabkan AC menjadi tidak dingin, pembaca bisa mencegahnya untuk terjadi. Jika sudah terjadi pun, pembaca bisa mencoba solusi berikut ini untuk mengatasinya.

1. Jaga Kebersihan Mobil

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, kebersihan mobil ialah hal yang sangat penting. Bersih atau kotornya mobil dapat mempengaruhi cara kerja fitur-fitur mobil. Pembaca harus rajin-rajin membersihkan mobil beserta bagian-bagiannya. Bersihkan filter AC mobil minimal 1-2 minggu sekali. Dengan menjaga kebersihan kabin, AC mobil pembaca akan lebih awet dinginnya.

2. Servis Secara Berkala

Jangan lupakan tanggal servis berkala. Untuk memiliki mobil dengan performa yang prima seperti baru, pembaca harus memberikan perawatan yang rutin. Servis secara berkala juga akan membantu pembaca mengetahui gejala atau kerusakan fitur mobil sebelum terjadi atau lebih parah lagi. Pastikan untuk melakukan servis di bengkel terpercaya.

Itulah sebab mengapa AC mobil tiba tiba tidak dingin dan solusi untuk mengatasinya. Pastinya, AC mobil pembaca yang mendadak tidak terasa dingin bukanlah tanpa sebab. Cuaca dan terik matahari sangat mungkin mempengaruhi. Namun, pengaruhnya tidak akan begitu ekstrim. Segera pergi ke bengkel jika AC mobil pembaca tidak dingin.

 

Bagikan:

Tinggalkan komentar