Apakah Motor Listrik Honda Aman Lewat Genangan Air?

admin

Apakah Motor Listrik Honda Aman Lewat Genangan Air?

Aufaproject46.com – Hay Bro & Sist, Hai, kalian yang suka naik motor listrik Honda pasti pernah khawatir dong kalau harus lewat genangan air? Apalagi kalau hujan deras, pasti banyak banjir di jalan. Padahal, motor listrik Honda itu kan pakai baterai dan kabel-kabel listrik. Kalau kena air, nggak bahaya apa?

Tenang, kalian nggak perlu takut. Ada cara aman untuk lewat genangan air pakai motor listrik Honda. Kalian nggak perlu dorong motor kalian atau cari jalan lain. Kalian bisa lewat genangan air dengan hati-hati dan perhatian. Mau tau gimana caranya? Yuk, langsung aja kita bahas!

Apakah Motor Listrik Honda Aman Lewat Genangan Air

Apa Saja Resiko Lewat Genangan Air Pakai Motor Listrik Honda?

Sebelum kita ngomongin cara aman lewat genangan air pakai motor listrik Honda, kita perlu tau dulu apa saja resiko yang bisa terjadi. Ada beberapa resiko yang bisa muncul, antara lain:

  • Korsleting listrik. Ini adalah resiko yang paling berbahaya. Kalau baterai atau kabel-kabel listrik motor kalian kena air, bisa aja terjadi korsleting listrik. Korsleting listrik bisa bikin motor kalian mati, rusak, atau bahkan meledak. Korsleting listrik juga bisa bikin kalian kesetrum atau luka bakar. Jadi, jangan biarin baterai atau kabel-kabel listrik motor kalian kena air.
  • Kerusakan mesin. Resiko lain yang bisa terjadi adalah kerusakan mesin. Mesin motor listrik Honda itu kan pakai komponen-komponen elektronik. Kalau kena air, komponen-komponen elektronik itu bisa rusak. Kerusakan mesin bisa bikin motor kalian nggak bisa jalan, ngelos, atau ngadat. Jadi, jangan biarin mesin motor kalian kena air.
  • Karat atau jamur. Resiko yang nggak kalah penting adalah karat atau jamur. Kalau motor kalian kena air, bisa aja ada sisa-sisa air yang nempel di bodi atau bagian-bagian lainnya. Sisa-sisa air itu bisa bikin motor kalian karat atau jamur. Karat atau jamur bisa bikin motor kalian jelek, berkarat, atau bau. Jadi, jangan biarin motor kalian kena air terus-terusan.
Baca Juga :   Apa Benar Honda Vario 160 Anti Gredek?

Bagaimana Cara Aman Lewat Genangan Air Pakai Motor Listrik Honda?

Apakah Motor Listrik Honda Aman Lewat Genangan Air

Nah, setelah kita tau apa saja resiko yang bisa terjadi, sekarang kita bahas cara aman lewat genangan air pakai motor listrik Honda. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakuin, yaitu:

Cara Pertama: Perhatikan Kedalaman Air

Cara pertama yang harus kalian lakuin adalah perhatikan kedalaman air. Kedalaman air itu penting banget untuk nentuin apakah kalian bisa lewat atau nggak. Caranya gini:

  • Liat dulu genangan air yang mau kalian lewati. Kira-kira seberapa dalam airnya? Apakah ada tanda-tanda yang bisa ngasih tau kedalaman airnya, misalnya batas trotoar, rambu-rambu, atau tali pembatas?
  • Ukur dulu tinggi motor kalian. Khususnya bagian baterai, kabel-kabel listrik, dan mesin. Kira-kira berapa senti tingginya dari tanah? Apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari kedalaman airnya?
  • Bandingkan kedalaman air dengan tinggi motor kalian. Kalau kedalaman air lebih rendah dari tinggi motor kalian, berarti kalian bisa lewat. Tapi, kalau kedalaman air lebih tinggi dari tinggi motor kalian, berarti kalian nggak bisa lewat. Karena kalau kalian lewat, baterai, kabel-kabel listrik, dan mesin motor kalian pasti kena air.

Cara Kedua: Jalan Pelan-Pelan

Cara kedua yang harus kalian lakuin adalah jalan pelan-pelan. Jalan pelan-pelan itu penting banget untuk ngehindarin resiko-resiko yang udah kita sebutin. Caranya gini:

  • Jangan ngebut atau ngegas pas lewat genangan air. Karena kalau kalian ngebut atau ngegas, bisa aja airnya nyiprat atau nyembur ke baterai, kabel-kabel listrik, atau mesin motor kalian. Ini bisa bikin korsleting listrik atau kerusakan mesin.
  • Jalan pelan-pelan dan hati-hati pas lewat genangan air. Kalian bisa pake gigi rendah atau kopling untuk ngatur kecepatan motor kalian. Kalian juga harus perhatiin jalannya, jangan sampai ada lubang, batu, atau halangan lain yang bisa bikin motor kalian oleng atau jatuh.
  • Jangan berhenti atau matiin mesin pas lewat genangan air. Karena kalau kalian berhenti atau matiin mesin, bisa aja airnya masuk ke baterai, kabel-kabel listrik, atau mesin motor kalian. Ini juga bisa bikin korsleting listrik atau kerusakan mesin.
Baca Juga :   Modifikasi Honda New Vario 150 Upgred Menjadi Double Shock

Cara Ketiga: Keringkan Motor Setelah Lewat Genangan Air

Cara ketiga yang harus kalian lakuin adalah keringkan motor setelah lewat genangan air. Keringkan motor itu penting banget untuk ngehindarin resiko karat atau jamur. Caranya gini:

  • Setelah kalian lewat genangan air, cari tempat yang kering dan aman untuk berhenti. Jangan langsung jalan terus, karena bisa aja ada sisa-sisa air yang nempel di motor kalian.
  • Lap atau keringkan motor kalian dengan kain bersih atau lap kering. Khususnya bagian baterai, kabel-kabel listrik, dan mesin. Pastiin nggak ada air yang tersisa di bagian-bagian itu. Kalian juga bisa angin-anginkan motor kalian biar lebih kering.
  • Cek kondisi motor kalian. Pastiin nggak ada kerusakan atau masalah yang timbul setelah kalian lewat genangan air. Kalau ada, segera bawa motor kalian ke bengkel atau tukang service. Jangan biarin motor kalian bermasalah terus.

Kesimpulan

Nah, itu dia cara aman lewat genangan air pakai motor listrik Honda. Kalian bisa lakuin tiga cara yang udah kita bahas, yaitu perhatikan kedalaman air, jalan pelan-pelan, dan keringkan motor. Kalian juga bisa ngehindarin resiko-resiko yang udah kita sebutin, yaitu korsleting listrik, kerusakan mesin, dan karat atau jamur. Semoga artikel ini bermanfaat buat kalian yang suka naik motor listrik Honda. Jangan lupa share artikel ini ke temen-temen kalian yang juga suka naik motor listrik Honda. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Demikianlah artikel tentang Apakah Motor Listrik Honda Aman Lewat Genangan Air?, yang kami rangkum untuk Anda. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Butuh Aksesoris motor? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami Aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Baca Juga :   15 Merek Motor Listrik Terbaik di Indonesia 2024, Pilih Mana?

Sekian artikel kali ini dari saya. Terima kasih sudah membaca sampai habis. Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman kalian yang mungkin membutuhkan informasi ini juga. Sampai jumpa lagi di artikel menarik lainnya. Selamat Mencoba, Salam hangat dari saya!

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar