5 Tips Mencegah Motor Cepat Panas

5 Tips Mencegah Motor Cepat Panas

5 Tips Mencegah Motor Cepat PanasAufaproject46.com Hallo masbro, Pengendara sepeda motor sering kali mengeluhkan kendaraannya yang cepat sekali panas. Hal itu biasa disebut dengan overheat. Dimana, overheat ini terjadi akibat beberapa faktor meskipun Anda telah menggunakan oli motor yang terbaik.

Padahal, overheat ini bisa mengakibatkan mesin sepeda motor menjadi cepat rusak dan bisa mengeluarkan asap yang sangat mengganggu lingkungan dan pengendara lain. Salah satu hal yang dapat menyebabkan motor overhead yaitu seringnya motor terjebak di tengah kemacetan.

Jika motor Anda sudah terlanjur mengalami overheat, maka pertama sekali Anda harus mematikan mesin dan mendinginkan motor sebelum digunakan kembali. Dan untuk menghindari overheat pada motor kesayangan Anda, lakukan beberapa tips bawah ini!

Motor cepat Panas

Memanaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan

Daripada motor Anda cepat rusak, lebih baik melakukan pencegahan sebelum terjadi overheat. Untuk itu, Anda perlu memanaskan mesin motor sebelum digunakan. Sebab, biasanya motor cepat panas dikarenakan tidak adanya pemanasan terhadap mesin terlebih dahulu.

Gunakan Oli yang Sesuai

Peran oli sangat penting bagi kendaraan. Di antaranya yaitu untuk mengatur suhu di dalam ruangan mesin dan melindungi mesin. Oleh karena itu, setiap pengendara atau pemilik motor disarankan untuk rutin mengganti oli motor sesuai jarak penggunanya dan menggunakan oli yang sesuai dengan jenis motornya.

Untuk mengetahui oli mana yang tepat untuk motor Anda, cukup lihat di buku petunjuk motor tersebut. Anda juga bisa bertanya kepada ahlinya atau mekanik untuk mengetahui hal tersebut.

Periksa Cairan Pendingin

Sesuai dengan namanya, cairan pendingin (Water Coolant) merupakan cairan yang ada di dalam mesin motor, yang berfungsi untuk mendinginkan sepeda motor ketika dikendarai. Oleh karena itu, Anda perlu rutin mengecek apakah cairan pendingin berkurang atau tidak. Sebab, jika cairan pendingin berkurang maka motor Anda akan cepat mengalami overheat.

Atur Kerapatan Piston

Untuk mencegah dan menghindari motor cepat panas, Anda juga perlu mengatur kerapatan piston. Jangan sampai piston terlalu rapat karena bisa menyebabkan saluran pelumas oli tersumbat. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan motor Anda mengalami overheat.

Untuk mengatur kerapatan piston, Anda bisa membawanya ke bengkel terpercaya untuk mengembalikan setelannya ke semula (setelan pabrik) jika Anda tidak mengerti tentang setelan piston.

Periksa Kinerja Kipas Radiator

Ada pun komponen lain yang harus Anda perhatikan untuk mencegah terjadinya overheat pada motor kesayangan Anda yaitu kipas radiator. Di mana, jika kerja kipas radiator terlalu lambat, maka akan membuat motor cepat mengalami overheat.

Biasanya, kinerja yang lambat pada kipas radiator terjadi pada motor-motor yang sudah tua. Jika hal itu terjadi, Anda mungkin perlu mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencegah motor cepat panas. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan komentar