Panduan Membeli Motor Listrik dengan Subsidi: Verifikasi NIK di Sisapira dan Langkah-Langkah Selanjutnya

admin

Panduan Membeli Motor Listrik dengan Subsidi

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Motor listrik adalah kendaraan bermotor yang menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Motor listrik memiliki beberapa keunggulan, seperti hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan mudah perawatannya. Namun, motor listrik juga memiliki beberapa kendala, seperti harga yang masih tinggi, ketersediaan infrastruktur pengisian baterai yang masih terbatas, dan daya tahan baterai yang masih rendah.

Panduan Membeli Motor Listrik dengan Subsidi

Untuk mengatasi kendala harga, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) memberikan program subsidi sebesar Rp 7 juta bagi masyarakat yang ingin membeli motor listrik. Program subsidi ini diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin Nomor 6 Tahun 2023 tentang Pedoman Pemberian Bantuan Pemerintah untuk Pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasih Baterai Roda Dua.

Lantas, bagaimana cara membeli motor listrik dengan subsidi Rp 7 juta tersebut? Berikut ini adalah panduan lengkapnya, mulai dari verifikasi NIK di Sisapira hingga langkah-langkah selanjutnya.

Verifikasi NIK di Sisapira

Sisapira adalah singkatan dari Sistem Aplikasi Pemberian Insentif Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai. Sisapira adalah sistem online yang digunakan oleh pemerintah untuk mengelola program subsidi motor listrik. Sisapira dapat diakses melalui situs sisapira.kemenperin.go.id.

Untuk mendapatkan subsidi motor listrik, Anda harus melakukan verifikasi NIK (nomor induk kependudukan) di Sisapira. Verifikasi NIK bertujuan untuk memastikan bahwa Anda memenuhi syarat sebagai penerima subsidi, yaitu:

  • Warga negara Indonesia yang memiliki KTP elektronik.
  • Belum pernah menerima subsidi motor listrik sebelumnya.
  • Memiliki penghasilan di bawah Rp 6 juta per bulan.

Berikut ini adalah langkah-langkah verifikasi NIK di Sisapira:

  1. Buka situs sisapira.kemenperin.go.id di browser Anda.
  2. Klik menu “Verifikasi NIK” di bagian atas halaman.
  3. Masukkan NIK dan kode captcha yang muncul di layar, lalu klik “Verifikasi”.
  4. Jika NIK Anda memenuhi syarat, maka Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang terdaftar di e-KTP Anda. Jika NIK Anda tidak memenuhi syarat, maka Anda akan mendapatkan pesan kesalahan yang menjelaskan alasan penolakan.
  5. Masukkan kode verifikasi yang Anda terima melalui SMS, lalu klik “Konfirmasi”.
  6. Jika kode verifikasi Anda benar, maka Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa verifikasi NIK Anda berhasil. Jika kode verifikasi Anda salah, maka Anda akan mendapatkan pesan kesalahan yang meminta Anda untuk mengulangi proses verifikasi.
Baca Juga :   Motor Listrik Yamaha Siap Jegal Honda PCX Electric

Setelah verifikasi NIK berhasil, Anda akan mendapatkan nomor registrasi yang dapat digunakan untuk membeli motor listrik dengan subsidi di dealer yang telah bekerja sama dengan produsen motor listrik.

Membeli Motor Listrik dengan Subsidi

Langkah-Langkah Selanjutnya

Setelah verifikasi NIK di Sisapira berhasil, Anda dapat melanjutkan proses pembelian motor listrik dengan subsidi dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kunjungi dealer yang telah bekerja sama dengan produsen motor listrik untuk mendapatkan motor listrik subsidi. Anda dapat melihat daftar dealer dan produsen motor listrik yang terlibat dalam program subsidi di sini.
  2. Pilih motor listrik yang termasuk dalam daftar motor yang mendapatkan subsidi. Anda dapat melihat daftar motor listrik yang mendapatkan subsidi di sini.
  3. Ajukan pembelian atau pembiayaan untuk motor listrik pilihan Anda. Anda harus menunjukkan nomor registrasi yang Anda dapatkan dari Sisapira, KTP elektronik, dan dokumen lain yang dibutuhkan oleh dealer atau lembaga pembiayaan.
  4. Tunggu proses verifikasi dan persetujuan dari dealer atau lembaga pembiayaan. Jika pembelian atau pembiayaan Anda disetujui, maka Anda akan mendapatkan potongan harga sebesar Rp 7 juta dari harga motor listrik yang Anda beli.
  5. Lakukan pembayaran atau angsuran sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat dengan dealer atau lembaga pembiayaan. Anda juga harus membayar biaya administrasi, pajak, dan asuransi yang berlaku.
  6. Ambil motor listrik yang telah Anda beli atau biayai di dealer yang bersangkutan. Anda juga harus menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa Anda akan menggunakan motor listrik sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Kesimpulan

Motor listrik adalah kendaraan bermotor yang menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Motor listrik memiliki beberapa keunggulan, seperti hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan mudah perawatannya. Namun, motor listrik juga memiliki beberapa kendala, seperti harga yang masih tinggi, ketersediaan infrastruktur pengisian baterai yang masih terbatas, dan daya tahan baterai yang masih rendah.

Baca Juga :   15 Rekomendasi Motor Listrik Terbaik 2024: Panduan Pemilihan yang Tepat

Demikianlah artikel tentang Membeli Motor Listrik dengan Subsidi, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar