6 Keunggulan Motor Kopling dibanding Jenis Motor Lain yang perlu Anda Tahu!

6 Keunggulan Motor Kopling dibanding Jenis Motor Lain yang perlu Anda Tahu!

Motor kopling

Aufaproject46.com Hallo masbro, Motor kopling atau biasa disebut dengan motor manual terkenal dengan kenyamanan dalam mengendarainya saat bepergian jauh. Misalnya Honda Megapro dan Honda CB400 karena motor kopling tersebut dirancang nyaman untuk perjalanan jauh.

Memang diawal cara mengendarainya agak sulit dibanding motor matic, tetapi saat sudah mahir akan terasa mudah dan stamina tetap terjaga karena kenyamanannya. Selain itu, penampilan motor manual tersebut tampak lebih keren. Berikut ini keunggulan-keunggulan yang dimiliki motor manual :

  • Full Control Saat Over Gigi

Anda bisa mengatur perpindahan transmisi motor sesuai keinginan. Bisa menggeber gas sekencang-kencangnya atau ingin sehalus mungkin juga bisa! Semuanya ada dalam kendali tangan kiri Anda.

  • Over Gigi Bisa Halus

Saat Anda mengendarai motor bebek harus memaksakan kaki untuk mengoper gigi meskipun proses perpindahannya tersa berat. Sedangkan proses perpindahan gigi pada motor kopling akan dapat dibuat sehalus mungkin.

Hal tersebut karena proses dari perpindahan gigi pada sebuah motor kopling memang tidak terpaut dengan adanya putaran mesin. Dengan begitu, kondisi gear Anda akan tetap terawat serta tahan lama.

  • Mudah Sebuah Engine Brake

Salah satu dari tehnik memperlambat akan laju motor yaitu dengan cara memanfaatkan sebuah mesin motor itu sendiri yang biasa disebut Engine Brake. Tehnik tersebut sangat mudah jika mengendarai motor kopling.

Anda tinggal menarik tuas kopling serta melepasnya secara perlahan sampai motor melambat perlahan-lahan. Sebelum Engine Brake Anda juga bisa menurunkan giginya terleh dahulu dan motor pun akan melambat tanpa menggunakan rem.

Tujuan menggunakan Engine Brake  adalah untuk digunakan pada tanjakan atau turunan. Engine Brake berfungsi untuk meringankan beban rem ketika motor melaju. Jika tergantung pada rem saja maka temperatur dari kanvas rem akan semakin tinggi sehingga efektivitas pengereman menurun.

Di samping itu, konsentrasi pada rem dengan waktu lama akan mengurangi kewaspadaan Anda selama berkendara. Dengan begitu, Anda sangat penting belajar tehnik Engine Brake.

  • Murah Biaya prawatannya

Biaya perawatan motor kopling tergolong murah. Anda hanya butuh servis mesin secra rutina dan mengganti pelumas sehingga kesehatannya akan selalu terjaga. Sedangkan untuk motor matic seperti halnya CVT, belt, dan juga roller itu ada 2 oli yang memang harus rutin untuk diganti.

  • Mudah Perawatannya

Selain perawatannya murah, motor kopling perawatannya juga mudah. Anda dapat menganti oli sendiri tanpa harus pergi ke montir. Di samping itu, Anda hanya perlu menyervisnya 2 atu 3 bulan sekali.

  • Aman dalam Berkendaran

Motor manual menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan  juga menawarkan keamanan dalam berkendaraaan. Anda mungkin sering melihat motor bebek dan matic yang melaju diluar kendali saat tidak diinginkan.

Hal atas jarang terjadi pada motor manual saat Anda mengendarainya. Kondisi tersebut karena tangan kiri Anda pasti sudah siap menggengam tuas kopling sebagai kontrol dari motor.

Selain keunggual-keunggulan tersebut, motor manual juga mempunyai kekurangan. Kekurangan dari motor kopling adalah dari volum kendaraan yang besar serta bebannya lebih berat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar