Kekurangan & Kelebihan Filter Udara Racing

admin

Kekurangan & Kelebihan Filter Udara Racing

Aufaproject46.com – Hallo Sobat, Filter udara merupakan komponen penting dalam proses pembakaran mesin injeksi dan karburator. Bagian ini bertujuan untuk menyaring udara agar kotoran tidak masuk ke ruang bakar.

Kotoran yang masuk dapat menyebabkan kerak pada mahkota piston, katup, dan komponen lain di ruang bakar. Jika dibiarkan, performa motor tentu tidak akan maksimal.

“Pengaruhnya kalau dibilang besar ya cukup besar filter racing itu. Ada banyak banyak merk filter racing yang beredar di pasaran, Cuma bedanya, setiap merek itu kaya Ferrox dan K&N hanya pada kebersihan penyaringannya saja,” ujar Alvi Setiawan, marketing dan retail Ultra Speed ​​Racing”

Lebih lanjut, lanjut Alvi, keuntungan menggunakan filter udara racing adalah umurnya yang panjang. Jika itu adalah filter udara bawaan pabrik, tentu saja harus diganti ketika sudah mencapai akhir masa pakainya. Filter udara racing, di sisi lain, hanya perlu dibersihkan.

Tapi bisa dipastikan saat menggunakan dua filter K&N atau Ferrox setelah 1000km, throttle body bersih. Efeknya, filternya sama, tapi lebih banyak udara yang masuk,” jelas Alvi.

Baca Juga :   Berapa Ukuran Ban CRF 150 L Standar Depan dan Belakang

Dari segi harga, filter udara racing memang lebih mahal dari stok pabrik. Filter udara standar sendiri biasanya berharga antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000. “Misalnya, untuk NMax, merek Ferrox dibandrol antara kisaran Rp 500 ribuan lah, dan untuk K&N, di bandrol pada kisaran Rp 950 ribuan.

Mengapa Menggunakan Filter udara Racing?

Kelebihan Filter Udara Racing

Berikut adalah beberapa alasan mengapa seseorang memilih menggunakan filter udara racing pada sepeda motor atau mobil:

1. Meningkatkan performa mesin

Filter udara racing membantu mesin bekerja dengan efisiensi yang lebih baik, sehingga memberikan tambahan daya dan torsi.

2. Suara mesin yang lebih sporty

Filter udara racing membuat suara mesin lebih sporty dan memperkuat suara mesin.

3. Meningkatkan respons mesin

Filter udara racing mempercepat respons mesin terhadap gas, sehingga memperbaiki akselerasi dan performa overall.

4. Memperbaiki efisiensi bahan bakar

Filter udara racing memungkinkan mesin untuk memasukkan lebih banyak udara, sehingga memperbaiki efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi.

5. Keinginan untuk memodifikasi kendaraan

Banyak orang memilih menggunakan filter udara racing sebagai bagian dari proses modifikasi kendaraan mereka untuk memperbaiki performa dan membuat kendaraan terlihat lebih sporty.

Kelebihan Menggunakan Filter Udara Racing

Kelebihan Filter Udara Racing

Ada beberapa kelebihan menggunakan filter udara racing pada sepeda motor atau mobil:

1. Lebih banyak masuknya udara

Filter udara racing memberikan jalur udara yang lebih luas dan bebas hambatan, sehingga mesin bisa mendapatkan lebih banyak oksigen yang dibutuhkan untuk memperbaiki performa.

2. Performa mesin yang lebih baik

Filter udara racing membantu mesin bekerja dengan efisiensi yang lebih baik, sehingga memberikan tambahan daya dan torsi.

3. Suara mesin yang lebih sporty

Filter udara racing membuat suara mesin lebih sporty dan memperkuat suara mesin.

4. Meningkatkan respons mesin

Filter udara racing mempercepat respons mesin terhadap gas, sehingga memperbaiki akselerasi dan performa overall.

Baca Juga :   Kenali Ciri- Ciri Kampas Kopling Yang Aus

Namun, perlu diingat bahwa filter udara racing juga memiliki kekurangan, seperti lebih mudah terkena kotoran dan membutuhkan pemeliharaan lebih sering.

Kekurangan Menggunakan Filter Udara Racing

Berikut adalah beberapa kekurangan menggunakan filter udara racing pada sepeda motor atau mobil:

1. Harga yang lebih mahal

Filter udara racing lebih mahal dibandingkan filter udara standar, karena memiliki material dan teknologi yang lebih baik.

2. Lebih rentan terkena kotoran

Filter udara racing lebih rentan terkena kotoran dan debu karena memiliki jalur udara yang lebih luas, sehingga membutuhkan pemeliharaan lebih sering.

3. Penurunan efisiensi bahan bakar

Filter udara racing dapat menyebabkan penurunan efisiensi bahan bakar karena mesin harus bekerja lebih keras untuk memompa udara melalui filter.

4. Kompatibilitas yang lebih rendah

Filter udara racing tidak selalu cocok dengan semua jenis mesin, sehingga perlu melakukan pengecekan dan modifikasi terlebih dahulu sebelum menginstal.

5. Membutuhkan pemeliharaan yang lebih sering

Filter udara racing membutuhkan pemeliharaan yang lebih sering dibandingkan filter udara standar, sehingga membutuhkan biaya dan waktu yang lebih banyak.

Nah itulah masbro sedikit pembahasan tentang kelebihan dan kekurang tentang seputar filter udara racing Racing semoga bermamfaat sekian dan terimakasih

Butuh Aksesoris motor matic? Jangan Lupa mampir di Onlineshop Kami aufaproject.com, Tersedia beragam aksesoris Motor matick terbaru dan selalu update model-modelnya, Terimakasih

Artikel Terkait

Bagikan:

admin

Media Online Otomotif dan modifikasi motor

Tinggalkan komentar