11 Penyebab Fitur Idling Stop Motor Tidak Berfungsi

admin

11 Penyebab Fitur Idling Stop Motor Tidak Berfungsi

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Teknologi start-stop merupakan salah satu fitur inovatif yang diperkenalkan oleh pabrikan untuk sepeda motor mereka yang aktif digunakan di perkotaan. Tujuannya adalah memberikan solusi untuk meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar ketika motor sedang berhenti sejenak, seperti saat terjebak macet atau berhenti di lampu merah.

Terdapat berbagai nama untuk teknologi start-stop ini, di antaranya adalah idling stop system (ISS) yang ditawarkan oleh Honda atau Stop & Start System (SSS) dari Yamaha. Cara kerja teknologi ini, seperti pada ISS, adalah dengan mematikan mesin saat motor berhenti selama minimal 3 detik. Ketika akan dihidupkan kembali, pengemudi tidak perlu menggunakan starter motor, karena cukup dengan memutar tuas gas.

Idling Stop Motor Tidak Berfungsi

Apa itu fitur idling stop?

Fitur idling stop adalah fitur yang mematikan mesin motor secara otomatis ketika motor berhenti, misalnya saat menunggu lampu merah atau dalam kemacetan. Fitur ini bertujuan untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Fitur idling stop biasanya dapat diaktifkan atau dinonaktifkan dengan menekan tombol khusus di stang motor. Fitur idling stop dapat ditemukan pada beberapa motor matic Honda, Yamaha, dan Suzuki.

Apa saja keuntungan menggunakan fitur idling stop pada motor?

Fitur idling stop pada motor adalah fitur yang mematikan mesin secara otomatis ketika motor berhenti, misalnya saat menunggu lampu merah. Fitur ini bertujuan untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Berdasarkan hasil pencarian web yang saya kumpulkan dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa keuntungan menggunakan fitur idling stop pada motor:

  • Menghemat bahan bakar, karena tidak ada bensin yang terbuang sia-sia ketika motor berhenti di lampu merah atau kemacetan.
  • Mengurangi emisi gas buang, karena mengurangi waktu mesin dalam kondisi idle, yang dapat menyebabkan polusi udara.
  • Meningkatkan efisiensi kendaraan, karena mesin dapat bekerja dengan optimal, tanpa perlu menekan tombol starter untuk menghidupkan mesin kembali.
Baca Juga :   11 Penyebab Fitur Idling Stop Motor Tidak Berfungsi

Bagaimana cara mengaktifkan fitur idling stop?

Fitur idling stop adalah fitur yang mematikan mesin motor secara otomatis ketika motor berhenti, misalnya saat menunggu lampu merah. Fitur ini bertujuan untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Berdasarkan hasil pencarian web yang saya lakukan dari berbagai situs resmi, cara mengaktifkan fitur idling stop adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol idling stop yang ada di stang sebelah kanan ke posisi idling (tekan bagian bawah). Saat tombol berada di posisi idling, lampu indikator pada panel meter akan menyala. Ketika motor dijalankan, sensor akan memerintahkan engine control module (ECM) untuk mengaktifkan fitur idling stop.
  • Pastikan kondisi motor memenuhi syarat agar fitur idling stop dapat bekerja, yaitu: putaran mesin standar 1700 rpm +/- 100, temperatur mesin melebihi 60 derajat celcius, motor telah mencapai kecepatan melebihi 10 km/jam, handle gas (throttle) dalam posisi tertutup penuh, dan motor dalam kondisi berhenti setidaknya 3 detik.
  • Saat motor berhenti lebih dari 3 detik, mesin akan mati secara otomatis. Lampu indikator pada panel meter akan berkedip, menandakan bahwa fitur idling stop sedang aktif. Untuk menyalakan mesin kembali, cukup putar tuas gas. Saat tuas gas diputar, throttle position sensor (TP sensor) akan memberi sinyal ke ECM untuk memerintahkan altenator menghidupkan mesin tanpa perlu menekan tombol starter.

Idling Stop Motor Tidak Berfungsi

1. Sensor Kecepatan Bermasalah

Penyebab lain dari ketidakberfungsian ISS adalah adanya kerusakan pada speed sensor atau sensor VS. Jika kendaraan telah mencapai kecepatan lebih dari 10 km per jam tetapi ISS tidak beroperasi, perlu diwaspadai bahwa bagian ini mungkin mengalami masalah. Speed sensor berperan dalam mendeteksi putaran gigi yang kemudian mengirimkan sinyal ke speedometer dan ECM untuk mengaktifkan fitur ISS.

2. Sensor ECT Bermasalah

Selain speed sensor, kerusakan juga dapat terjadi pada sensor Engine Coolant Temperature (ECT). Fungsi dari sensor ini adalah memantau suhu mesin.

Kerusakan pada sensor ECT dapat menyebabkan suhu mesin tidak terbaca, yang pada gilirannya membuat ISS tidak beroperasi. ISS sendiri bekerja ketika suhu mesin mencapai atau melebihi 60 derajat Celsius.

Baca Juga :   11 Penyebab Fitur Idling Stop Motor Tidak Berfungsi

3. Tidak Menggunakan Elektrik Starter

Penyebab pertama ketidakberfungsian ISS adalah ketika pengendara tidak menggunakan starter elektrik saat pertama kali menghidupkan motor. Jika kick starter digunakan, ISS tidak akan beroperasi. Pastikan juga bahwa saklar ISS telah diaktifkan untuk memastikan fitur ini berfungsi.

