Tips Merawat Motor Bekas yang Patut Dicoba!

Tips Merawat Motor Bekas yang Patut Dicoba!

Tips Merawat Motor Bekas
Tips Merawat Motor Bekas

Tips Merawat Motor Bekas yang Patut Dicoba! Aufaproject46.com Hallo Sobat Otomotif, Banyak orang memilih untuk membeli motor bekas dibanding membeli motor baru. Hal tersebut karena berbagai alasan salah satunya adalah harga motor bekas yang jauh lebih terjangkau. Selain itu juga untuk menjauhi dari kejaran leasing jika tetap memaksa untuk membeli motor baru.

Sejatinya, motor bekas tidak selalu buruk. Bahkan, motor bekas masih sangat worth it karena harganya yang terjangkau. Hanya saja mungkin adanya penurunan kualitas, namun hal tersebut merupakan hal yang wajar.

Untuk Anda yang baru membeli motor bekas, Anda harus tahu bagaimana cara merawat motor bekas yang baik dan benar agar nantinya motor tersebut bisa tetap awet digunakan kapanpun. Untuk itu, simak pembahasan dibawah ini mengenai berbagai tips untuk merawat motor bekas dengan baik dan benar.

Tips Merawat Motor Bekas

  • Periksa Kelistrikan Motor dan Ganti Jika Ada Kerusakan

Tips yang pertama adalah memeriksa terlebih dahulu kelistrikan pada motor Anda. Anda dapat mengecek masih berfungsi atau tidaknya komponen kelistrikan yang terdapat di motor dengan cara mencoba semua komponen listrik seperti lampu kepala, lampu sein, klakson, lampu rem, dan electric starter.

Periksa juga kondisi aki motor Anda, jika Anda masih bisa menggunakan electric starter dan bunyi klakson masih baik, maka dapat dipastikan bahwa aki Anda masih dalam kondisi baik. Sebenarnya cara merawat motor bekas terbilang cukup mudah. Anda harus selalu mengecek komponen-komponen tersebut dan lakukan penggantian jika memang ada yang harus diganti.

  • Ganti Oli Mesin dan Gunakan Oli Berkualitas

Tips untuk merawat motor selanjutnya adalah mengganti oli mesin secara rutin. Hal ini tentu semua motor baik motor baru ataupun bekas harus melakukan pergantian oli untuk menjaga mesin tetap dalam kondisi yang optimal. Gantilah oli mesin tiap 5.000 km sekali atau maksimal 3 bulan sekali. Gunakanlah oli yang berkualitas agar pelumas mesin Anda lebih terjaga.

  • Gunakan Suku Cadang yang Original Sesuai Produsen Motor

Tips merawat motor bekas berikutnya adalah menggunakan suku cadang asli dari produsen motor tersebut. Biasanya jika Anda baru saja membeli motor bekas, Anda beberapa suku cadang yang tidak original seperti misalnya rantai, lampu kepala, klakson, dan sebagainya. Dengan menggunakan suku cadang yang original, akan meningkatkan daya tahan motor Anda.

  • Rutin Untuk Mencuci Motor

Tips terakhir untuk merawat motor bekas Anda adalah dengan melakukan pencucian secara rutin. Motor yang kotor dapat membuat komponen pada motor cepat rusak seperti filter udara yang tersumbat, as shock yang terbaret kotoran, dan berbagai masalah lainnya. Rutinlah untuk mencuci motor Anda selain untuk menjaga motor tetap prima juga untuk kebersihan motor.

Itulah berbagai tips cara merawat motor bekas yang bisa Anda terapkan di rumah. Selalu rawat dan rutin melakukan service untuk menjaga kualitas motor Anda.

Bagikan:

Tinggalkan komentar