Pemyebab Pipa Knalpot Berkarat Dan Cara Ampuh Untuk Menceganya

Pemyebab Pipa Knalpot Berkarat Dan Cara Ampuh Untuk Menceganya

Aufaproject46.com – Gas buang merupakan salah satu komponen pada sepeda motor dan mobil yang berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa pembakaran mesin, selain itu gas buang juga berfungsi untuk memaksimalkan tenaga yang dikeluarkan oleh mesin.

Sebagai salah satu komponen terpenting, perawatan knalpot tidak bisa diabaikan begitu saja, karena pasti akan mempengaruhi performa mesin, apalagi dari harga knalpot original yang tidak murah.

Telah diketahui bahwa masalah yang sering terjadi pada gas buang adalah karat, atau yang biasa orang sebut korosi. Berdasarkan pengamatan yang saya lihat di jalan, terutama di desa tempat saya tinggal, yaitu di Batumarta (baturaja – Palembang), pengendara tidak terlalu memperhatikan kesehatan Kanltpo Padhaal jika tidak ditangani, knalpot mungkin rusak karena karat.

Penyebab karat Pada pipa knalpot

Apakah pipa knalpot ada karat? Jangan bingung, karena ada banyak cara untuk menghilangkan karat dari pipa knalpot. Leher knalpot lebih rentan terhadap karat karena beberapa alasan.

Karat biasanya berkembang pada motor yang sering digunakan, biasanya setelah dua tahun. Karat pada pipa knalpot ini tidak boleh dianggap enteng, karena dapat menyebabkan kebocoran yang membuat pendinginan mesin tidak dapat bekerja dengan baik.

Apa penyebab knalpot berkarat dan bagaimana cara mencegahnya?

Pemyebab Pipa Knalpot Berkarat
Pemyebab Pipa Knalpot Berkarat Dan Cara Ampuh Untuk Menceganya

3 penyebab karat pada knalpot yang harus diwaspadai

Fungsi utama knalpot adalah untuk mengeluarkan gas buang mesin dari ruang bakar. Setiap kendaraan bermotor memiliki komponen knalpot yang harus dijaga kualitasnya.

Baik itu knalpot mobil atau motor tidak terlepas dari munculnya karat akibat pemakaian. Untuk mencegah karat, sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan mengetahui alasannya.

  1. kamu jarang membersihkan knalpot

Kapan terakhir kali Anda mencuci mobil? Posisi knalpot berada di bawah, sehingga segala jenis kotoran lebih mudah menempel. Apalagi di musim hujan, biasanya kotoran lebih banyak di knalpot.

Kotoran bisa keropeng pada pipa knalpot dan semakin menjadi penyebab utama terjadinya karat. Jadi, untuk mencegah karat, Anda harus membersihkannya secara rutin, setidaknya dengan mencuci kendaraan.

Pemyebab Pipa Knalpot Berkarat

2. Paparan hujan dan udara laut

Alasan selanjutnya adalah hujan dan air laut. Kedua hal tersebut dapat memicu terjadinya oksida besi berwarna merah atau karat. Secara umum, setrika yang terkena udara dan air lebih mudah berkarat.

Knalpot selalu terbuat dari logam, baik besi atau baja, yang secara alami mengalami perubahan kimia saat terkena hujan dan air laut.

3. Uap air muncul di pipa knalpot

Knalpot memiliki tabung yang menghilangkan sisa gas buang, dan udara menjadi panas. Untuk menjaga agar udara buangan tidak terlalu panas, di dalam knalpot disediakan sistem pendingin.

Efek lainnya adalah keluarnya uap air saat sistem pendingin bekerja. Nah, uap air inilah yang menjadi penyebab utama terjadinya karat.

Kebocoran sudah lama teratasi. Lalu bagaimana cara mencegahnya…?

Berikut 6 Cara Mencegah Karat Pada Pipa Knalpot Motor

Pemyebab Pipa Knalpot Berkarat
Pemyebab Pipa Knalpot Berkarat Dan Cara Ampuh Untuk Menceganya

1 Panaskan mesin setelah mencuci motor.

Perlu diperhatikan bahwa setelah Anda mencuci sepeda motor, Anda harus menyalakan mesin atau memanaskan sepeda motor ketika air pada sepeda motor sudah kering, karena ketika Anda mencuci sepeda motor, sebagian air dan sabun akan masuk ke knalpot, yang Jenis airnya dan sabun dapat menyebabkan karat jika tidak segera dihilangkan, apalagi sabun alkali dapat menyebabkan knalpot lebih cepat berkarat.

Pengguna lain menyarankan dari pengalaman mereka bahwa setelah mencuci sepeda motor, lebih baik menghidupkan mesin atau berjalan-jalan sebentar setelah kering agar air di knalpot terkuras/kering.

2 Bersihkan bagian bawah knalpot sesering mungkin

Bagian yang sering luput/lupa banyak diperhatikan orang adalah letaknya di bagian bawah pipa knalpot dan pipa knalpot menuju ke mesin, di bagian ini kebanyakan pengendara sering lupa apa lagi yang ada saat musim hujan.

Bagaimana jika tidak membersihkan area ini dapat menyebabkan korosi (karat) yang dapat merusak knalpot motor anda sendiri, jangan lupa untuk membersihkan bagian ini dan mengeringkannya saat mencuci motor anda.

3. Jangan terlalu sering mengendarai motor ke pantai dan jalan berlumpur

Jika sepeda motor Anda sering dikendarai di pantai, udara di sekitarnya banyak mengandung garam, dan garam ini pasti akan mempercepat karat pada pipa knalpot.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, tentunya Anda bisa membersihkan sepeda motor setelah menggunakannya di sekitar pantai atau setelah melewati area yang berlumpur, kemudian dibilas dengan air bersih.

Pemyebab Pipa Knalpot Berkarat

4. Jika basah, Anda bisa mengeringkan knalpotnya

Jika sepeda motor Anda terkena hujan berarti setelah Anda pergi ke suatu tempat dan kemudian Anda terjebak hujan di jalan atau mungkin setelah mencuci sepeda motor Anda harus mengeringkannya agar tidak Menyebabkan karat pada sepeda motor dan knalpot mobil.

5. Lumasi knalpot secara teratur

Sebenarnya tidak hanya rantai sepeda motor saja yang perlu dilumasi, knalpot pada sepeda motor juga perlu peruntukannya, tentunya agar tidak berkarat maka bagian yang perlu dilumasi adalah “peredam/silinder”. tuang oli baru, ganti oli lama, bisa ditambah 1-2 sendok makan ke tangki, atau bisa juga menggunakan selang kecil agar oli tidak tumpah ke mana-mana.

6 Bersihkan celah atau baut yang sempit

Tarikan halus yang sulit dijangkau merupakan sarang kotoran, tentunya hal ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya karat pada knalpot, untuk mencegahnya anda bisa sering mencucinya dengan air bersih, anda bisa mencucinya hingga kotoran yang ada di knalpot hilang. .

Nah, tips cara mencegah knalpot karat cukup lengkap bukan? Jika Anda memiliki pengalaman lain, Anda dapat menambahkannya di komentar di bawah.

Demikian informasi tentang 6 cara sederhana dan efektif mencegah karat pada knalpot dari knalpot ini dibahas, semoga bermanfaat, terima kasih telah mengunjungi Aufaproject, jika artikel di atas bermanfaat, jangan lupa untuk berbagi . hehe oya sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Bagikan:
Avatar of Er.Sushil

Aufaproject. Media Online terkini, Seputar MotoGP, berita otomotif baru...

Tinggalkan komentar

/