4. Saklar ISS Rusak

Meskipun fitur ini dapat memberikan manfaat, banyak pengendara yang jarang memanfaatkannya. Akibatnya, saklar ISS dapat mengalami kerusakan akibat debu dan kotoran yang menumpuk atau dampak paparan air hujan yang dapat menyebabkan komponen saklar berkarat.

5. Kecepatan Motor Kurang

ISS akan aktif ketika kecepatan motor melebihi 10 km per jam. Jika kecepatan motor kurang dari 10 km per jam, sensor kecepatan tidak dapat mendeteksinya. Padahal, sensor kecepatan memiliki peran penting dalam mengirimkan sinyal agar ISS dapat beroperasi.

6. Baterai Lemah

Salah satu penyebab fitur idling stop tidak berfungsi adalah baterai motor yang lemah atau kurang terisi. Baterai yang lemah tidak dapat memberikan daya yang cukup untuk menjalankan fitur idling stop. Hal ini biasanya terjadi jika motor jarang digunakan atau dibiarkan lama tidak dihidupkan.

Cara mengatasi baterai lemah adalah dengan mengisi ulang baterai secara rutin, baik dengan menggunakan charger atau dengan menghidupkan motor secara berkala. Jika baterai sudah terlalu tua atau rusak, sebaiknya ganti dengan baterai baru yang sesuai dengan spesifikasi motor.

7. Koneksi Kabel Terputus

Penyebab lain fitur idling stop tidak berfungsi adalah koneksi kabel yang terputus atau terganggu. Koneksi kabel yang terputus dapat menghambat komunikasi antara sensor-sensor yang terkait dengan fitur idling stop, seperti sensor suhu mesin, sensor kecepatan, dan sensor posisi throttle.

Cara mengatasi koneksi kabel terputus adalah dengan memeriksa kabel-kabel yang terhubung dengan fitur idling stop, dan memastikan tidak ada yang putus, lepas, atau kendor. Jika ada kabel yang rusak, segera perbaiki atau ganti dengan kabel baru.

8. Sistem Pendingin Mesin

Penyebab berikutnya fitur idling stop tidak berfungsi adalah sistem pendingin mesin yang tidak bekerja dengan baik. Sistem pendingin mesin berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal. Jika sistem pendingin mesin bermasalah, suhu mesin bisa menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah, sehingga fitur idling stop tidak dapat aktif.

Cara mengatasi sistem pendingin mesin yang bermasalah adalah dengan memeriksa komponen-komponen sistem pendingin mesin, seperti radiator, kipas, selang, dan cairan pendingin. Pastikan tidak ada yang bocor, kotor, atau rusak. Jika ada, segera bersihkan atau ganti dengan yang baru.

Baca Juga :   Honda Stylo 160: Motor Matic Premium dengan Desain Modern dan Fitur Canggih

9. Penggunaan Klakson Saat Idling Stop

Penyebab yang cukup sering terjadi fitur idling stop tidak berfungsi adalah penggunaan klakson saat motor dalam keadaan idling stop. Penggunaan klakson saat idling stop dapat mengganggu kerja fitur idling stop, karena klakson membutuhkan arus listrik yang cukup besar. Hal ini dapat membuat baterai menjadi lemah, dan fitur idling stop tidak dapat bekerja dengan baik.

Cara mengatasi penggunaan klakson saat idling stop adalah dengan menghindari penggunaan klakson saat motor dalam keadaan idling stop. Gunakan klakson hanya jika diperlukan, dan jangan terlalu lama atau terlalu sering.

10. Speed RPM Rendah

Penyebab lain fitur idling stop tidak berfungsi adalah speed RPM yang rendah. Speed RPM adalah kecepatan putaran mesin per menit. Jika speed RPM terlalu rendah, fitur idling stop tidak dapat bekerja dengan baik, karena mesin tidak memiliki daya yang cukup untuk mematikan dan menyalakan mesin secara otomatis.

Cara mengatasi speed RPM rendah adalah dengan menaikkan speed RPM sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrikan. Anda dapat menaikkan speed RPM dengan cara mengatur ulang ECU atau mengganti busi dengan yang baru.

11. Tombol Idling Stop Rusak

Penyebab terakhir fitur idling stop tidak berfungsi adalah tombol idling stop yang rusak. Tombol idling stop adalah tombol yang digunakan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fitur idling stop. Jika tombol idling stop rusak, fitur idling stop tidak dapat bekerja dengan baik, karena tidak ada sinyal yang dikirimkan ke ECU.

Cara mengatasi tombol idling stop rusak adalah dengan mengganti tombol idling stop dengan yang baru. Anda dapat membeli tombol idling stop di bengkel resmi atau toko spare part terdekat.

Idling Stop Motor Tidak Berfungsi

Kesimpulan

Fitur idling stop adalah fitur yang mematikan mesin motor secara otomatis ketika motor berhenti, untuk menghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang. Namun, terkadang fitur idling stop tidak berfungsi dengan baik, meskipun tombol sudah ditekan. Ada enam penyebab fitur idling stop tidak berfungsi, yaitu baterai lemah, koneksi kabel terputus, sistem pendingin mesin, penggunaan klakson saat idling stop, speed RPM rendah, dan tombol idling stop rusak. Anda dapat mengatasi penyebab-penyebab tersebut dengan cara-cara yang telah dijelaskan di atas.

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar