Kelebihan Ban Michelin Pilot Street Tipe Radial

Kelebihan Ban Michelin Pilot Street Tipe Radial

Aufaproject46.com, Hallo masbro, Michelin cukup populer di kalangan hobbyist motor. Ban yang sering memenangkan tender dalam Moto GP ini juga mengeluarkan ban versi harian, yaitu ban Michelin Pilot Street Radial. Sebelum memutuskan menggunakannya, kelebihan dan kekurangan ban michelin pilot street Radial ini perlu diketahui.  Jadi, pembeli bisa menimbang dan menyesuaikannya dengan kebutuhan. Berikut ini ulasan kelebihan dan kekurangan yang bisa dipertimbangkan.

Kelebihan Ban Michelin Pilot Street Tipe Radial
Kelebihan Ban Michelin Pilot Street Tipe Radial

Kelebihan Ban Michelin Pilot Street Tipe Radial

Ban dari Michelin ini disebut sebagai ban unggul untuk penggunaan sehari-hari. Ban radial ini cocok untuk digunakan pada motor sport ataupun matic, serta tersedia dalam berbagai ukuran. Apa saja kelebihannya, berikut ulasannya:

1. Performa Grip Lebih Baik

Salah satu kelebihan ban berjenis radial adalah tekanan yang didapatkan oleh ban merata, juga pada sisi kiri dan kanan ban. Hal ini membuat permukaan ban yang menyentuh aspal semakin lebar, sehingga performa grip yang dimilikinya jauh lebih baik dibandingkan ban biasa.

Ban Michelin Pilot Street Radial juga memakai single medium compound dengan bahan silica. Bahan ini membuat performa grip yang dimilikinya semakin baik. Jadi, cocok digunakan untuk pemakaian sehari-hari.

2. Daya Cengkram Kuat

Dengan performa grip yang lebih baik, daya cengkram yang dimiliki ban Michelin Pilot Street Radial semakin kuat. Bahkan ketika melakukan pengereman agresif (hard braking), ban dari Michelin ini tidak menyebabkan fishtailing. Dengan tetap seimbangnya kondisi ban belakang, terjadinya slip saat pengereman mendadak bisa diminimalisir.

Tambahan lagi, ban Michelin Pilot Street Radial juga terbukti lebih aman digunakan saat hujan. Teknologi X-Sipe yang diadaptasikan pada ban ini membuatnya efektif menepis air di jalanan basah. Kemudian penggunaan teknologi silica rain, membuat ban ini tahan kondisi dingin dan basah.

3. Tetap Stabil di Berbagai Kondisi Jalan

Ban radial yang dimiliki ban Michelin pilot street membuatnya efektif dalam menyerap benturan. Jadi, ban ini tetap stabil dan nyaman digunakan bahkan di kondisi jalan berbatu sekalipun. Benturan antara ban dengan aspal tidak akan terlalu terasa.

Teknologi Adaptive Casing yang diterapkan pada ban ini juga membuat kestabilan ban terasa semakin baik ketika digunakan. Bukan hanya dijalan lurus, bahkan di jalanan berkelok kelok tajam sekalipun. Ban Michelin Pilot Street Radial tetap mampu memberikan daya cengkram yang kuat, ketika bagian sisi ban diandalkan untuk berbelok.

Kekurangan Ban Michelin Pilot Street Radial

Selain kelebihan, tentu ban ini juga memiliki kekurangan. Mengenai kelebihan dan kekurangan ban Michelin Pilot Street, beberapa kekurangan ban yang diproduksi oleh Michelin ini antara lain:

  • Mudah Aus

Ban Michelin Pilot Street menggunakan Medium compound. Karakter medium compound yang lebih soft dibanding tipe hard compound membuat ban ini lebih mudah aus. Jadi, umur ban menjadi lebih pendek.

Memang penggunaan hard compound yang keras membuat pemakaian ban menjadi lebih tahan lama dibanding medium ataupun soft compound. Hanya saja, karakter ban medium compound yang lebih lembut membuatnya lebih nyaman digunakan untuk berkendara.

  • Harga Cukup Mahal

Untuk harga, ban Michelin Pilot Street Radial relatif lebih mahal dibanding harga ban biasa. Hal ini dikarenakan teknologi serta bahan yang digunakannya lebih tinggi. Misalnya untuk konstruksi ban radial, menggunakan lapisan serat baja. Penggunaan lapisan ini tentunya membutuhkan biaya yang lebih mahal dibandingkan lapisan serat nilon yang digunakan pada ban biasa.

Demikian Kelebihan dan Kekurangan Ban Michelin Pilot Street tipe radial yang perlu pengguna ketahui sebelum memutuskan untuk membelinya. Secara keseluruhan, ban ini merupakan ban unggul yang layak dipertimbangkan untuk penggunaan sehari-hari.

Bagikan:

Tinggalkan komentar